Apa Saja Kelebihan Motor Injeksi

Apa Saja Kelebihan Motor Injeksi ?

Loading...

Apa Saja Kelebihan Motor Injeksi ? Teknologi mesin sepeda motor dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Tentunya dengan tujuan peningkatan performa motor jadi semakin baik. Tidak hanya performa yang menjadi pertimbangan, juga harus memperhatikan tingkat konsumsi bahan bakar. Kendaraan yang irit BBM akan menjadi primadona.

Untuk masa sekarang, kebanyakan motor yang meluncur di pasaran sudah menggunakan motor berjenis injeksi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tujuan utama dari teknologi ini adalah untuk mengoptimalkan pembakaran pada mesin, sehingga semakin irit konsumsi bahan bakar namun performa mesin tetap terjaga.

Motor injeksi diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik daripada motor berkarburator. Terutama pada sisi keiritan konsumsi BBM, kepopuleran, dan kemudahan perawatannya. Untuk lebih jelasnya mengenai keunggulan motor injeksi silakan simak artikel apa saja kelebihan motor berjenis injeksi berikut ini:

Pengoptimalan Sistem Bahan Bakar

Bila dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator, motor injeksi memiliki sistem pembakaran yang lebih mutakhir. Rasio AFR yang ada dalam motor injeksi telah disesuaikan dengan pengendali elektronik sehingga hasil pembakarannya jauh lebih maksimal dari pada motor berkarburator.

AFR motor injeksi telah di sinkronisasikan untuk penggunaan bahan bakar zaman sekarang. Dan lebih terhadap perubahan suhu mesin. Baik saat panas maupun dingin. Adanya Sensor pendeteksi suhu membuat mesin lebih efisien dalam proses pembakaran bahan bakar.

Lebih Hemat Bahan Bakar

Tentu saja, salah satu keunggulan motor injeksi adalah kemampuannya dalam menghemat bahan bakar. Motor injeksi tetap bisa menempuh perjalanan jauh, namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Teknologi ini memungkinkan untuk dipasangkan dengan sensor bahan bakar. Adanya sensor pengendali yang mengatur takaran bahan bakar. Sensor dikendalikan secara otomatis dengan komputer. Dengan demikian pembakaran akan lebih sempurna yang tentunya berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih sedikit dari pada menggunakan motor berkarburator.

Sistem injeksi juga sudah di atur dalam settingan maksimal oleh pabrikan maksimal. Namun, masih bisa kita kendalikan secara elektronis dengan alat tambahan sehingga bisa diatur dengan gaya berkendara kita.

Mudah Perawatannya

Kelebihan lain memakai motor injeksi terletak dalam segi cara perawatannya. Bila motor berkarburator harus di bongkar dulu namun dengan motor injeksi kita hanya melakukan langkah penyemprotan agar komponen-komponen terjaga kebersihannya terutang dari debu yang bisa mengganggu performa.

Memang alat pembersih ini tidaklah murah sehingga tidak semua bengkel mempunyainya, terutama bengkel-bengkel amatir atau pinggiran. Tapi, jangan khawatir, saat ini sudah sangat banyak kok yang sudah mulai berinvestasi untuk alat ini, juga harganya yang semakin turun dari tahun ke tahun.

Lebih Ramah Lingkungan

Ya, karena irit bahan bakar, tentu saja pemakaian energi berbasis fosil akan berkurang. Juga sistem pembakaran yang efektif akan mengurangi gas buang yang bisa mencemari lingkungan secara langsung. Dalam memilih motor, kit juga harus memperhatikan dari sisi dampak terhadap lingkungan. Motor yang bagus adalah motor yang ramah lingkungan. Dan hal ini sudah dipenuhi oleh motor injeksi.

Motor dengan sistem pembakaran berjenis injeksi memiliki emisi pembuangan gas yang lebih baik. Memang sudah diketahui bahwa motor selalu meninggalkan residu sebagai bagian pembuangan gas dan kerap menimbulkan dampak negatif terutama untuk atmosfer. Ozon bisa berlibur karena gas yang dikeluarkan oleh motor.

Namun dengan sistem injeksi, proses pembuangan gas dapat diminimalisir karena adanya sensor yang mengendalikan takaran bahan bakar dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan motor.

Penyetelan yang lebih praktis

Keunggulan motor injeksi juga terlihat pada penyetelan AFR yang lebih praktis. Sebab sudah dilengkapi dengan sensor yang bekerja dengan sistem komputer dalam mendetoksifikasi perubahan suhu mesin motor.

Hal ini berbeda dengan Penyetelan AFR Motor Berkarburator yang sering berubah settingannya karena getaran mesin atau masalah yang ada dalam karburator itu sendiri.

Nah itu tadi bahasan kami mengenai apa saja kelebihan motor berjenis injeksi. Semoga ada manfaatnya (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan