Usaha Kecil Menengah Adalah

Usaha Kecil Menengah Adalah – Pengertian UKM !

Loading...

Usaha Kecil Menengah Adalah – Pengertian UKM ! – Dalam kehidupan sehari – hari mungkin kita sering mendengar istilah UKM atau usaha kecil menengah baik itu dalam obrolan orang lain, berita ataupun postingan di sosial media. Lalu apa UKM itu? Untuk lebih jelasnya silakan simak uraian berikut.

Pengertian UKM (Usaha Kecil Menengah)

UKM atau Usaha kecil menengah adalah Kegiatan usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perusahaan atau perorangan namun bukan sebagai cabang atau anak perusahaan tertentu. Selain UKM terkadang disebut juga sebagai UMKM yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Usaha Menengah.

Hal yang membedakan ketiga hal tersebut adalah dari segi hasil penjualan tahunan dan jumlah kekayaan bersih pelaku bisnis. UMKM ini juga dapat dilihat perbedaannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 yang membagi kategori ini ke dalam tiga bagian.

  1. Usaha Mikro. Usaha mikro adalah usaha yang berdiri sendiri dan dimiliki oleh perorangan atau badan usaha yang memiliki kekayaan bersih maksimal 50 Juta Rupiah selain tanah dan bangunan serta hasil penjualan tahunan tidak lebih dari 300 Juta rupiah
  2. Usaha Kecil. Usaha kecil adalah usaha yang berdiri sendiri dan dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dengan kekayaan bersih pelaku usaha kecil adalah antara 50 Juta s/d 500 Juta Rupiah, selain tanah dan bangunan tempat usaha dan Hasil penjualan antara 300 Juta s/d  2,5 Milyar per tahun.
  3. Usaha Menengah. Usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dengan jumlah kekayaan bersih pelaku usaha menengah adalah antara 500 Juta 10 Milyar Rupiah, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha dan jumlah penjualan adalah 50 Milyar Rupiah per tahun.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kecil menengah

Kelebihan usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

  • Mudah Untuk Memulai. Karena dalam skala yang tidak terlalu besar, Perencanaan, persiapan kebutuhan, dan alokasi anggaran modal pun bisa menyesuaikan dan bahkan untuk bidang tertentu bisa dilakukan secara bertahap.
  • Menciptakan Lapangan Kerja Baru. Munculnya kegiatan usaha baru pasti akan diiringi penyerapan tenaga kerja. Meski dalam skala kecil, hal ini tetap bermanfaat bagi orang di sekitar dan etika usaha itu terus berkembang tenaga kerja baru pun pasti akan lebih banyak dibutuhkan.
  • Fleksibel. Ada banyak hal yang bisa disesuaikan secara mudah, tidak seperti perusahaan besar yang memiliki aturan dan kebijakan yang sudah baku. Usaha kecil menengah biasanya akan lebih flexibel dalam mengatur kebijakan mereka, seperti dalam waktu mulai dan lamanya jam kerja, banyaknya pekerja.
  • Biaya Operasional Rendah. Karena kebanyakan Usaha Kecil Menengah ini dilakukan di sekitaran tempat tinggal pelaku usaha, hal ini tentunya dapat menjadi keuntungan untuk mengurangi biaya operasional dengan memanfaatkan potensi di sekitar lokasi bisnis.
  • Kemudahan pengelolaan. Jika perusahaan besar membutuhkan banyak ahli di berbagai bidang, Usaha kecil tidak lah demikian, bahkan Anda sebagai pemilik Usaha kecil menengah ini bisa lebih leluasa dalam mengelola usaha Anda. Anda bisa dengan jelas menghitung modal. beban biaya yang dikeluarkan dan keuntungan yang didapatkan secara langsung tanpa harus menunggu laporan dari orang lain terlebih dahulu. Dengan begitu anda juga bisa dengan mudah untuk menyusun strategi dan melakukan review bisnis anda.

Kekurangan usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

  • Kekurangan biaya. Salah satu yang menjadi permasalahan dalam Usaha kecil menengah adalah kekurangan biaya, Karena sumber dana utama adalah dari pemilik usaha, ketika usaha yang dilakukan mengalami kemacetan atau pemilik usaha terbentur dengan masalah keuangan dari sisi lain. Hal ini biasanya yang menjadi penghambat usaha ini lambat berkembang.
  • Kurangnya Tenaga Ahli. Untuk mempercepat perkembangan bisnis, tenaga ahli di bidang-bidang tertentu sangatlah dibutuhkan, Namun hal ini biasanya yang menjadi kendala pada usaha kecil menengah ini. Karena anggaran yang terbatas membuat kesulitan untuk membayar beberapa tenaga ahli. dan akhirnya bisnisnya pun lambat untuk berkembang.
  • Kurang disiplin. Karena kebanyakan pemilik dan pekerja usaha kecil ini berasal dan berada dalam satu lingkungan yang sama. Terkadang menjadi sulit untuk membuat aturan yang tegas. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu penghambat bisnis untuk berkembang.
  • Persaingan. Ketika salah satu Usaha Kecil Menengah mulai terlihat mengalami kemajuan. Biasanya Perusahaan besar datang dengan jenis usaha yang sama dan lebih profesional dalam bisnisnya. Hal tersebut tentunya akan menjadi rintangan besar bagi pemilik usaha kecil menengah.
  • Hanya dalam skala kecil. Seperti pada point 4, karena usaha kecil menengah hanya melakukan usahanya dalam skala kecil, maka permasalahan yang biasanya muncul adalah ketika menerima pesanan dalam jumlah yang besar, mereka kewalahan bahkan akhirnya, peluang tersebut tidak bisa di ambilnya.

Ide Bisnis atau Usaha Kecil menengah

Beberapa contoh ide bisnis usaha kecil menengah adalah sebagai berikut:

  • Sayuran. Bisnis Sayuran adalah salah satu usaha yang mudah dilakukan siapa saja, dalam bisnis ini anda bisa menjadi petani sayuran, distributor sayuran atau pun sebagai penjual langsung kepada konsumen
  • Konveksi. Membuka jasa pembuatan pakaian seperti seragam, Seragam olahraga atau pakaian anak dan dewasa menjadi salah satu peluang usaha kecil menengah. Dengan pekerja 5 hingga 20 orang saja bisnis ini sudah bisa dijalankan, hanya tinggal pembagian tugas dan memaksimalkan setiap prosesnya. Jika anda kreatif dan mau berkreasi dalam bisnis ini, bisa di bilang bisnis ini adalah salah satu usaha yang cukup menguntungkan.
  • Sablon. Usaha kecil menengah yang satu ini juga bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan, Jika di poin pertama yaitu konveksi berfokus pada pembuatan pakaiannya, maka anda bisa berfokus pada pembuatan sablonnya. Selain itu anda bisa mengembangkan dari jasa sablon pakaian kepada hal lain seperti sablon untuk plastik kemasan, sablon untuk piring, gelas dan yang lainnya. mengingat usaha sablon ini juga memiliki permintaan yang cukup banyak.
  • Percetakan. Percetakan juga bisa menjadi alternatif pilihan Usaha Kecil dimana anda bisa menyesuaikan kemampuan untuk memilih jasa percetakan apa saja yang anda sediakan yang nantinya bisa anda kembangkan secara perlahan. Karena Mencetak undangan, mencetak stiker, mencetak buku, mencetak banner atau spanduk selalu dibutuhkan, jadi kenapa tidak anda mencoba opsi yang satu ini.
  • Sandal. Sandal juga merupakan salah satu barang yang selalu dibutuhkan. Anda bisa berkreasi membuat hal – hal yang unik dari pembuatan sandal di bisnis anda. seperti membuat model yang beragam, membuka pesanan sandal dengan kustom motif sesuai permintaan. membuka pesanan sandal yang diberi nama. dll.
  • Kuliner. Bisnis ini memang memiliki ragam dan saingan yang cukup banyak, namun bila anda memiliki resep unik dan sajian yang lain daripada yang lain, bisnis ini selalu bisa jadi bisnis yang menguntungkan.
  • Kedai Kopi. Membuka kedai kopi bisa menjadi opsi usaha kecil menengah yang menguntungkan, selain harus memerlukan terlalu banyak pekerja, bisnis ini cukup banyak peminatnya. Namun, tentu saja anda harus memiliki sesuatu yang unik agar bisnis anda mendapat banyak pengunjung dan pelanggan.
  • Otomotif. Ada banyak ide bisnis dari bidang otomotif yang bisa anda pilih untuk bisnis anda. Seperti menjual spare part kendaraan bermotor, membuka Bengkel, Cuci cream, Rental mobil, bahkan jasa modifikasi kendaraan.
  • Jasa pembuatan website. Jika anda berfokus mengelola suatu bidang seperti jasa pembuatan website, mungkin anda bisa mulai membangun bisnis ini lebih serius. Anda bisa merekrut teman – teman yang memiliki kemampuan pada bidang – bidang tertentu dalam pembuatan website dan meggabungkannya menjadi satu sebagai suatu bisnis yang anda kelola.

Sebenarnya masih ada banyak ide lain namun kita cukupkan dengan 9 poin saja di kesempatan kali ini. semoga ringkasan tentang Usaha kecil menengah ini bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda yang baru akan mencoba memulai usaha.

Demikianlah bahasan kami tentang pengertian UKM beserta keunggulan dan kelemahannya dan beberapa contoh ide bisnis yang bisa dicoba. Usaha kecil menengah adalah sektor ekonomi yang paling tahan krisis. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan