Proses Review di OJS 3 (Panduan dasar bagi Reviewer)

Sebagai seorang reviewer Anda akan diminta oleh editor jurnal untuk mereview sebuah naskah artikel. Anda akan mendapat email permintaan review yang telah dikirim oleh editor. Selain melalui email Anda juga dapat memeriksa permintaan itu di dasbor Anda ketika masuk di laman jurnal tersebut. Notifikasi permintaan itu akan muncul di bagian “Tasks”.

Dari daftar “My Assigned” Anda akan menemukan judul dan link review artikel yang akan di review. Ketika link review diklik akan membawa Anda ke tahapan review yang pertama. Pada tampilan di tahap ini Anda hanya akan mendapat informasi judul dan abstraknya saja, dan tidak ada informasi penulis secara lengkap.

Pada tahap pertama ini Anda akan mendapat informasi tentang:

  • Permintaan untuk mereview
  • Judul Artikel
  • Abstrak

Untuk melihat lebih detail silakan klik “View All Submission Details.

Tidak ada bagian apapun di bagian ini yang dapat Anda edit. Informasi-informasi ini hanya disediakan untuk membantu Anda memeriksa informasi lebih detail. Silakan tutup jendela ini dan bergerak lebih jauh ke bawah layar. Dari sini Anda dapat melihat Jadwal Review, termasuk tanggal batas akhir melakukan review.

Dari sini, Anda dapat menolak atau menerima ulasan. Jika Anda menolak, Anda akan dikeluarkan dari proses tersebut. Silakan klik “Decline review request” untuk menolaknya.

Loading...

Jika Anda menerima, silakan klik “Accept Review, Continue to Step #2”. Anda akan beralih ke langkah ke 2, di mana Anda akan dapat membaca pedoman review yang disediakan oleh jurnal.

Tekan “Continue to step #3” untuk melanjutkan ke langkah 3. Dari bagian ini Anda dapat mendownload salinan file review dan memasukkan komentar review Anda. Jendela pertama digunakan untuk memberi komentar kepada editor dan penulis, jendela kedua hanya untuk editor.

Setelah Anda membaca dan mereview artikel tersebut, juga telah menambahkan komentar, gulir ke bagian bawah halaman untuk mengunggah salinan file review yang telah diberi komentar. Perlu diingat untuk menghapus identifikasi pribadi apa pun dari file tersebut sebelum mengunggahnya. Bila Anda menggunakan menu komentar di MS Word jangan melakukan login ketika mereview atau gunakan perangkat dengan nama yang umum, misalnya merek laptop atau yang lain.

Anda kemudian harus membuat pilihan rekomendasi pada pada editor menggunakan menu dropdown seperti berikut:

  • Accept Submission: berarti artikel sudah bisa langsung bisa diterima tanpa direvisi dan bisa masuk ke tahap copyediting.
  • Revisions Required: jika hanya membutuhkan revisi minor yang cukup ditinjau dan diterima oleh editor tanpa melibatkan reviewer lagi.
  • Resubmit for Review: bila masih memerlukan revisi mayor dan perlu tahapan review sekali lagi.
  • Resubmit Elsewhere: bila tidak sesuai dengan kriteria atau focus and scope jurnal atau alasan lain sehingga tidak bisa diterima di jurnal ini.
  • Decline Submission: jika masih terlalu banyak kekurangan untuk diterima.
  • See Comments: jika tidak ada pilihan rekomendasi yang sesuai, Anda dapat meninggalkan komentar untuk editor terkait hasil review secara lebih detail.
Loading...

Terakhir, tekan tombol “Submit Review” untuk menyelesaikan tugas Anda. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi lalu klik “OK”.

Anda akan dibawa ke layar konfirmasi terakhir dan mendapatkan ucapan terima kasih atas kontribusi Anda.

Sampai di sini tugas Anda sebagai reviewer telah selesai.

Tinggalkan Balasan