Perbedaan Keputusan Editor di OJS 2 dan OJS 3

Open journal system (OJS) adalah open source sistem pengelolaan jurnal ilmiah yang paling populer saat ini. Walaupun bisa didapat dengan gratis karena memang sedari awal penciptaannya dirancang untuk publik dan bersifat terbuka (open source), namun sistem ini sudah sangat lengkap dan terus berkembang semakin lebih baik dan kece. Sistem ini tidak hanya masalah menangani masalah penerbitan artikel, namun termasuk juga seluruh manajemen penerbitan (editorial) mulai dari submission, peer review, sampai indeksasi.

Saat ini OJS semakin berkembang dengan pesat dan sudah sampai pada pengembangan software versi 3. Pada saat artikel ini ditulis versi OJS terbaru adalah OJS 3.2.1-1, sedangkan untuk versi 2-nya adalah OJS 2.4.8-5. Tentunya ada banyak perbedaan mendasar antara OJS 3 dan OJS 2.

OJS 3 memang jauh lebih menarik ketimbang OJS 2 terutama dalam hal fleksibilitasnya dalam tampilan serta operasionalisasi menggunakan gawai dengan layar kecil. Namun, kali ini saya hanya akan membahas masalah editorial khususnya perbedaan pilihan keputusan editor. Ada sedikit perbedaan pilihan keputusan yang harus diambil oleh editor yang bekerja di OJS 2 dan OJS 3. Berikut ini adalah tangkapan layar pilihan keputusan editor di OJS 2 dan OJS 3.

Editor Decision OJS 2.8

Editor Decision OJS 3.1

Dari gambar di atas dapat kita lihat adanya sedikit perbedaan pilihan keputusan editor di OJS 2 dan OJS 3 yaitu hilangnya pilihan keputusan resubmit for review. Selain resubmit, pilihan lainnya sama saja yaitu: Accept Submission, Decline Submission, dan Revisions. Yang sedikit berbeda adalah pilihan revisions yang akan kita bahas lebih lanjut.

Loading...

Keputusan accept submission diambil ketika artikel sesuai dengan focus dan scope jurnal, serta memenuhi standar penerbitan yang telah ditetapkan. Keputusan ini biasanya diambil setelah proses peer review dilalui dengan baik. Jumlah round di proses ini bermacam-macam, ada yang hanya satu round dan ada yang bisa sampai 5 atau 7 round. Sangat jarang keputusan Accept Submission diberikan langsung tanpa review.

Pilihan keputusan Decline Submission diambil bila artikel tidak cocok dengan focus dan scope jurnal atau kualitas penulisan artikel masih dianggap jauh dari standar yang ditetapkan. Bila di OJS 2 penolakan artikel ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menu reject and archive submission di bagian “Summary” atau di pilihan Decline Submission di bagian “Review”, maka di OJS 3 keputusan penolakan ini sama-sama diberi nama Decline Submission. Jadi pada dasarnya tidak perbedaan signifikan antara di OJS 2 dan OJS 3 kecuali perbedaan istilah. Perbaikan yang diberikan di OJS 3 ini adalah alur yang lebih jelas dari setiap keputusan itu. Seperti gambar berikut ini, bahwa keputusan yang diambil sebelum review menggambarkan konsekuensinya.

Lalu dimanakah letak pilihan keputusan resubmit for review?. Nah, inilah sedikit perbedaan itu. Di OJS 3 keputusan resubmit sudah dihapus. Bila di OJS 2 keputusan ini diambil bila artikel belum layak diberi keputusan revisions required karena mungkin masih ada poin-poin subtansial yang perlu diperbaiki atau reivisi yang masih sangat banyak sehingga membutuhkan review ulang ketika penulis sudah memperbaiki. Oh ya, keputusan resubmit ini bukan berarti penulis harus melakukan submit ulang, namun hanya mengunggah hasil revisi di submission yang masih aktif yang kemudian akan diresubmit oleh editor sebagai input untuk round review berikutnya.

Loading...

Lalu, bagaimana bila artikel yang direview di OJS 3 juga masih membutuhkan satu atau beberapa round review lagi?. Jangan khawatir subtansi ini sebenarnya tidak dihapus oleh pengembang. Hanya saja dijadikan satu di pilihan yaitu Request Revisions. Pada pilihan ini editor bisa memilih tindakan selanjutnya setelah revisi yaitu akan membuat round baru hanya sampai di round sekarang ini saja. Silakan cermati pilihan “Require New Review Round” pada gambar di bawah ini.

Pada gambar tersebut disediakan dua pilihan tidak membuat round baru yang maksudnya sama dengan keputusan revisions required di OJS 2, atau memilih membuat round baru yang sama saja dengan keputusan resubmit for review di OJS 2. Jadi, sejatinya tidak ada perbedaan dalam pilihan keputusan editor di OJS 2 dan OJS 3. Hanya saja ada sedikit perbedaan istilah dan prosedur untuk penegasan alur perjalanan naskah agar tidak membingungkan editor, penulis, dan reviewer tentunya. Cukup sekian, semoga bermanfaat….

One comment

Tinggalkan Balasan