Fungsi Organ Sistem Peredaran Darah Manusia

Fungsi Organ Sistem Peredaran Darah Manusia

Fungsi Organ Sistem Peredaran Darah Manusia – Sistem peredaran darah pada tubuh manusia adalah mekanisme melalui mana darah diangkut ke berbagai bagian tubuh. Pergerakan darah dalam tubuh manusia dikenal sebagai sirkulasi, dan organ-organ yang merupakan mekanisme yang beroperasi dalam setiap tubuh manusia dikenal sebagai organ sistem peredaran darah.

Untuk setiap bagian tubuh yang berfungsi, dan untuk setiap jaringan dalam tubuh untuk terus melakukan pekerjaan tertentu, kehadiran darah adalah mutlak penting. Tanpa sirkulasi darah dalam tubuh manusia, yang paling sederhana dan termudah dari tugas akan menjadi sangat sulit untuk melaksanakan. Pengetahuan tentang organ-organ dan fungsi telah membantu dokter dan ahli medis selama berabad-abad untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.

Indikasi fisik bahwa sistem ini bekerja dengan baik adalah detak jantung manusia. Dengan setiap detak jantung tunggal, jantung mengangkut darah ke seluruh tubuh. Tingkat rata-rata detak jantung pada orang normal adalah 72 denyut per menit, sehingga orang bisa membayangkan jumlah besar darah yang diangkut dalam tubuh dalam satu sepanjang hari.

Perbandingan jumlah atau volume darah dalam tubuh manusia adalah sekitar 7% dari berat badan. Juga, tubuh memproses sekitar 2.000 galon darah dan melalui program satu hari darah ini perjalanan ke bolak-balik di dalam tubuh, yang meliputi rata-rata sekitar 60.000 mil di dalam pembuluh darah tubuh.

Fungsi organ dalam sistem peredaran darah manusia bekerja dengan baik karena didukung berbagai komponen. Ada tiga komponen dasar dari sistem peredaran darah. Jantung yang berfungsi sebagai pompa, pembuluh darah, yang membawa darah ke seluruh tubuh, dan terakhir, darah, yang merupakan komponen penting untuk fungsi dasar dari tubuh manusia, dan yang diproses setelah asupan oksigen ke paru-paru manusia dari atmosfer.

Ada dua divisi peredaran darah yang berfungsi secara bersamaan dalam tubuh manusia setiap saat. Pertama sirkulasi paru yang mengangkut darah ke jantung dari paru-paru, dan sebaliknya. Seluruh tubuh tidak terlibat dalam proses ini. Dan kedua, sirkulasi sistemik yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Kedua unit sirkulasi berfungsi pada saat yang sama, dan melaksanakan sirkulasi kompleks dan cepat darah dalam tubuh manusia.

 

Jantung

Jantung manusia adalah salah satu organ yang paling menarik dan penting dalam tubuh manusia. Tugas utama yang dilaksanakan adalah memompa darah dalam tubuh, selalu menerima, memurnikan, dan mengedarkan darah ke berbagai bagian tubuh.

Secara simbolis jantung manusia adalah wadah kehidupan bagi semua manusia. Bila berbicara secara anatomis, ini merupakan proyeksi sepenuhnya akurat, karena tanpa jantung, tubuh manusia pasti akan binasa. Perlunya darah dalam setiap organ begitu kuat, bahwa beberapa menit tanpa cairan kental ini dan organ-organ yang akan mulai rusak.

Jantung manusia terletak kira-kira di rongga tengah dada, dan dibagi menjadi 4 ruang – atrium kiri, atrium kanan, ventrikel kiri, dan ventrikel kanan. Kamar ini menjalankan fungsi masing-masing secara mandiri, sehingga jantung memompa darah beroksigen ke tubuh, dan darah de-oksigen kembali ke paru-paru.

 

Paru-paru

Ada 2 paru-paru dalam tubuh manusia, dan tugas mereka adalah untuk memasok oksigen ke jantung. Asupan udara saat bernapas dilakukan oleh paru-paru, dan oksigen ini kemudian ditambahkan ke dalam darah dan kemudian diangkut ke jantung. Sebaliknya, darah kotor diangkut ke paru-paru melalui jantung, dan darah ini kemudian teroksigenasi dan komponen sisanya dilepaskan kembali ke udara.

 

Darah dan Pembuluh Darah

Secara teknis ini bukan organ, tapi kehadiran mereka sangat penting untuk sistem pernapasan dan sistem peredaran darah tubuh. Pembuluh darah terentang ke setiap bagian dari tubuh dan ada ratusan ribu pembuluh ini terjalin dalam jaringan tak berujung dalam tubuh.

Arteri membawa darah bersih dari jantung ke bagian tubuh dan vena membawa darah kotor dari bagian tubuh kembali ke jantung. Kiri dan sisi kanan jantung dibagi oleh dinding yang dikenal sebagai septum, dan arteri yang terhubung ke sisi kanan jantung, sedangkan vena terhubung ke sisi kiri.

Daftar di bawah ini adalah fungsi utama bahwa darah dan melaksanakan sistem peredaran dalam tubuh.

  • Membawa oksigen ke tubuh, dan menghilangkan karbon dioksida dari tubuh.
  • Membawa nutrisi ke berbagai bagian tubuh.
  • Membantu dalam penghapusan produk limbah dari tubuh.
  • Mengatur suhu dalam tubuh.
  • Membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit dan infeksi.
  • Membantu dalam proses pembekuan darah, untuk mencegah pendarahan yang berlebihan dalam hal cedera.

Seperti yang kita lihat, fungsi dan manfaat dari organ sistem peredaran darah manusia adalah sesuatu yang tubuh tidak dapat melakukan tanpanya, alias mutlak harus ada. Untuk memastikan kelayakan fungsinya dan bekerja efektif tubuh, perawatan dari semua organ sistem peredaran darah amatlah penting.

Menjaga kesehatan seluruh organ dari sistem peredaran darah ini amatlah penting. Tanpa kerja yang tepat dari mekanisme penting ini, tubuh manusia akan membusuk dan binasa dalam waktu singkat.

 

Nah, itu tadi bahasan sederhana kami mengenai fungsi organ sistem peredaran darah manusia. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Salam sehat selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan