manfaat bawang putih untuk kesehatan

Bawang Putih, Bumbu Penyedap Yang Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

Loading...

Ternyata bawang putih banyak punya banyak manfaat kesehatan lho! Anda pasti sudah kenal dengan yang namanya bawang putih. Apalagi buat sobat yang sering mondar-mandir atau bekerja di dapur.

Benar sekali, bahwa bawang putih merupakan jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu masak. Meskipun kehadirannya tidak terlalu diistimewakan, namun tanpa adanya bawang putih masakan tertentu akan sangat hambar dan kurang sedap. Bahan ini juga bisa dibuat untuk menu penyedap sambal dan juga bumbu lauk dan cemilan.

Selain beberapa macam fungsi di atas, bawang putih ternyata memberikan banyak peran dan manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan bawang putih memberikan asupan beberapa zat penting bagi tubuh. Zat tersebut meliputi vitamin C, kalsium, protein, serat, karbohidrat, mangan dan beberapa zat lainnya.

Macam-macam Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

1. Bawang Putih Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menyehatkan jantung. Tentu saja manfaat ini istimewa karena bawang putih mempunyai beberapa zat yang cukup efektif untuk meningkatkan peredaran darah dan juga mencegah gumpalan dan gangguan pada pembuluh darah.

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah riset di “Journal of Agricultural and Food Chemistry”, bahwa beberapa kandungan bawang putih memang menyehatkan jantung.

2. Bawang Putih Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah seseorang sangat penting untuk terus stabil sesuai dengan standar normal. Karena kalau tidak akan memicu sakit dan penyakit kronis. Dalam hal ini bawang putih membantu tubuh kita untuk menstabilkan darah karena beberapa zat yang diberikan dari bawang putih.

Loading...

Selain tekanan darah, bawang putih juga membantu tubuh kita untuk menstabilkan kandungan kolesterol dalam tubuh kita sehingga kita bisa terhindar dari kemungkinan beberapa penyakit kronis.

Hal ini juga sudah dibuktikan dengan dasar penelitian dari Journal of Nutritional Biochemistry, bahwa dalam penelitian tersebut banyak orang yang mengonsumsi bawang putih kadar kolesterol mereka lebih stabil dan normal.

3. Mencegah Penyakit Flu

Penyakit flu memang kadang terlihat sepele, namun penyakit ini tidak bisa dibiarkan terus menerus karena akan mengganggu kenyamanan dan juga aktivitas sehari-hari kita. Agar tidak terkena penyakit flu ternyata bawang putih membantu untuk mencegahnya. Hal ini karena bawang putih memberikan banyak asupan zat yang dapat mengurangi frekuensi virus influenza di dalam tubuh seseorang.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Manfaat luar biasa dari bawang putih yang lain bagi kesehatan tubuh adalah dalam hal mencegah risiko terkena penyakit kanker. Di mana penyakit ini adalah penyakit yang tidak bisa diremehkan begitu saja karena sulit untuk diobati dan sering mengakibatkan pasien penderitanya meninggal dunia.

Bawang putih mempunyai beberapa zat yang sangat ampuh sebagai antioksidan dalam tubuh menangkal radikal bebas dan memperlambat laju pertumbuhan sel kanker.

Loading...

Hal ini juga sudah dibuktikan dalam sebuah study penelitian di jurnal Cancer Prevention Research, bahwa mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih akan lebih kuat terhindar dari kanker paru-paru.

5. Membantu Detoksifikasi Dan Menyehatkan Tulang

Di dalam tubuh kita ada berbagai macam zat yang masuk, bisa berupa zat yang bagus dan ada pula zat yang seharusnya dikeluarkan atau dibuang. Bawang putih dalam hal ini membantu proses detoksifikasi dengan menyingkirkan beberapa zat penyebab penyakit dan membantunya keluar entah itu dalam bentuk keringat, air kencing atau yang lainnya.

Selain itu kandungan magnesium dalam bawang putih tentu akan memberikan manfaat untuk menjadikan tulang kita menjadi lebih sehat dan kuat.

Dari penjelasan beberapa manfaat di atas, meskipun status bawang putih memang hanya dianggap sebagai pelengkap namun kita jadi tahu bahwa ada banyak sekali zat yang membuat tubuh kita lebih sehat dengan memakan bawang putih.

Demikian sharing dari saya mengenai manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh, semoga bisa bermanfaat dan sehat selalu untuk sobat semuanya. Salam sehat selalu (maglearning.id)

Loading...

Tinggalkan Balasan