Istilah Istilah Penting Dalam Pengukuran

Istilah Istilah Penting Dalam Pengukuran

Istilah Istilah Penting Dalam PengukuranYang paling banyak dijumpai dalam pengukuran adalah pengukuran panjang (linear). Bahkan sudut pun bisa diukur dengan kombinasi pengukuran linier. Untuk dapat melakukan pengukuran tersebut diperlukan standar.

 

Standar Pengukuran

Dalam pengukuran dikenal ada tiga macam standar yaitu:

  1. Standar Garis( Line Standard)

Prinsip pelaksanaan pengukuran dengan standar garis ini adalah berdasar pada jarak yang dibuat antara dua garis paralel, seakan-akan perhitungan ditentukan dari satu garis menuju ke garis yang lainnya. Contoh dari standar garis ini misalnya standar yard dan meter.

Standar garis ini dibagi menjadi empat (4) sub divisi lagi. Hal ini mengingat pentingnya standar master meter dan yard yang tidak bisa digunakan untuk sembarang keperluan. Keempat sub divisi standar garis tersebut adalah: standar primer, standar sekunder, standar tertier, dan standar kerja.

  1. Standar Ujung (End Standar)

Prinsip utama dari standar ujung ini adalah pengukuran dari kedua ujung yang datar dan paralel. Contoh alat ukur yang termasuk dalam kategori standar ujung ini antara lain adalah slip gauge, gap gauge, mikro meter anvil, batang ukur (length bar), dan sebagainya. Kesulitan untuk membuat standar ujung ini adalah sulitnya membentuk kedua ujung dengan permukaan yang betul-betul paralel dan juga agak sulit dalam mengeraskan kedua ujungnya sehingga tetap stabil.

 

6 Istilah Istilah Penting Dalam Pengukuran

Kita ambil satu contoh dari pembuatan suatu produk yang dalam pembuatannya juga dilakukan proses pengukuran yang sangat sederhana, misalnya pembuatan kursi dari bahan kayu. Bahan dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki lalu diukur dengan meteran biasa.

Kehalusan hanya dirasakan dengan rabaan tangan. Kesikuan hanya ditentukan dengan penyiku biasa. Kemudian potongan-potongan tadi dirakit menjadi sebuah kursi.

Dalam perakitan ternyata ada beberapa potongan yang perakitannya harus di pukul atau dipaksa, ada juga yang terlalu longgar dan ada juga yang betul-betul pas. Kesikuan dari perakitan antara potongan satu dengan potongan yang lain ternyata ada yang betul-betul siku (sudut kesikuan 900), ada yang lebih kecil dari pada 900 dan ada pula yang lebih besar daripada 900

Dengan bantuan pasak-pasak penguat akhirnya kursi tersebut pun bisa digunakan. Ini hanya pembuatan sebuah kursi yang walaupun tidak terlalu tergantung pada kelonggaran maupun kesesakan dari pasangan dua komponen dan juga tidak terlalu tergantung pada kesikuan pasangan dua komponen namun, masih tetap dapat dihasilkan sebuah kursi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini disebabkan bahan yang digunakan hanya dari kayu dan penggunaannya pun tidak dituntut ukuran yang presisi. Sekarang, bagaimana kalau bahan yang digunakan untuk membuat produk itu akan digunakan dalam permesinan serta proses pembuatannya juga harus dengan mesin?

Kalau dalam proses pembuatannya tidak memperhatikan masalah kelonggaran dan kesesakan serta kehalusan komponen, maka dapat dipastikan bahwa hasil atau produk yang dibuat kurang presisi. Di samping itu proses perakitannya juga mengalami kesulitan dan produk yang dibuat tidak bisa bertahan lama apabila digunakan atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Ini berarti efektivitas dan efisiensi dari suatu produksi tidak terpenuhi. Untuk dapat menghasilkan produk yang presisi maka harus mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku yang biasanya kebanyakan ketentuan tersebut dicantumkan dalam gambar teknik. Di samping itu juga harus memperhatikan pula prinsip-prinsip yang ada dalam masalah pengukuran.

Ada beberapa istilah istilah penting yang sering terkait dalam masalah pengukuran antara lain yaitu:

 

1. Ketelitian (Accuracy)

Kata teliti dalam dunia keteknikan mempunyai dua arti. Pertama, teliti yang dikaitkan dengan apakah hasil suatu pengukuran persis atau mendekati sama dengan ukuran yang sudah ditentukan. Misalnya, pada tangkai bor biasanya dicantumkan ukuran diameter bor tersebut. Lalu kita ingin mengecek ukuran tersebut dengan menggunakan mikrometer.

Setelah diukur ternyata diperoleh hasil yang sama persis dengan ukuran yang ada pada tangkai bor tersebut. Keadaan seperti ini dinamakan dengan istilah teliti. Kedua, teliti yang dikaitkan dengan proses pengukuran itu sendiri. Misalnya, seseorang mencoba mengecek ukuran diameter bor yang besarnya tertera pada tangkai bor tersebut. Alat yang yang digunakan adalah mistar baja.

Setelah diletakkannya pada ujung tangkai bor tersebut kemudian dibaca skalanya, ternyata hasil pembacaan menunjukkan bahwa diameter bor tersebut lebih besar tiga skala dari pada mistar baja. Lalu orang yang mengukur tadi berkesimpulan bahwa ukuran yang tercantum pada tangkai bor tersebut adalah salah.

 

2. Ketepatan (Precision)

Untuk memberikan gambaran mengenai kata ketepatan ini dapat diambil contoh yang sangat sederhana berikut ini. Misalnya, seseorang menembak satu sasaran seratus kali dengan pistol dan cara menembak yang identik, ternyata dari seratus kali tembakan tersebut sembilan puluh lima kali diantaranya mengenai sasaran.

Dari contoh ini dapat dikatakan bahwa orang tersebut memiliki ketepatan yang tinggi dalam menembak. Demikian pula halnya dengan proses pengukuran. Apabila seseorang melakukan pengukuran terhadap suatu obyek dengan cara berulang-ulang dan diperoleh hasil yang hampir sama dari masing-masing pengukuran bila dibandingkan harga rata-rata pengukuran yang berulang-ulang tersebut, maka dikatakan proses pengukuran itu mempunyai ketepatan yang tinggi.

 

3. Ukuran Dasar (Basic Size)

Ukuran dasar merupakan dimensi atau ukuran nominal dari suatu obyek ukur yang secara teoritis dianggap tidak mempunyai harga batas ataupun toleransi. Walaupun harga sebenarnya dari suatu obyek ukur tidak pernah diketahui, namun secara teoritis ukuran dasar tersebut di atas dianggap sebagai ukuran yang paling tepat.

Dalam gambar teknik akan tampak jelas dimana letak dari ukuran dasar tersebut yang biasanya dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat. Dan kebanyakan pula ukuran dasar ini dipakai untuk mengkomunikasikan benda-benda yang berbentuk silindris melalui gambar teknik. Jadi ada istilah poros (shaft) dan istilah lubang (hole).

Akan tetapi, tidak semua benda akan berbentuk poros dan lubang. Kalau demikian apakah penggunaan istilah ukuran dasar ini bisa juga diterapkan pada bidang-bidang datar? Untuk ini dapat diganti istilah poros dan lubang dengan istilah-istilah ruangan padat dan ruangan kosong yang berarti ada pembatasan dari dua bidang singgung, misalnya tebal dari pasak dan lebar dari alur.

 

4. Toleransi ( Tolerance)

Toleransi memberi arti yang sangat penting sekali dalam dunia industri. Dalam proses pembuatan suatu produk banyak faktor yang terkait di dalamnya, misalnya faktor alat dan operator. Oleh karena itu ukuran yang diperoleh tentu akan bervariasi. Variasi ukuran yang terjadi ini di satu pihak memang disengaja untuk dibuat, sedang dipihak lain adanya banyak faktor yang mempengaruhi proses pembuatannya.

Dalam hal variasi ukuran yang sengaja dibuat ini sebetulnya ada tujuan-tujuan tertentu yang salah satunya adalah untuk memperoleh suatu produk yang berfungsi sesuai dengan yang direncanakan. Sudah tentu variasi-variasi ukuran ini ada batasnya dan batas-batas ini memang diperhatikan betul menurut keperluan.

Batas-batas ukuran yang direncanakan tersebut menunjukkan variasi ukuran yang terletak di atas dan di bawah ukuran dasar (basic size). Dengan adanya variasi harga-harga batas ini maka komponen-komponen yang dibuat dapat dipasangkan satu sama lain sehingga fungsi dari satuan unit komponen tersebut terpenuhi.

 

5. Harga batas (Limits)

Harga batas adalah ukuran atau dimensi maksimum dan minimum yang diizinkan dari suatu komponen, di atas dan di bawah ukuran besar (basic size). Pada pembahasan mengenai statistik dalam metrologi harga batas ini akan dibagi menjadi dua yaitu harga batas atas dan harga batas bawah.

 

6. Kelonggaran (Clearance)

Kelonggaran merupakan perbedaan ukuran antara pasangan suatu komponen dengan komponen lain di mana ukuran terbesar dari salah satu komponen adalah lebih kecil dari pada ukuran terkecil dari komponen yang lain.

Contoh yang paling jelas misalnya pasangan antara poros dan lubang. Kelonggaran akan terjadi pada pasangan poros dan lubang tersebut apabila dimensi terluar dari poros lebih kecil dari pada dimensi terdalam dari lubang. Pembahasan kelonggaran ini akan disinggung lagi dalam pembahasan masalah suaian.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai istilah istilah penting dalam pengukuran. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan