Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik Serta Manfaatnya

Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik

Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik – Sebelum kita membahas manfaat media pembelajaran, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari media pembelajaran itu sendiri yakni segala sesuatu yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan pesan, bisa merangsang perasaan, pikiran serta keinginan para siswa sehingga bisa mendorong terciptanya sebuah proses belajar yang efektif untuk semua peserta didik.

Adapun awalnya media pembelajaran ini dianggap hanya sebagai alat bantu untuk mengajar, jadi alat bantu yang digunakan tersebut merupakan alat bantu siswa untuk menerima pelajaran misalnya seperti model, gambar, objek maupun alat-alat lain untuk bisa memberikan pengalaman nyata serta mempertinggi retensi dan daya serap belajar peserta didik.

Selain itu, hubungan yang ada di antara media pembelajaran dengan sebuah teknologi pembelajaran adalah jika teknologi pembelajaran mampu memberi pengaruh terhadap pemahaman atau paradigma pembelajaran, maka perubahan yang terjadi tersebut bisa berimplikasi terhadap suatu proses kegiatan pembelajaran yang di dalamnya meliputi tujuan materi, strategi dan metode serta media dan evaluasi.

Hubungan media pembelajaran dengan teknologi pembelajaran di sini memang sangat erat dikarenakan cara menyampaikan para pengajar ketika mengajar tentunya akan menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran.

 

Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Baik

Lantas seperti apa ciri ciri media pembelajaran itu? terdapat 3 ciri utama dari media pembelajaran yang bisa menjadi petunjuk kenapa media tersebut digunakan serta apa saja yang bisa dilakukan yang sekiranya seorang pengajar tidak mampu untuk melakukannya. Jadi ke-tiga ciri itu di antaranya adalah :

 

1. Ciri Fiksatif

Untuk ciri yang satu ini akan menggambarkan bagaimana media itu merekam, lalu menyimpan dan melestarikan maupun merekonstruksikan sebuah objek atau peristiwa. Cara ini amat penting bagi guru karena kejadian-kejadian atau objek yang telah direkam atau disimpan dengan format media yang ada dapat digunakan setiap saat.

Media pembelajaran yang sudah dikembangkan oleh guru dapat digunakan lagi di waktu-waktu mendatang tanpa mengurangi kualitasnya. Tidak seperti guru yang dinamis dan sering dipengaruhi oleh lingkungan sehingga mungkin penyampaian di kelas satu dan kelas lainnya berbeda-beda.

Media yang dikembangkan seperti video, foto, audio, multimedia, atau perangkat lunak dapat digunakan kapan pun dan oleh siapa pun tanpa mengurangi kualitas dan mengubah bentuknya. Ini adalah ciri fiksatif dari media pembelajaran yang amat bermanfaat. Berapa pun jumlah peserta didiknya dapat dijangkau dengan baik.

Misalnya seperti peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di suatu negara. Siswa dapat mepelajari bagaimana peristiwa atau kejadian-kejadian itu melalui rekaman video dokumentasi, dan foto-foto. Objek-objek biotik ataupun abiotik yang unik dan harus dipelajari oleh siswa dapat dihadirkan dengan gampang diruang kelas dengan rekaman video atau foto. Media ini dapat digunakan kapan saja serta mampu menjangkau banyak sekali peserta didik.

Media pembelajaran memungkinkan suatu rekaman kejadian yang terjadi pada satu waktu tertentu dapat ditransportasikan tanpa mengenal waktu. Teknologi telah menjadikan media pembelajaran mempunyai peranan yang amat penting untuk memberikan pemahaman akan suatu peristiwa atau objek bagi peserta didik.

 

2. Ciri Manipulatif

Jadi ciri manipulatif ini merupakan transformasi atas suatu peristiwa ataupun objek yang sekiranya masih dimungkinkan, karena media tersebut masih mempunyai ciri manipulatif. Misalnya peristiwa pertumbuhan tanaman atau preses pembuahan pada bunga tanaman yang bisa memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada peserta didik dalam waktu 2 (dua) menit sampai 15 (lima belas) menit dengan teknik pengambilan gambar atau time-lapse recording.

Contoh lain seperti proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografer di samping itu juga dapat diperlambat menayangkan kembali hasil rekaman video.

Begitu juga dengan proses yang begitu cepat dapat dimanipulasi dengan mudah dengan teknik slow motion menggunakan editing vidiografi. Misalnya materi cara melakukan servis atas pada olah raga bola voli. Video yang diambil dengan kepadatan frame (fps) dan resolusi yang cukup maka dapat diperlambat sehingga gerakan dapat dipelajari dengan mudah.

Ciri manipulatif saat ini juga telah berkembang ke arah yang sangat canggih. Misalnya menggunakan kombinasi teknologi Virtual Reality (VR) dan kamera 360 derajat, dimana dengan teknologi ini peserta didik di Indonesia bisa berkunjung ke piramida di Mesir secara virtual dengan mudah sekaligus jauh lebih murah bila dibandingkan dengan pergi ke sana langsung.

 

3. Ciri distributif

Adapun ciri distributif dari sebuah media memungkinkan suatu peristiwa ataupun objek akan ditransformasikan melalui ruang serta bersamaan dengan itu akan disajikan kepada semua peserta didik sehingga mereka mendapatkan stimulus pengalaman yang sama mengenai hal tersebut.

Sekali informasi direkam dalam format media apa saja, ia dapat direproduksi seberapa kali pun dan siap digunakan secara bersamaan di berbagai tempat atau digunakan secara berulang-ulang di suatu tempat.

Misalnya seperti Kejadian di daerah-daerah yang sulit atau bahkan tidak mungkin dikunjungi oleh siswa dapat dihadirkan di ruang kelas mereka tanpa memerlukan banyak usaha keras. Penggunaan internet atau perangkat penyimpan data seperti flashdisk, cloud storage, dan sebagainya memudahkan bahan-bahan pembelajaran tersebut didistribusikan. Konsistensi informasi yang terdapat di dalamnya akan selalu terjaga sebagaimana aslinya.

File video atau aplikasi dapat dengan mudah dibagikan, baik secara langsung maupun melalui pasar aplikasi seperti Android PlayStore, Microsoft Store, Amazon atau yang lainnya. Ada puluhan media pembelajaran yang telah kami kembangkan sudah tersedia di PlayStore sejak beberapa tahun lalu.

 

Manfaat Media Pembelajaran yang Baik

Dengan memperhatikan ciri-ciri media pembelajaran yang baik tersebut di atas media pembelajaran dapat dioptimalkan untuk mendukung setiap pembelajaran yang dikelola oleh guru. Secara umum, beberapa manfaat media pembelajaran itu di antaranya seperti berikut :

  • Bisa meningkatkan kualitas serta mutu pendidikan dengan cara semakin mempercepat “rate of learning“.
  • Dapat membantu pengajar untuk bisa menggunakan waktu belajar dengan lebih baik lagi.
  • Mengurangi beban pengajar dalam menyajikan dan menyampaikan informasi.

 

Itulah beberapa ciri-ciri serta manfaat media pembelajaran yang mampu berperan penting untuk meningkatkan kualitas dan juga mutu sebuah pendidikan. Semoga tulisan sederhana tentang ciri ciri media pembelajaran yang baik dan manfaatnya ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Jangan lupa untuk membaca jenis-jenis media pembelajaran untuk melengkapi informasi tentang media pembelajaran ini. Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan