Model, Metode, Pembelajaran

Perbedaan Antara Model, Metode, Strategi, Teknik, dan Pendekatan Pembelajaran

Loading...

Diskusi dan debat panjang sering terjadi karena ketidaksamaan persepsi tentang apa itu model, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Memang tidak ada yang salah dalam memandang setiap istilah itu dari berbagai sudut atau dasar. Tulisan ini hanya berusaha menjadi sebuah wacana yang tidak anti kritik.

Marilah kita berusaha untuk membedakan beberapa istilah di atas satu persatu secara ringkas. Kita mulai dari bagaimana seorang siswa belajar. Tentunya akan sangat tergantung pada apa yang dipelajari serta tujuan mempelajari hal tersebut, sehingga kita bisa tahu bagaimana siswa tersebut seharusnya belajar.

Nah, bagaimana siswa belajar ini banyak sekali teori yang bisa menjelaskannya, mulai dari teori behavioris, kognitivis, konstruktivis, sampai pembelajaran sosial. Maka kita perlu mengambil pendekatan teori mana yang paling pas dalam menjelaskan bagaimana siswa kita belajar.

Dalam pencapaian tujuan belajar dan bagaimana tujuan belajar itu dicapai akan berbeda-beda tergantung apa yang dipelajari dan siapa yang mempelajarinya. Misalnya belajar tentang kedisiplinan siswa sekolah dasar dan mahasiswa perguruan tinggi akan kurang pas bila menggunakan pendekatan yang sama.

Pendekatan Pembelajaran adalah sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan akan terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menguatkan, menginspirasi dan malatari model pembelajran dengan cakupan teori tertentu.

Pendekatan ini masih bersifat sangat umum dan perlu diaplikasikan dalam model dan metode pembelajaran tertentu sesuai dengan pendekatan yang dipilih. Contoh dari pendekatan pembelajaran adalah: Student Centered Learning, Teacher Centered Learning dan lainnya.

Pendekatan ini sangat tergantung pada dasar teori yang kita gunakan. Setelah ditentukan pendekatan mana yang paling sesuai maka kita menentukan metode pembelajaran yang juga sesuai dengan pendekatan yang kita gunakan.

Model Pembelajaran adalah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir pembelajaran, dikemas secara khas oleh seorang guru. Contoh dari model pembelajaran adalah: Discovery Learning, Problem Based Learning, Project Based Learning, dan masih banyak lagi.

Yang namanya model adalah penyederhanaan dari sesuatu yang kompleks. Misalnya model pesawat terbang atau model perumahan yang merupakan penyederhanaan dari wujud aslinya yang lebih kompleks.

Model pembelajaran pun demikian, di mana misalnya pendekatan student centered learning itu masih sangat luas dan abstrak, maka diperlukan sebuah model yang mewakilinya dan dapat secara lebih kongkret untuk diterapkan. Misalnya saja model discovery learning atau problem based learning. Dimana siswa secara aktif belajar (student centered) dengan cara memecahkan masalah yang dihadapinya, baik secara mandiri maupun dengan bekerja sama atau kolaborasi.

Agar pembelajaran yang dilakukan oleh siswa berjalan lebih efektif diperlukan sebuah strategi, baik strategi yang ditentukan oleh guru maupun yang dipilih oleh siswa. Strategi Pembelajaran adalah suatu rangkaian aktivitas pembelajaran yang mesti dikerjakan oleh siswa dan guru demi mencapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif dan efisien. Contoh strategi pembelajaran adalah: Exposition Discovery Learning, Group Individual Learning.

Nah dalam model pembelajaran ini diperlukan sebuah metode atau cara bagaimana siswa berkomunikasi dengan guru maupun dengan siswa lainnya. Metode Pembelajaran adalah cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Contoh dari metode pembelajaran ini misalnya adalah: Ceramah, Diskusi, Demonstrasi, Kolaborasi dan sebagainya.

Dalam sebuah strategi pembelajaran bisa berisi beberapa metode pembelajaran, tergantung kompleksitas tujuan pembelajaran. Untuk mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di lapangan diperlukan beberapa kombinasi dari teknik pembelajaran.

Teknik Pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh dalam metode untuk mengelola kegiatan pembelajaran. Teknik pembelajaran merupakan implementasi dan penjabaran dari metode pembelajaran.

Jadi urutannya adalah: Pendekatan > Model > Strategi > Metode > Teknik. Misalnya adalah pendekatan student centered learning, model discovery learning, strategi group individual learning, dengan metode ceramah, diskusi, dan kolaborasi.

Nah, itu tadi Sob, sedikit uraian saya mengenai perbedaan dari pendekatan, model, strategi dan metode pembelajaran. Opini ini sekali lagi perlu kritik dan tambahan dari siapa pun untuk memperdalam kajian dan melengkapinya agar lebih mudah komprehensif. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan