Cara Mudah Mencari Jurnal Terakreditasi di Sinta

Publikasi artikel jurnal ilmiah sudah menjadi syarat wajib untuk lulus dari pendidikan tinggi. Salah satu syarat lulus mulai dari S1 sampai S3 adalah publikasi di Jurnal Ilmiah. Bahkan, khusus S3 harus jurnal internasional bereputasi. Sedangkan untuk S2 adalah jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Yang paling mudah tentunya adalah untuk S1 yaitu jurnal nasional online yang sudah mempunyai ISSN.

Kali ini saya akan membahas tentang jurnal nasional terakreditasi, khususnya bagaimana mencari jurnal-jurnal tersebut di Sinta. Seringkali kita menyebutnya dengan jurnal sinta atau sinta jurnal.

Sinta (Science and Technology Index) adalah sistem informasi penelitian berbasis web yang dibangun untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah di Indonesia. Jurnal-jurnal ilmiah nasional yang diindeks oleh Sinta adalah jurnal yang sudah terkreditasi oleh sistem akreditasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang saat ini dikelola oleh Ristekbrin.

Langsung saja kita bahas bagaimana cara mencari jurnal yang sesuai dengan tema artikel kita di Sinta. Kali pertama tentunya kita harus masuk laman Sinta di url: http://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah itu arahkan mouse ke navigasi utama (paling atas) ke bagian “SOURCES”, lalu klik “JOURNALS”.

sinta jurnal

Selanjutnya cari jurnal di kotak pencarian, jika Anda mempunyai kandidat nama jurnal silakan langsung ketik nama jurnal itu di kotak pencarian lalu klik tombol pencarian. Bila Anda belum mempunyai kandidat nama jurnal maka silakan klik tombol “Advance Search”.

Pada mode pencarian ini, kita bisa mencari jurnal ilmiah sesuai dengan bidang artikel kita. Ada sepuluh bidang pengelompokan yang bisa kita pilih bagian subject ini, Yaitu: agama, ekonomi, kemanusiaan, kesehatan, sains, pendidikan, agrikultur, seni, sosial, dan mesin.

Kali ini saya mencontohkan untuk memilih bidang pendidikan. Setelah dipilih silakan langsung klik tombol “Search”. Kotak lainnya biarkan kosong saja.

jurnal sinta

Gambar di bawah ini adalah hasil pencarian jurnal terakreditasi di bidang pendidikan. Silakan mainkan angka atau navigasi di kanan atas hasil pencarian ini untuk mencari target jurnal Sinta berapa yang akan Anda tuju.

Misalkan luaran seperti di bawah ini, yaitu jurnal pendidikan yang terakreditasi di Sinta 4. Hasil ini setelah saya menuju ke halaman ke 79 karena hasil pencarian dari metode ini ditemukan sebanyak kurang lebih 900 jurnal yang terakreditasi di bidang pendidikan.

Silakan klik salah satu nama jurnal yang Anda sukai untuk memperoleh informasi lebih lanjut dari jurnal tersebut. Untuk menuju laman jurnal yang Anda pilih tadi silakan klik tombol “Website” di bagian bawah nama penerbitnya.

Nah, begitulah cara untuk mencari jurnal terakreditasi di Sinta. Kelemahan dari sistem pencarian ini adalah begitu banyak jurnal yang muncul sehingga kita harus memilah satu per satu. Selain itu Anda bisa menggunakan prosedur lain yaitu mencari langsung di peringkat skor Sinta Berapa.

Loading...

Mencari Jurnal Langsung di Peringkat Sinta

Mencari jurnal langsung di peringkat Sinta berapa akan mempersempit pilihan kita dalam pencarian. Tentunya sebaiknya kita sudah punya bayangan kualitas artikel kita layaknya terbit di jurnal peringkat Sinta berapa. Misalnya kita akan submit artikel ilmiah sebagai syarat lulus, sedangkan ketentuan dari pihak universitas minimal Sinta 4. Untuk mencari jurnal yang sesuai ini kita bisa memilih jurnal dengan peringkat Sinta 1 sampai 4. Contoh dalam kasus ini kita akan mencari jurnal ilmiah dengan peringkat Sinta 4.

Silakan masuk kembali ke lama beranda (home), kemudian masuklah ke menu Sources lalu pilih  Journals maka akan menemukan gambar pilihan peringkat Sinta sepeti gambar berikut ini. Silakan pilih peringkat Sinta yang akan kita cari.

Pilihan pencarian jurnal akan sedikit berubah yaitu seperti pada gambar berikut ini. Selanjutnya kita bisa memilih pencarian menggunakan “Advance Search” yeng telah dibahas di atas.

Hasil pencariannya adalah seperti gambar di bawah ini. Jadi hanya jurnal dengan peringkat Sinta 4 saja yang akan keluar. Pencarian menggunakan sistem ini akan lebih praktis dalam menyaring jurnal yang dituju yaitu hanya sekitar 200-an jurnal.

Mencari Jurnal Gratis

Penerbitan jurnal ilmiah tidak semuanya berbayar, bahkan banyak yang gratis. Bila Anda ingin mengetahui hasil pencarian jurnal Anda tadi termasuk jurnal berbayar atau tidak maka masuklah ke laman jurnal tersebut.

Loading...

Setelah di laman jurnal yang Anda tuju, silakan klik bagian “About”. Secara default menu ini ada di bagian navigasi utama, dan biasanya ada di sebelah “Home”.

Setelah masuk di bagian “About” silakan arahkan mouse ke bawah dan cari menu “Author Fees”. Menu ini biasanya dalam kategori “Submission”.

Berikut ini adalah contoh bagian “Submissions”. Silakan langsung klik menu “Author Fees”.

Bila isi dari Author Fees adalah seperti gambar di bawah ini berarti jurnal ini tidak menarik biaya apapun untuk publikasi artikel. Nah, jika Anda mencari jurnal gratisan maka jurnal seperti ini layak unntuk dipertimbangkan.

Namun, Anda tetap harus hati-hati sebab ada beberapa jurnal di luar negeri yang memasang keterangan seperti ini, namun ketika kita sudah submit namun kemudian muncul tagihan pembayaran. Jangan khawatir bin galau, dan terutama yang terpenting tidak perlu Anda respons. Berarti mereka tidak konsisten dan sebaiknya langsung tarik saja artikel Anda dari jurnal tersebut.

2 comments

Tinggalkan Balasan