Belajar Tematik Kelas 5 Tema 4 “Sehat itu Penting” Disertai Latihan Soal Online

Pada tema 4 kali ini kita akan belajar tentang peredaran darah dalam tubuh kita. Bagaimana organ-organ peredaran darah sangat menentukan kesehatan tubuh kita. Mengetahui bagaimana cara organ-organ peredaran kita bekerja sangat penting bagi kita. Setelah mengetahuinya kita bisa menjaga organ-organ itu dengan sikap dan tindakan yang tepat. Misalnya menjaga asupan makanan sehat dan rajin berolahraga. Ada beberapa jenis olah raga murah yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan jantung kita misalnya bersepeda atau berlari. Ajaklah teman-teman dan keluargamu untuk rajin berolahraga.

Media pembelajaran ini terdiri dari tiga unsur utama, yaitu: buku digital tema 4, video pembelajaran, dan latihan soal interaktif. Walaupun unsur pembelajaran ini masih banyak bersifat naratif namun sudah ada nuansa interaktif di dalamnya. Tidak menutup kemungkinan peserta didik untuk mencari sumber-sumber lain selain media ini. Bagi siapapun yang ingin memberikan masukan silakan ketikkan di bagian komentar. Media ini akan kami update sesuai kebutuhan dan perkembangan.

Buku tema digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook Tema 4

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Video pembelajaran disediakan pada setiap subtema dan per pembelajaran (pertemuan). Video ini diambil dari beberapa kreator Indonesia yang sebagian besar adalah guru-guru kreatif. Silakan pelajari setiap materi melalui buku digital dan video pembelajarannya, lalu cek kemampuanmu menggunakan latihan soal yang telah disediakan.

Subtema 1: Peredaran Darahku Sehat

Siti anak yang rajin dan disiplin. Siti selalu berangkat ke sekolah lebih awal. Jarak rumah Siti dan sekolah tidak terlalu jauh. Siti berangkat ke sekolah naik sepeda. Naik sepeda juga merupakan kegiatan olahraga. Siti mengayuh sepedanya dengan santai. Siti hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk sampai ke sekolah. Siti sangat peduli dengan kesehatan tubuh. Bersepeda termasuk olahraga yang mendukung kebugaran dan dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Darah sangat penting peranannya bagi manusia. Peranan darah antara lain mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru. Dalam tubuh manusia, darah mengalir melalui organ-organ peredaran darah. Apa saja organ peredaran darah manusia? Apa fungsi organ peredaran darah manusia?

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 4

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 5

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 1: Pembelajaran 6

Video pembahasan soal Tema 4 Subtema 1

Latihan Soal Subtema 1

Subtema 2: Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah hendaknya dijaga kesehatannya. Tahukah kamu penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia?

Hari ini Siti dan teman-temannya membaca majalah, surat kabar, dan beberapa artikel di internet tentang berbagai gangguan pada organ peredaran darah manusia. Mereka ingin mengetahui berbagai penyebab terjadinya gangguan pada organ peredaran darah manusia dan jenis gangguan pada organ peredaran darah manusia.

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 4

Loading...

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 5

on progres….

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 2: Pembelajaran 6

Video pembahasan soal Tema 4 Subtema 2

Latihan Soal Subtema 2

Subtema 3: Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Minggu pagi Siti, Dayu, dan Lina bersepeda santai. Mereka bersepeda santai dari rumah Siti pukul 06.00 menuju alun-alun. Jarak rumah Siti menuju alun-alun tidak jauh, lebih kurang 5 km. Siti, Dayu, dan Lina hanya menghabiskan waktu 15 menit untuk sampai ke alun-alun.

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai. Tahukah kamu bahwa bersepeda santai dapat menjaga kesehatan organ peredaran darah, khususnya jantung?

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 1

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 2

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 3

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 4

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 5

Video pembelajaran Tema 4 Subtema 3: Pembelajaran 6

Loading...

on progres….

Video pembahasan soal Tema 4 Subtema 3

Latihan Soal Subtema 3

Untuk membuka latihan soal seluruh tema 4 silakan buka tautan di bawah ini:

Latihan Soal Kelas 5 TEMA 4

Latihan Soal Versi Android

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami luncurkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

By: omkikikmedia & AkbarHana Education

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan