ISO 9000 DAN ISO 14000

Standar Kualitas ISO 9000 DAN ISO 14000

Loading...

ISO 9000 dan ISO 14000 adalah sekumpulan standar kualitas yang ditetapkan oleh International Standars Organization (ISO). Kualitas secara global sangat penting, sehingga dunia bersatu dalam suatu standar kualitas, yakni ISO 9000.

ISO 9000

ISO 9000 merupakan standar kualitas yang diakui secara internasional. Fokus dari standar adalah menetapkan prosedur manajemen kualitas, melalui kepemimpinan, dokumentasi terperinci, perintah kerja dan penyimpanan catatan.

Untuk memiliki sertifikat ISO 9000, organisasi harus melalui proses selama 9 hingga 18 bulan yang mencakup pendokumentasian prosedur kualitas, penilaian lapangan dan serangkaian audit yang terus berjalan pada produk atau jasa. Untuk mendapatkan sertifikat ISO 9000, perusahaan harus mengimplementasikan 3 komponen berikut :

  1. Perencanaan, aktivitas-aktivitas yang mempengaruhi kualitas harus direncanakan, untuk memastikan bahwa tujuan, wewenang dan tanggung jawab masing-masing karyawan ditetapkan dan dipahami.
  2. Kontrol, aktivitas-aktivitas yang mempengaruhi kualitas harus dikontrol, untuk memastikan bahwa syarat-syarat yang ditentukan di dalam setiap level manajemen dapat terpenuhi, masalah-masalah diantisipasi, dicegah, dikoreksi, direncanakan dan dilaksanakan.
  3. Dokumentasi, aktivitas-aktivitas yang mempengaruhi kualitas harus didokumentasi, untuk memastikan pemahaman mengenai tujuan dan metode untuk mencapai kualitas, hubungan yang baik di dalam organisasi, umpan balik dalam siklus perencanaan dan melaksanakan tujuan sesuai dengan petunjuk dalam sistem kualitas.

Motivasi untuk mencapai ISO 9000 muncul dari kenyataan bahwa Masyarakat Ekonomi Eropa telah menggunakan sertifikat ISO sebagai persyaratan untuk menjalankan bisnis di negara-negara Eropa. Banyak perusahaan yang mengikuti dan mengimplementasikan standar kualitas ISO 9000 karena alasan kewajiban menggunakan standar tersebut dan keuntungan yang diraih dari perbaikan kualitas.

Dengan memiliki sertifikat ISO 9001: 2008 organisasi atau perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah:

  • Meningkatnya kepuasan dan kepercayaan pelanggan karena jaminan kualitas yang terorganisir dan sistematis. Sebab sistem dokumentasi ISO 9001: 2008 dapat memberikan informasi tentang kebijakan, prosedur, dan instruksi kualitas perusahaan yang direncanakan dengan baik.
  • Meningkatnya image dan daya saing di pasar internasional. Dengan standar ISO ini maka produk-produk perusahaan dapat dengan mudah diterima oleh pasar internasional.
  • Perusahaan yang mendapat sertifikat ISO 9001: 2008 tentu telah melalui proses audit kualitas secara periodik sehingga konsumen tidak perlu melakukan audit kualitas yang pada gilirannya akan menghemat biaya dan menghindari duplikasi proses pengawasan kualitas.
  • Perusahaan yang telah memperoleh sertifikat ISO 9001: 2008, secara otomatis terdaftar pada lembaga registrasi sehingga mudah dicari oleh konsumen di pasar internasional
  • Meningkatnya kualitas dan produktivitas perusahaan karena sistem operasional perusahaan menjadi lebih baik dan terstandar.
  • Meningkatkan kesadaran kualitas para stake holder perusahaan.
  • Memberikan pelatihan secara sistematis kepada seluruh karyawan melalui prosedur dan instruksi yang terdefinisi dengan baik.

ISO 14000

ISO 14000 adalah sebuah standar manajemen lingkungan yang ditetapkan oleh International Standards Organization (ISO). ISO 14000 merupakan standar manajemen lingkungan yang berisi lima elemen pokok, yaitu :

  1. Manajemen lingkungan
  2. Pengauditan
  3. Evaluasi kerja
  4. Pelabelan
  5. Penilaian siklus hidup

Standar ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah:

  1. Gambaran publik yang positif dan ekspos yang berkurang terhadap kewajiban.
  2. Pendekatan sistematis yang baik untuk pencegahan polusi melalui meminimalkan dampak ekologis dari produk dan aktivitas.
  3. Pemenuhan persyaratan peraturan dan peluang untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
  4. Pengurangan kebutuhan audit berganda.
  5. Standar ini telah diterima di seluruh dunia.

Dengan demikian ISO 14000 akan memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Pengelolaan lingkungan yang lebih efektif dan efisien dalam organisasi
  • Untuk menyediakan alat yang berguna dan bermanfaat dan fleksibel sehingga mencerminkan organisasi yang baik.
  • Dapat mengidentifikasi, memperkirakan dan mengatasi risiko lingkungan yang mungkin timbul.
  • Dapat menekan biaya produksi dapat mengurangi kecelakaan kerja, dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah dan pihak – pihak yang peduli terhadap lingkungan.
  • Memberi jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak manajemen puncak terhadap lingkungan.
  • Dapat meningkat citra (image) dan reputasi perusahaan, serta meningkatkan kepercayaan konsumen dan memperbesar pangsa pasar.
  • Menunjukkan ketaatan perusahaan terhadap perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan.
  • Mempermudah memperoleh izin dan akses kredit bank.
  • Dapat meningkatkan motivasi para pekerja.

Demikian sobat sedikit ulasan kami tentang ISO 9000 dan ISO 14000. Semoga ada manfaatnya, salam belajar menyenangkan untuk siapa saja (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan