Kegiatan Ekonomi Rumah Tangga

Kegiatan Ekonomi Rumah Tangga Konsumen dan Produsen

Loading...

Kegiatan ekonomi rumah tangga konsumen dan produsen sangat penting, karena mengharuskan kita bekerja. Tujuan kegiatan ekonomi adalah untuk mengurangi kelangkaan. Pada saat yang lalu pemenuhan kebutuhan hanya dilakukan untuk kepentingan perseorangan, tetapi pada saat ini pemenuhan kebutuhan juga digunakan untuk kepentingan orang banyak.

Contoh Pak tani pada jaman dulu bekerja untuk kepentingannya sendiri tetapi saat ini petani bekerja untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. Kegiatan ekonomi masyarakat terdiri dari 3 (tiga) macam, antara lain: Produksi, Konsumsi dan Distribusi.

Kegiatan Produksi

Untuk memenuhi kebutuhan tentunya harus ada barang dan jasa, sebagai alat pemuas kebutuhan. Misalnya : tas, sepatu, pakaian, jagung, tepung terigu, gula, jasa travel, jasa angkutan, jasa guru, jasa dokter dll. Barang dan jasa tersebut ada karena diadakan atau dibuat, yang disebut dengan kegiatan produksi.

Kegiatan ekonomi berupa kegiatan produksi ini dilakukan oleh rumah tangga produsen. Kegiatan produksi dilakukan untuk meningkatkan nilai guna barang, misalnya: Perusahaan Aqua, mengolah air pegunungan yang dikemas dalam gelas, kemudian digunakan untuk pemenuhan kebutuhan. Setiap tahap proses produksi disebut kegiatan produktif. Jadi kegiatan produktif adalah meningkatkan nilai guna suatu barang.

Kegiatan produksi akan meningkatkan daya guna suatu barang, daya guna barang adalah kemampuan barang itu untuk memenuhi kebutuhan manusia.  Daya guna suatu barang terdiri dari:

  1. Daya guna bentuk. Daya guna yang melekat pada benda itu, misalnya : kayu diolah menjadi almari, biji besi diolah menjadi besi untuk bahan baku alat-alat rumah tangga, dll.
  2. Daya guna tempat. Barang yang diproduksi tidak akan berguna jika tidak dipindah tempatnya. Biji besi di Cilegon tidak akan berguna jika tidak dipindah ke tempatnya untuk diolah. Inilah yang dimaksud dengan daya guna tempat
  3. Daya Guna Waktu. Setelah benda dipindahkan dan diolah, tidak akan berguna jika tidak bisa digunakan pada saat yang diinginkan, sewaktu-waktu barang tersebut dibutuhkan maka tersedia, oleh sebab itu barang juga harus mempunyai daya guna waktu.
  4. Daya guna Kepemilikan. Suatu barang tidak akan berguna jika tidak ada hak untuk memakainya, oleh sebab itu barang tersebut harus dibeli terlebih dahulu untuk mewujudkan hak pemakaian atas benda tersebut. Inilah yang dimaksud dengan hak kepemilikan.

Kegiatan produksi dapat menciptakan lapangan pekerjaan, orang yang bekerja untuk kegiatan produksi akan mendapatkan gaji/upah yang disebut dengan pendapatan atau penghasilan. Jika tidak ada kegiatan produksi maka akan terjadi pengangguran.

Kegiatan produksi dapat dilakukan jika tersedia faktor-faktor produksi, yang terdiri dari: alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian (skill). Faktor-faktor produksi, tersebut antara lain:

a. Alam

Alam merupakan kekayaan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, untuk kepentingan manusia. Alam dapat digunakan sebagai barang yang siap digunakan dan barang untuk keperluan bahan baku.

Faktor produksi alam dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :

  • Faktor produksi alam yang dapat diperbaharui. Sumber alam yang tidak dapat diperbaharui, maksudnya adalah jumlah yang disediakan alam sangat terbatas adanya, jika akan memperbaharui dibutuhkan waktu yang sangat lama, oleh sebab itu manusia harus menjaga kelestariannya, misalnya : minyak bumi, bahan tambang, panas bumi, gas, udara bersih, dll.
  • Faktor produksi alam yang tidak dapat diperbaharui. Faktor produksi alam yang dapat diganti atau diperbaiki, misalnya perkebunan, pertanian, perikanan.

b. Tenaga Kerja

Faktor tenaga kerja berasal dari manusia. Faktor ini dapat berbentuk : tenaga, pikiran, ketrampilan yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan produksi. Jumlah tenaga kerja yang tersedia dipengaruhi oleh jumlah angkatan kerja, sedangkan mutu tenaga kerja dipengaruhi oleh pendidikan, latihan dan pengalaman. Macam-macam tenaga kerja terdiri dari:

  • Tenaga kerja Terdidik. Tenaga kerja yang keberadaannya karena adanya lembaga pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dilakukan oleh lembaga sekolah dan non formal dilakukan di luar sekolah.
  • Tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja yang keberadaannya karena dididik di tempat-tempat pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan kerja secara fisik.
  • Tenaga kerja terdidik dan terlatih. Tenaga kerja yang dididik dan dilatih untuk mampu berpikir kreatif dan bekerja dengan terampil. Tenaga kerja inilah yang dibutuhkan oleh banyak lapangan pekerjaan

c. Modal

Modal adalah setiap benda ekonomi baik barang maupun jasa yang dapat digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. Uang juga termasuk barang modal, karena uang dapat digunakan untuk membeli mesin, kendaraan, tanah untuk membangun pabrik, yang semuanya digunakan untuk kepentingan produktif. Oleh sebab itu, apabila uang digunakan untuk modal maka orang yang mempunyai uang akan mendapatkan tambahan hasil uang yang disebut bunga dan laba. Karena orang tersebut harus berpuasa tidak membelanjakan uangnya tetapi digunakan untuk kegiatan produksi.

d. Keahlian (skill)

Keahlian adalah faktor penting untuk budidaya kegiatan produksi. Keahlian sangat dipengaruhi oleh mutu pendidikan, pelatihan dan pengalaman. Keahlian nilainya sangat tinggi. Apabila orang mempunyai keahlian maka akan dapat meningkatkan produktivitas (kegiatan produksi) dan dapat mengembangkan kegiatan produksi sehingga dapat menghasilkan laba yang tinggi. Jika orang mempunyai keahlian maka gajinya pun juga tinggi.

Kegiatan distribusi

Kegiatan produksi menghubungkan kegiatan produksi dan konsumsi. Kegiatan produksi yang dimaksud adalah pada masalah distribusi bahan baku, sumber daya alam dari berbagai sumber untuk di bawa ke pabrik-pabrik yang akan mengolah dan menjadi produk yang selesai dan didistribusikan kepada pemakai (konsumen). Kegiatan ini termasuk fungsi pemasaran, yaitu menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut distributor.

Sistem distribusi dibagi menjadi 2 (dua), yaitu :

  1. Distribusi langsung. Sistem distribusi yang menyalurkan hasil produksi secara langsung pada konsumen. Misalnya : penjual balon, meniup balon dan menjualnya langsung pada konsumen.
  2. Distribusi tak langsung. Sistem distribusi yang menyalurkan barang melalui perantara, tidak langsung pada konsumen. Misalnya : Perusahaan makanan menggunakan lembaga distribusi untuk menyalurkan barangnya, selanjutnya dijual pada konsumen.

Kegiatan distribusi dapat dilakukan oleh jaringan (lembaga) distribusi yang dilakukan oleh kelompok pedagang, antara lain :

  1. Pedagang besar. Pedagang yang membeli barang dalam jumlah besar untuk dijual kepada pedagang lain
  2. Pedagang eceran. Pedagang yang menjual barang dagangannya langsung kepada konsumen
  3. Pedagang kaki lima. Pengusaha informal yang menjual barangnya atas kemauannya sendiri kepada konsumen

Perantara yang menghubungkan antara produsen dan konsumen, antara lain:

  1. Agen. Badan usaha atau perseorangan yang ditunjuk oleh produsen untuk menyalurkan barang. Keuntungannya berupa potongan harga, yang disebut komisi. Perusahaanlah yang menentukan harga jual.
  2. Makelar. Perantara yang menjual barang atas nama orang lain. Makelar mempertemukan penjual dan pembelinya. Keuntungan yang diterima berbentuk provisi, dari penjual barang.
  3. Komisioner. Komisioner memiliki barang. Harga ditetapkan oleh perusahaan. Keuntungan yang diterima adalah komisi
Loading...

Macam-macam saluran distribusi :

  • Produsen —————————————————- konsumen
  • Produsen ———————————— pengecer — konsumen
  • Produsen ————–pedagang besar — pengecer — konsumen
  • Produsen —agen — pedagang besar — pengecer — konsumen

Semakin panjang saluran distribusi maka harga yang dibayar konsumen semakin mahal. Panjangnya saluran distribusi dipengaruhi oleh :

  1. Sifat barangnya. Semakin tahan lama maka semakin panjang saluran distribusi, semakin tidak tahan lama saluran distribusi semakin pendek.
  2. Luasnya daerah pemasaran. Semakin kecil wilayah pemasaran semakin pendek saluran distribusinya, semakin luas daerah pemasarannya maka semakin panjang saluran distribusinya
  3. Ketersediaan sarana komunikasi dan angkutan. Semakin tersedia sarana komunikasi dan angkutan maka saluran distribusinya semakin panjang, semakin terbatasnya sarana komunikasi dan angkutan maka semakin pendek saluran distribusinya
  4. Biaya pengangkutan. Biaya pengangkutan mahal, maka jaringan distribusinya terbatas dan saluran distribusinya semakin pendek. Demikian juga sebaliknya apabila biaya pengangkutan murah maka jaringannya semakin luas dan saluran distribusinya semakin panjang.

Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi adalah tindakan ekonomi dalam menghabiskan barang atau jasa. Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumen.

Kegiatan konsumsi dapat bermakna positif pada saat untuk pemenuhan kebutuhan, tetapi akan bermakna negatif jika kegiatan ekonomi ini dilakukan secara berlebihan. Tindakan konsumsi yang dilakukan berlebihan akan menyebabkan boros. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Dampak positif Kegiatan konsumsi adalah :

  1. Produsen meningkatkan produktivitasnya karena bertambahnya konsumsi barang dan jasa.
  2. Apabila produksi bertambah maka akan menyebabkan dibutuhkannya tambahan tenaga kerja dan membuka kesempatan kerja, yang akhirnya menurunkan pengangguran.
  3. Jika pengangguran berkurang maka tingkat kemampuan masyarakat untuk membeli juga meningkat.
  4. Sehingga dibutuhkan barang dan jasa yang lebih banyak.
  5. Mendorong pengusaha untuk menciptakan barang atau jasa.

Dampak negatif dalam kegiatan konsumsi adalah :

  1. Hidup boros dan kurang produktif.
  2. Tidak menabung, karena tabungan digunakan untuk investasi, maka jika tabungan rendah maka investasi juga rendah, yang pada gilirannya produktivitas juga rendah.

Nah Sobat, cukup sekian dulu ya bahasan kami tentang tiga macam kegiatan ekonomi rumah tangga konsumen dan produsen. Semoga ada manfaatnya. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam belajar kapan saja di mana saja (maglearning.id).

Loading...

2 comments

Tinggalkan Balasan