cara menyambungkan mic bluetooth ke speaker

Cara Menyambungkan Mic Bluetooth ke Speaker Dengan dan Tanpa Kabel

Sekarang ini banyak orang yang menggunakan mic Bluetooth. Walaupun begitu, ada pengguna yang kurang mengetahui cara menyambungkan mic Bluetooth ke speaker. Padahal, ada banyak cara alternatif yang bisa dilakukan baik dengan menggunakan kabel maupun tanpa kabel.

Banyak orang yang berpikir karena mic memiliki fitur Bluetooth maka mic tidak bisa dipasang dengan kabel. Padahal, cara pemasangan dengan kabel ini bisa menjadi alternatif jika perangkat speaker tidak bisa mendeteksi Bluetooth.

Daripada semakin penasaran, berikut adalah cara menyambungkan mic Bluetooth ke speaker.

Menyambungkan Mic Bluetooth ke Speaker Tanpa Kabel

Bisa menyambungkan mic ke speaker tanpa perlu kabel tambahan merupakan fitur utama dari mic Bluetooth. Karena tidak menggunakan kabel, maka perangkat ini mengandalkan jaringan Bluetooth sepenuhnya.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, tidak hanya mic saja yang perlu memiliki fitur Bluetooth. Speaker yang akan digunakan pun perlu memiliki fitur untuk menerima dan menyambungkan jaringan Bluetooth. Karena itu, tidak semua speaker bisa disambungkan dengan mic jenis ini.

Sebelum menyambungkannya, pastikan bahwa speaker yang digunakan memiliki fitur sambungan dengan Bluetooth.  Berikut adalah cara untuk menyambungkannya:

  • Nyalakan mic Bluetooth sampai cahaya indikator berwarna biru, menandakan fitur Bluetooth sudah aktif.
  • Kemudian, nyalakan speaker yang akan disambungkan, aktifkan mode pencarian Bluetooth pada speaker.
  • Tunggu sampai beberapa saat sampai Bluetooth speaker mendeteksi Bluetooth dari mic. Jika ada beberapa mic Bluetooth pada area jaringan, pilih mic yang memang ingin disambungkan dengan speaker.
  • Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi bahwa speaker sudah tersambung dengan mic Bluetooth.

Tujuan untuk menghidupkan mic Bluetooth terlebih dahulu adalah agar Bluetooth speaker lebih mudah dalam mendeteksi Bluetooth mic. Jika Bluetooth speaker dinyalakan lebih dulu, mungkin speaker akan kesulitan untuk mendeteksi Bluetooth dari microphone.

Menyambungkan Mic Bluetooth dengan Menggunakan Kabel

Cara menyambungkan mic Bluetooth ke speaker bisa dilakukan juga dengan menggunakan kabel. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara ini bisa menjadi alternatif untuk menyambungkan microphone.

Misalnya saja, jika speaker yang digunakan masih teknologi lama jadi tidak memiliki fitur sambungan dengan Bluetooth. Maka, para pengguna bisa menggunakan kabel saja. Cara untuk menyambungkannya sebenarnya sama dengan kebanyakan microphone kabel lainnya.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan. Untuk menyambungkan microphone Bluetooth dengan speaker dengan menggunakan kabel:

  • Siapkan kabel yang sesuai dengan microphone dan speaker, biasanya yang diperlukan adalah kabel bertipe aux.
  • Sambungkan kabel pada microphone terlebih dahulu pastikan kabel sudah tersambung dengan benar.
  • Setelah itu, baru coba untuk sambung kabel aux pada speaker di lubang yang berwarna ungu atau kuning.
  • Jika saat dipasangkan terdengar suara melengking, berarti ada pemasangan yang kurang pas pada microphone maupun speaker.
  • Sesuaikan lagi pemasangan kabel atau mungkin bagian sambungan pada speaker. Atur sampai suara melengking tersebut menghilang.
  • Setelah itu, tes sambungan antara microphone dan speaker dengan berbicara melalui microphone.
  • Jika suara pada microphone bisa disalurkan pada speaker maka sambungan sudah terpasang dengan benar.

Biasanya kabel untuk menyambungkan mic ini sudah sepaket dengan microphone Bluetooth. Namun, jika tidak ada para pengguna juga bisa menggunakan kabel aux eksternal. Hal yang paling penting adalah port pemasangannya sudah sesuai.

Itulah cara menyambungkan mic Bluetooth ke speaker baik dengan kabel maupun tanpa kabel. Ternyata walaupun memiliki fitur Bluetooth, microphone ini bisa dipasang dengan menggunakan kabel. Para pengguna bisa lebih menyesuaikan dengan spesifikasi speaker dan juga ketersediaan alat. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan