Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 “Pengaruh Perubahan Cuaca”

IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 “Pengaruh Perubahan Cuaca”

Loading...

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 dengan kajian tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia.

Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Cuaca berubah-ubah. Terkadang panas, berawan, mendung, atau hujan. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh tiga unsur. Ketiganya adalah matahari, angin, dan air.

Cuaca sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mulai dari ketersediaan sumber daya alam. Ketersediaan alat transportasi. Bahkan, kelancaran aktivitas manusia sehari-hari. Apa saja pengaruh cuaca yang kamu rasakan?

Perubahan Cuaca

Cuaca saat ini memang mudah berubah. Hujan turun sepanjang hari. Saluran air tak mampu menampung air hujan.

Manusia sering membuang sampah sembarangan. Saluran air tersumbat. Lingkungan pun menjadi banjir.

Saat musim kemarau, panas matahari terasa terik. Hujan tak turun hingga waktu yang lama. Kekeringan melanda wilayah suatu daerah.

Cuaca seperti ini dapat memengaruhi kondisi kesehatan manusia. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi tubuh. Caranya dengan makan makanan yang bergizi.

Kita pun harus berolahraga secara teratur. Jangan lupa untuk beristirahat dengan cukup.

Pengaruh Kondisi Cuaca terhadap Kegiatan Manusia

Cuaca sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Perbedaan cuaca dapat menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia yang tinggal di daerah pegunungan, daerah pantai, dan daerah dataran rendah.

Untuk mengetahui perbedaan tersebut, perhatikan uraian Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 berikut!

1. Kehidupan di Daerah Pegunungan

Penduduk yang hidup di daerah pegunungan biasanya membuat rumah-rumah yang beratap rendah. Mata pencaharian mereka adalah bertani, beternak, dan berkebun.

Pakaian yang dikenakan biasanya tebal-tebal. Pakaian ini berguna untuk melindungi tubuh mereka dari cuaca dingin.

2. Kehidupan di Daerah Pantai

Penduduk yang tinggal di daerah pantai biasanya membuat rumah-rumah yang beratap tinggi. Agar udara di dalam rumah tidak terlalu panas.

Mata pencaharian mereka berhubungan dengan laut, seperti menangkap ikan, membuat tambak, petani garam, dan industri pengolahan ikan laut. Pakaian yang dikenakan penduduk pantai biasanya tipis karena cuaca di daerah pantai umumnya sangat panas.

3. Kehidupan di Daerah Dataran Rendah

Di daerah dataran rendah kadang-kadang dijumpai sungai yang berkelok-kelok. Mata pencaharian penduduknya, antara lain bertani, beternak, dan berkebun. Sementara itu, di kawasan perkotaan banyak kita jumpai industri-industri maju.

Penduduk yang hidup di dataran rendah lebih senang mengenakan pakaian yang tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. Keadaan ini disebabkan cuaca di daerah dataran rendah umumnya tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin.

Termasuk di daerah manakah tempat tinggalmu? Samakah keadaannya dengan uraian di atas?

Catatan !

  1. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu.
  2. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.
  3. Iklim merupakan suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas.
  4. Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.

Video Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 “Pengaruh Perubahan Cuaca”

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi ini. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Pengaruh Perubahan Cuaca

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

Demikianlah modul BDR online materi IPA Kelas 3 Tema 5 Subtema 3 dengan kajian tentang Pengaruh Perubahan Cuaca Terhadap Kehidupan Manusia ini kami sajikan untuk belajar menyenangkan, kapan pun dan dimana pun. Semoga bermanfaat, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan