Penawaran (Materi IPS Kelas 7)

Penawaran (Materi IPS Kelas 7 SMP)

Penawaran (Materi IPS Kelas 7 SMP) – Untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan barang dan jasa masyarakat diperlukan kesediaan produsen dalam memproduksi berbagai barang pada tingkat harga, yang disebut sebagai penawaran. Penawaran ini biasanya dilakukan oleh pedagang atau produsen sebagai penghasil barang.

Produsen berusaha memproduksi berbagai jenis barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Semua barang dan jasa yang dihasilkan tersebut untuk kemudian ditawarkan kepada konsumen.

Tinggi rendahnya jumlah barang yang ditawarkan tergantung dari harga barang, dan faktor-faktor lain yang terkait (misalnya harga bahan baku). Apabila harga barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung bertambah, dan sebaliknya apabila harga barang turun maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung berkurang.

Dengan demikian kita menyimpulkan bahwa, penawaran ialah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Definisi dalam hal ini penawaran hanyalah mencerminkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dan tingkat harga atau dalam istilah sebenarnya adalah kuantitas barang yang ditawarkan.

 

Faktor faktor Selain Harga yang Mempengaruhi Penawaran

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan penawaran, antara lain sebagai berikut.

  1. Biaya Produksi

Untuk menghasilkan suatu barang diperlukan biaya produksi. Tinggi rendahnya biaya produksi yang dikeluarkan akan menentukan pula harga barang. Bila biaya produksi tinggi maka produsen akan mengurangi jumlah produksi barang dan akibatnya penawaran berkurang. Sebaliknya jika biaya produksi murah maka akan semakin banyak barang hasil produksi dan penawaran akan bertambah.

  1. Teknologi

Teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang akan mempengaruhi jumlah dan kualitas barang hasil produksi. Semakin tinggi teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang maka kualitas dan jumlah barang hasil produksi bertambah dan ini berpengaruh pada naiknya jumlah penawaran.

  1. Harapan Akan Mendapatkan Laba

Dengan harapan memperoleh keuntungan atau laba yang banyak maka produsen berlomba untuk meningkatkan produksinya, serta memperluas dan mengambangkan usahanya guna memperoleh keuntungan yang besar.

  1. Faktor-faktor Nonekonomi

Faktor nonekonomi seperti, bencana alam, larangan impor, dan kebijakan pemerintah, akan sangat berpengaruh pada penawaran.

Kurva Penawaran (Materi IPS Kelas 7)

Bagaimana hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan? Hubungan antara harga dengan penawaran dapat dilihat dari bunyi hukum penawaran “Jika harga barang ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan bertambah dan sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun berkurang.”

Antara harga dengan penawaran terdapat suatu hubungan lurus dimana harga berbanding lurus dengan penawaran. Atau dengan kata lain antara harga barang dan kuantitas barang yang ditawarkan berhubungan positif. Hubungan ini Untuk lebih jelasnya coba lihat tabel berikut :

Tabel harga dan jumlah penawaran per butir telor

No Harga per butir Jumlah yang ditawarkan
1 Rp 4000,00 100 butir
2 Rp 5500,00 125 butir
3 Rp 6000,00 150 butir
4 Rp 7500,00 175 butir
5 Rp 9000,00 200 butir

 

Dari tabel tersebut dapat dibuat suatu grafik yang disebut dengan kurva penawaran. Pengertian kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.

Gambar Kurva penawaran

Gambar Kurva penawaran

Video Pembelajaran Materi Penawaran

Berikut ini adalah link video penjelasan materi Penawaran pada pembelajaran IPS kelas 7 SMP. Silakan simak baik-baik untuk melengkapi aktivitas pembelajaran kalian.

https://www.youtube.com/watch?v=pZqY_YZnysw

 

Latihan Soal Subbab Penawaran (Materi IPS Kelas 7)

Setelah belajar, jangan lupa untuk melakukan latihan agar semakin kuat retensi materi pembelajaran dalam memori jangka pendek sekaligus panjang otak kita.

https://quizizz.com/join/quiz/5e82221616ddaf001bda6e28/start

 

Demikianlah modul belajar online materi IPS untuk siswa SMP kelas 7 ini kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali dengan maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan