Pergeseran Kurva Penawaran

Pergeseran Kurva Penawaran Dan Yang Mempengaruhinya

Pada artikel ini kita akan mempelajari macam-macam pergeseran kurva penawaran. Secara umum ada dua macam pergeseran kurva penawaran ini, yaitu: a long supply curve dan  shift of supply curve. Pergeseran ini dipengaruhi oleh beberapa determinan.

A Long Supply Curve

Telah diuraikan di artikel kemarin bahwa faktor harga (barang itu sendiri) akan mempengaruhi kuantitas barang yang ditawarkan oleh produsen. Faktor perubahan harga tersebut akan menyebabkan pergeseran titik pertemuan antara harga dan jumlah barang yang diminta sepanjang kurva. Pergeseran ini disebut a long supply curve seperti ditunjukkan oleh kurva di bawah ini.

Pergeseran Kurva Penawaran A Long supply curve
A Long supply curve

Kurva di atas menunjukkan bahwa terjadi pergerakan titik A menjadi A’ yakni jumlah yang dimintah berubah dari Q1 menjadi Q2. Pergerakan tersebut diakibatkan oleh perubahan harga barang itu sendiri dari P1 menjadi P2. Perubahan jumlah barang yang ditawarkan karena faktor harga barang itu sendiri disebut dengan a long supply curve.  Pergeseran ini hanya bergerak sepanjang kurva.

Shift Of Supply Curve

Jumlah barang yang ditawarkan juga dapat berubah selain karena perubahan harga. Ada beberapa faktor yang dapat membuat kurva penawaran bergeser, diantaranya adalah:

  1. teknologi
  2. harga faktor produksi.
  3. perkiraan harga faktor produksi yang akan datang
  4. perkiraan harga barang yang akan datang
  5. jumlah penjual dipasar
  6. kebijakan pemerintah dan stabilisasi

Keenam faktor di atas akan menyebabkan pergeseran kurva penawaran ke kiri atau ke kanan dan disebut shift of supply curve seperti kurva berikut ini.

Pergeseran Kurva Penawaran Shift of supply curve
Shift of supply curve
Loading...

Kurva di atas menunjukkan pergeseran titik A menjadi A’ atau titik B menjadi B’, misalnya- karena faktor jumlah produsen di pasar. Penawaran pasar adalah totalitas dari pernawaran individu-individu yang ada di pasar. Untuk itu, bertambahnya jumlah produsen/penjual di pasar akan dapat mengakibatkan kurva penawaran pasar bergeser ke kanan dan menjadi S’S’. Bergesernya titik A menjadi A’ atau titik B menjadi B’ karena faktor jumlah produsen di pasar (selain harga barang itu sendiri) disebut shift of demand curve.

Pergeseran ke kiri atau ke kanan

Penjelasan bagaimana keenam faktor tersebut dalam menggeser kurva permintaan ke kiri aatau ke kanan adalah sebagai berikut:

  • Teknologi. Semakin canggih teknologi produksi yang digunakan akan semakin banyak jumlah barang yang dapat dihasilkan sehingga kurva penawaran akan bergerak ke kanan.
  • Harga faktor produksi. Harga faktor-faktor produksi juga mempengaruhi penawaran. Jika harga faktor-foaktor produksi di pasar naik maka jumlah barang yang diproduksi semakin sedikit dan kurva penawaran akan bergeser ke kiri. Sebaliknya, jika harga faktor produksi turun maka jumlah barang yang dapat diproduksi akan naik dan kurva penawaran akan bergeser ke kanan.
  • Perkiraan harga faktor produksi yang akan datang. Jika diramalkan harga faktor produksi akan naik maka produsen cenderung akan menambah permintaan faktor produksinya saat ini. Sehingga, jumlah barang yang diproduksi saat ini meningkat dan kurva penawaran bergeser ke kanan. Sebaliknya, jika harga faktor produksi diramalkan akan turun, maka produsen akan cenderung mengurangi permintaan faktor produksinya saat ini dan menunggu harga faktor produksi benar-benar turun. Akibatnya, jumlah barang yang diproduksi saat ini akan turun dan kurva penawarannya akan bergeser ke kiri.
  • Perkiraan harga barang yang akan datang.  Jika diramalkan harga barang yang akan datang akan turun maka produsen akan cenderung menambah penawarannya saat sekarang daripada dia harus mengalami penurunan harga di masa yang akan datang sehingga kurva penawaran saat ini menjadi bergeser ke kanan. Sebaliknya, jika harga barang yang akan datang diperkirakan akan naik, maka produsen cenderung menahan dan mengurangi penawarannya saat ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dengan adanya kenaikan harga. Hal ini mengakibatkan kurva penawaran bergeser ke kanan.
  • Jumlah penjual di pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan dari penawaran individu-individu yang ada di pasar. Jika di pasar terdapat produsen baru yang masuk (jumlah produsen di pasar bertambah), maka kurva penawaran akan bergeser ke kanan dan sebaliknya jika banyak produsen yang keluar dari pasar, maka akan mengurangi penawaran dan kurvanya bergeser ke kiri.
  • Kebijakan pemerintah dan stabilisasi. Untuk stabilisasi harga di pasar, pemerintah biasanya ikut campur dalam mekanisme pembentukan harga. Misalnya, pemerintah menetapkan harga beras terendah yang dibeli dari petani dan harga beras tertinggi yang dijual pada konsumen.

Media Pembelajaran Interaktif

Untuk mempelajari ekonomi mikro secara cepat dan ringkas Anda juga bisa menggunakan media pembelajaran interaktif yang sudah saya kembangkan untuk Anda semua. Media ini saya sediakan dalam dua versi, yatu versi web dan versi Android. Untuk versi web hanya bisa digunakan secara online, sedangkan versi Android bisa digunakan secara offline jadi silakan install aplikasi ini terlebih dahulu di gawai Anda.

Loading...

EkoMik Versi Web:

EkoMik Versi Web

EkoMik Versi Android:

EkoMik Versi Android

Tinggalkan Balasan