Perkembangan Kehamilan Pada Manusia

Perkembangan Kehamilan Pada Manusia

Perkembangan kehamilan pada manusia – Manusia tercipta karena adanya proses reproduksi dari laki-laki dan perempuan. Awal mula terbentuknya manusia adalah pada saat terjadi pembuahan pada sel ovum atau sel telur yang dilakukan oleh sel sperma.

Setelah sel telur berhasil untuk dibuahi oleh sel sperma, kemudian akan melakukan pembelahan yang disebut dengan zigot. Lalu zigot akan terus melakukan pembelahan hingga disebut dengan embrio.

Pertanyaannya adalah bagaimanakah perkembangan kehamilan yang terjadi pada manusia itu? pada kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang perkembangan kehamilan pada manusia, untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas. Langsung saja yuk kita bahas bersama sama.

Tahap Perkembangan Kehamilan Pada Manusia

Perkembangan kehamilan pada manusia itu diawali dari adanya pembuahan pada sel telur hingga pada saat proses menjelang kelahiran. Tahap tahap perkembangan kehamilan tersebut pada tiap bulan adalah sebagai berikut :

  • Pada bulan pertama, terjadi pembuahan pada sel telur. Sehingga sel akan terbentuk bulat seperti bola dan menempel di dinding rahim. Sel itu berkembang menyerupai udang yang sangat kecil seperti beras. Pada bulan ini susunan saraf pusat dan juga jantung akan tumbuh
  • Pada bulan ke dua, akan terbentuk organ-organ tubuh manusia seperti, kaki, tangan, struktur mata, telinga, mulut, otak serta organ penting yang lainnya seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan lain-lain
  • Pada bulan ke tiga, panjang dari embrio kira kira 5 cm dan beratnya kira-kira 14 gram. Pada bulan ini, wajah janin mulai terbentuk, seperti hidung dan juga dagu sudah bisa terlihat jelas, mata sudah bisa dibuka dan ditutup, bibir janin sudah mulai bisa digunakan untuk menghisap, kaki dan juga tangan sudah mulai membesar dan sudah terbentuk kuku dan juga jari-jari, serta alat kelamin sudah mulai nampak.
  • Pada bulan ke empat, janin sudah berkembang sangat cepat, organ bagian dalam sudah terbentuk dan sudah mulai berfungsi. .
  • Pada bulan ke lima, perkembangan janin semakin pesat. Panjang janin mulai bertambah kira kira sampai 13 cm. sudah dapat memproduksi selaput putih yang berfungsi untuk melapisi tubuhnya serta melindungi kulitnya. Rambut, alis bulu mata sudah mulai tumbuh, panca indra sudah mulai berkembang.
  • Pada bulan ke enam, Sistem pencernaan dan juga sistem kekebalan tubuh janin semakin tumbuh dengan matang. Janin mulai bisa mengontrol gerak pada tubuhnya dan seorang ibu yang tengah mengandung juga sudah bisa untuk merasakan gerak yang dilakukan oleh janin tersebut terlebih jika anda sedang beristirahat, maka anda akan sangat bisa merasakan gerakan tersebut.
  • Pada bulan ke tujuh, Otak sudah berkembang dengan cepat, panjang dan juga berat janin semakin bertambah. Posisi janin sudah mulai berubah, yaitu posisi kepala janin berada di bagian bawah, dan organ organ pun mulai tubuh secara sempurna.
  • Pada bulan ke delapan, Kepala janin berada pada bagian bawah, menempatkan diri seperti posisi saat akan lahir.
  • Pada bulan ke Sembilan organ bayi sudah lengkap terbentuk, dan posisi bayi sudah sempurna. Bulan ini tinggal menunggu waktu kapan bayi akan terlahir.

Perkembangan Kehamilan Pada Manusia Per Tri Semester

Perkembangan manusia itu ada dua tahap yaitu tahap kehamilan dan setelah kehamilan atau setelah bayi lahir. Tahap kehamilan itu melalui tiga buah tahapan yaitu tahap tri semester pertama, tri semester ke dua, dan tri semester ke tiga. Adapun tahap setelah melahirkan itu meliputi, tahap balita, anak anak, remaja, dewasa, tua, dan lansia.

Tri Semester Pertama

Pada saat embrio berumur 5 minggu (35 hari) ukuran embrio ±7 mm. Embrio telah memiliki bakal tulang belakang. Otak dan sumsum tulang belakang mulai terbentuk. Setelah embrio berumur 9 minggu (63 hari), embrio sudah memiliki struktur yang lengkap dan dapat disebut sebagai janin yang berukuran ±5,5 cm.

Janin terlekat pada tali pusar yang terhubung dengan plasenta dan terlindungi oleh kantung amnion (kantung ketuban). Otot, tulang belakang, tulang rusuk, lengan, dan jari sudah mulai terbentuk. Janin sudah dapat menggerakkan lengan dan kaki serta memutar kepala.

Pada akhir tri semester pertama janin terlihat seperti miniatur manusia, jenis kelamin biasanya sudah tampak, dan detak jantung dapat dideteksi.

Tri Semester Kedua

Janin berumur 14 minggu (98 hari). Pada umur tersebut ukuran janin ±6 cm. Pada tri semester kedua plasenta banyak menghasilkan progesteron untuk menjaga proses kehamilan. Pada saat janin berumur 20 minggu (140 hari) ukuran janin ± 19 cm dengan berat badan janin sebesar 0,5 kg.

Janin telah terlihat seperti bayi, jari tangan dan jari kaki sudah terbentuk. Pada bagian ujung jari sudah tumbuh kuku. Janin telah memiliki alis dan bulu mata. Permukaan kulit ditumbuhi oleh rambut. Janin mulai bergerak aktif. Pada akhir tri semester kedua ini, mata janin sudah membuka dan mulai terbentuk gigi.

Tri Semester Ketiga

Sistem sirkulasi dan respirasi mengalami perubahan yang memungkinkan untuk bernapas dalam lingkungan luar. Janin mengembangkan kemampuan untuk mengatur suhu tubuh sendiri.

Tulang mulai mengeras. Otot mulai menebal. Pada saat lahir ukuran bayi sekitar 50 cm dengan berat badan sekitar 2 – 3 kg.

 

Demikianlah ringkasan yang bisa kami sampaikan mengenai perkembangan kehamilan pada manusia baik perkembangan pada tiap bulan maupun per tri semester atau trimester. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan