Memanen Ratusan Metadata Referensi Menggunakan Publish or Perish

Bila Anda telah membaca tulisan saya tentang menambah data referensi baik secara online maupun secara offline yang ada di Link Ini dan Link Ini, maka Anda hanya menemukan cara menambah data tersebut satu per satu. Walaupun cara tersebut sangat mudah namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Kecuali bila Anda punya file library yang siap dimasukkan ke akun mendeley Anda. Bila tidak punya jangan khawatir, banyak sekali solusi lain salah satunya adalah menggunakan bantuan software yang bernama Publish or Perish.

Kita bisa mengimpor ratusan bahkan ribuan metadata referensi ke dalam Mendeley menggunakan software ini hanya dalam beberapa menit saja. Prinsip kerjanya adalah kita mengumpulkan metadata referensi di Publish or Perish kemudian hasilnya disimpan menggunakan format RIS (Research Informations Systems) setelah itu baru kita tambahkan di Mendeley. Metode ini biasa disebut dengan istilah Apps Smashing.

Sebenarnya apa sih Publish or Perish itu?. Publish or Perish adalah program perangkat lunak yang mengambil dan menganalisis sitasi akademik menggunakan berbagai sumber data. Saat ini Publish or Perish bisa menjangkau metadata dari termasuk Google Scholar, Microsoft Academic, Scopus, dan Web of Science. Data sitasi mentah ini kemudian dianalisis dan dibuat metrik.

Pengembangan Publish or Perish dilakukan sejak tahun 2006 oleh seorang profesor bidang manajemen di Universitas Middlesex bernama Anne-Wil Harzing. Software ini dijanjikan akan tersedia gratis selamanya untuk siapapun. Tentunya dukungan finansial dari pengembangan produk ini masih diharapkan agar berkembang lebih baik lagi. Untuk informasi detail silakan kunjungi https://harzing.com/.

CARA DOWNLOAD DAN INSTALL PUBLISH OR PERISH

Perangkat lunak Publish or Perish tersedia untuk aplikasi Microsoft Windows dan Apple macOS; versi Windows juga dapat diinstal dan digunakan pada komputer GNU / Linux dengan bantuan emulator yang sesuai seperti CrossOver Linux atau Wine. Berikut ini adalah link download dan petunjuk instalasinya.

Publish or Perish untuk Microsoft Windows

Download dan petunjuk instalasi

Download software saja : PoP Installer Publish or Perish installer for Windows (1.5 MB)

Version: 7.22.2840 (26 June 2020)

Publish or Perish on macOS

Download dan petunjuk instalasi

Download software saja : PoP Installer Publish or Perish installer for macOS (1.5 MB)

Version: 7.22.2840 (26 June 2020)

Setelah berhasil download silakan install menggunakan master installer tersebut. Saya tidak bahas caranya di sini karena sangat mudah tinggal klik dua kali file installer tersebut kemudian ikuti tahapannya yang sangat simpel.

CARA PENGGUNAAN

Cara penggunaan software ini sangat mudah dan intuitif. Setelah berhasil menginstal silakan buka software tersebut. Tampilannya seperti berikut ini.

Loading...

Kali ini saya akan mencontohkan memanen referensi dengan kata kunci “entrepreneurship education” di database Google Scholar. Untuk memulainya klik tombol Google Scholar*.

Tampilannya akan berubah menjadi seperti ini.

Silakan masukkan kata kunci “entrepreneurship education” di entry “Keywords:”.

Pada contoh di atas saya mengatur hasil maksimal yang dipanen adalah 200 metadata (untuk google scholar bisa sampai 1000). Tahun publikasi saya atur mulai dari 2015 sampai tahun 2020. Setelah pengaturan dianggap cukup silakan klik tombol “Search”.

Komputer saya hanya butuh waktu tidak sampai satu menit untuk memanen matadata referensi tersebut. Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini. Ada 200 publikasi yang siap disimpan lengkap dengan total sitasi, jumlah sitasi pertahun, serta h-indekss dan g-indeks.

Untuk menyimpan hasilnya silakan klik tombol save atau klik kanan pada hasil lalu pilih “Save Results”.

Pilih format file yang diinginkan. Kali ini saya memilih format RSI atau *.ris.

Beri nama file kemudian simpan.

Loading...

Ingat lokasi penyimpanan filenya agar mudah diimpor di Mendeley.

IMPOR HASIL DI MENDELEY

Setelah file tersimpan maka waktunya memasukkan hasil panen metadata referensi ini ke Mendeley kita. Pertama buatlah folder baru agar referensi baru tidak tercampur dengan referensi yang sudah ada dan memudahkan pengaturannya. Buatlah menggunakan tombol tambah “Folders” di navigasi atas atau pilih “Create Folder…” seperti di gambar berikut.

Saya membuat folder baru dengan nama “Entrepreneurship Education”, terlihat bahwa folder ini masih kosong.

Kita akan mengimpor metadata referensi tadi dengan memilih File > Import > RIS, kemudian pilih fali yang telah kita sipan tadi.

Ketika sudah berhasil di impor maka tampilannya seperti berikut ini.

Nah, sangat mudah bukan?. Ratusan bahkan ribuan referensi dapat kita masukkan ke akun Mendeley kita hanya dengan beberapa menit saja. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

2 comments

Tinggalkan Balasan