Kisah Teladan Luqman

PAI Kelas 5 Pelajaran 10: Kisah Teladan Luqman

Kisah teladan Luqman adalah kisah Ayah Salih yang ada dalam al-Qur’an. Banyak sekali teladan amal salih, keikhlasan, dan keimanan yang bisa kita ambil dari beliau.

Siapakah Luqman?

Luqman adalah hamba Allah Swt. yang Salih. Ia tidak menerima kenabian, tetapi menjadi seorang ayah pilihan Allah Swt.

Beliau berkebangsaan Habsyi berasal dari Kota Sudan. Pekerjaannya sebagai tukang kayu, beliau memiliki kekuatan dan mendapat hikmah dari Allah Swt., sehingga nasihat yang disampaikan kepada anaknya diabadikan dalam al-Qur’an.

Luqman adalah anak dari Bau’ra bin Nahur bin Tareh, dan Tareh bin Nahur merupakan nama dari Azar ayah nabi Ibrahim a.s. Luqman hidup selama 1.000 tahun.

Beliau menjadi guru Nabi Daud a.s. sebelum diangkat menjadi nabi. Pekerjaan Luqman pada awalnya adalah tukang kayu, tukang jahit, dan juga menggembala domba. Ia kemudian diangkat menjadi qadhi (hakim).

Luqman Banyak Bersyukur

Loading...

Kisah Teladan Luqman yang dapat diambil dari Q.S. Luqman ayat 12 ialah:

  1. Luqman adalah hamba Allah Swt. yang telah dianugerahi hikmah-Nya, yaitu selalu bersyukur. Luqmān selalu bersyukur atas nikmat yang ia peroleh.
  2. Allah Swt. berfirman bahwa “barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah Swt.), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri”. Syukur adalah berterima kasih kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang diberikan-Nya.
  3. Allah Swt. telah menganugerahi Luqman ketaatan beribadah kepada Allah Swt., memiliki perasaan halus, akal pikiran, dan pengetahuan luas.

Nasihat Luqman kepada Anaknya

Jangan Musyrik atau Menyekutukan Allah Swt.

Mempersekutukan Allah Swt. artinya menyerupakan sesuatu dengan Allah Swt. Misalnya menjadikan matahari sebagai Tuhan lalu disembah. Membuat batu atau patung sebagai Tuhan lalu disembah.

Wahai anakku, janganlah menyamakan Allah Swt. dengan sesuatu apa pun, dan tidak akan pernah sama, karena sehebat apapun manusia, matahari, apalagi patung, tidak akan bisa menyamai Allah Swt. sebagai pencipta alam semesta dan sebagai sumber nikmat dan karunia.

Barangsiapa ingkar kepada pemberi nikmat dan karunia (Allah Swt.) maka orang tersebut telah berbuat kezaliman yang besar. Zalim ialah kejam, bengis, aniaya, dan tidak menaruh kasing sayang.

Jangan Angkuh dan Sombong

  • Dirikanlah salat wajib maupun salat sunah. Salat adalah tiang agama Islam. Barangsiapa yang menegakkan salat berarti menegakkan agama, dan barangsiapa yang tidak menegakkan salat berarti ia telah meruntuhkan agama.
  • Kerjakanlah sesuatu yang baik. Misalnya: Rajin Beribadah dan Berdoa; Hormat dan Patuh kepada Kedua Orang Tua; Hormat dan Patuh kepada Bapak dan Ibu Guru; Rajin Mengaji dan Belajar.

Sebenarnya masih banyak lagi kisah teladan Luqman yang lain. Mari kita belajar lebih banyak lagi.

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 10, Kisah Teladan Luqman

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Kisah Teladan Luqman

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 10

Untuk latihan soal PAI kelas 5 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 5

Latihan Soal PAI Kelas 5 Versi Android

akbarhana education
Loading...

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 5

Soal latihan omkikikmedia

Buku Digital PAI Kelas 5

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 5

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

NB:

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Jangan lupa belajar menyenangkan dimana saja dan kapan saja. Terimakasih….

Tinggalkan Balasan