Tips Berlibur Dimasa Pendemi

Tips Berlibur Di Masa Pandemi

Liburan memang sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, berlibur di masa pandemi ini membuat kita harus pandai-pandai mengatur strategi liburan dengan tepat. Ikuti tips berlibur di masa pandemi berikut ini.

Walaupun pandemi Covid-19 belum juga berakhir, hasrat untuk berlibur ke tempat wisata out door sudah tidak bisa dibendung lagi. Sebagian besar dari kita tentu sudah bosan mengurung diri dalam komunitas yang terbatas. Belum lagi beban pekerjaan yang makin menumpuk, ditambah lagi peran tambahan sebagai guru di rumah bagi orang tua yang mempunyai anak usia sekolah.

Pilihan berlibur di luar rumah adalah momen untuk menyegarkan kembali jiwa dan persaan kita yang sudah penat. Lagian saat ini sudah banyak destinasi wisata yang dibuka. Tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Loading...

Pergi ke luar rumah untuk berwisata di masa ini harus dilakukan dengan cerdas. Baik karena masa pandemi, juga karena perekonomian kita secara umum belum sepenuhnya pulih. Berikut ini ada beberapa tips berlibur di masa pandemi yang mungkin bermanfaat agar liburan Anda tetap sehat dan hemat

Patuhi protokol kesehatan

Kebiasaan baru juga harus diterapkan saat liburan. Pastikan Anda dan rombongan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, baik selama perjalanan maupun di tempat wisata. Selalu jaga jarak aman dan usahakan sesering mungkin untuk membersihkan diri setelah kontak dengan hal-hal yang beresiko.

Misalnya, ketika mampir di mini market atau toilet umum. Bersihkan tangan Anda dengan alat cuci tangan yang disediakan.

Gunakan masker dan face shield yang aman namun tetap nyaman digunakan. Patuhi protokol kesehatan ini dengan perasaan sukarela dan dibuat senyaman mungkin. Tidak perlu takut secara berlebihan.

Bawa hand sanitizer dan masker yang cukup

Bila fasilitas cuci diri masih terbatas, atau Anda ragu untuk menggunakannya, Anda bisa membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer. Maka dari itu siapkan hand sanitizer semenjak dari rumah. Jangan lupa juga untuk membawa masker yang cukup.

Saya merekomendasikan untuk membawa masker sekali pakai saja, bila persediaan masker yang bisa digunakan ulang terbatas. Perlu diingat bahwa untuk membersihkan masker yang bisa digunakan ulang membutuhkan waktu dan tempat. Bila menggunakan masker sekali pakai, maka akan lebih praktis dan higienis.

Jangan gunakan angkutan umum

Resiko berlibur menggunakan transportasi umum jelas lebih tinggi dari kendaraan pribadi, karena kita tidak bisa mengontrol siapa saja yang menggunakan transportasi itu. Kita juga tidak bisa mengontrol perilaku kebiasaan baru penumpang lain.

Pilihannnya adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Bila tidak ada kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil. Mumpung saat ini sedang ada EPIC sale dari Traveloka Anda bisa mendapatkan diskon besar sehingga biaya bisa ditekan, bahkan lebih murah dibanding menggunakan mobil sendiri.

Atur waktu perjalanan dengan cerdas

Loading...

Kemacetan adalah salah satu hal yang bisa membuyarkan rencana wisata yang menyenangkan. Acapkali kemacetan terjadi pada liburan panjang seperti cuti bersama, hari raya, tahun baru dan lainnya.

Memilih waktu yang tepat dapat menghindarkan Anda dari kemacetan. Anda bisa memilih untuk berangkat satu hari lebih awal atau memilih jam berangkat yang sesuai. Bila destinasi wisata cukup dekat, Anda bisa memulai perjalanan lebih pagi sambil berkuliner di dekat daerah wisata sambil menunggu jam operasional lokasi wisata dibuka.

Fokus pada satu destinasi wisata saja

Tips berlibur dimasa pandemi selanjutnya adalah sebaiknya Anda fokus pada satu destinasi wisata saja. Eksplorasi destinasi wisata pilihan Anda semaksimal mungkin. Misalnya, bila selama ini Anda bisa menikmati wisata itu sepanjang hari dan menikmati seluruh wahana yang ada.

Atau bila khawatir cepat bosan pilihlah beberapa destinasi wisata yang berdekatan. Maksimalkan waktu liburan Anda di kawasan itu saja. Jangan takut untuk menginap lebih lama di penginapan sekitar wisata. Manfaatkan program travel fair agar Anda bisa mendapatkan penginapan yang murah dan berkualitas.

Hindari jam atau hari ramai

Berlibur menjadi kurang nikmat bila destinasi wisata terlalu ramai pengunjung. Apalagi resiko kesehatan yang semakin tinggi di kawasan wisata yang terlalu ramai.

Memilih waktu yang tepat adalah keputusan bijak. Misalnya menghindari weekend atau libur bersama adalah pilihan umum.

Bila Anda menginap lebih awal di kawasan destinasi wisata Anda lebih leluasa menentukan untuk memilih jam yang agak longgar. Misalnya jum’at pagi dimana biasanya wisatawan lokal tidak banyak yang memilih waktu ini.

Nah, demikianlah beberapa tips berlibur di masa pandemi yang bisa dipertimbangkan. Semoga liburan Anda menyenangkan dan tetap sehat selalu.

Tinggalkan Balasan