Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun

PAI Kelas 6 Pelajaran 6: Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun

Saling membantu dalam hal kebaikan adalah salah satu ajaran mulia Agama Islam. Hidup saling membantu dan rukun sungguhlah indah. Pada pembelajaran PAI/BP pelajaran 6 ini kita akan belajar tentang Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun.

Kerjasama saling membantu di sekolah bisa dilakukan dalam menjaga kebersihan kelas. Bergotong royong membersihkan kelas dan lingkungan sekolah juga contoh saling membantu dalam hal kebaikan. Lingkungan sekolah jadi indah dan sehat.

Sebagai anak, kita juga harus dengan ikhlas membantu pekerjaan di rumah, seperti membantu menjamur pakaian, membantu mencuci piring, menyapu halaman dan banyak lainnya. Saling membantu di rumah akan membuat kehidupan kita menjadi lebih indah.

Membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13

Membaca al-Qur’an hendaknya dimulai dengan isti’azah (a’uzubillahi minasysyaitanirrajim) dan basmalah (bismillahirrahmanirrahim). Kemudian, cermati dan ikutilah langkah-langkah cara belajar berikut ini.

  1. Membaca kalimat bahasa dari arah sebelah kanan ke kiri. Membaca ayat-ayat al-Qur’an harus dengan lafal dan makhraj yang benar.
  2. Cermati cara pengucapan bapak atau ibu guru dalam melafalkan ayat-ayat al-Qur’an.
  3. Membaca ayat-ayat al-Qur’an harus dengan tartil.
  4. Bacalah berulang-ulang secara individu dan disimak oleh teman atau saudara sampai lancar.

Kandungan Surat al-Maidah ayat 2

Al-Qur’an Surat al-Maidah ayat 2 ini berisi tentang ajakan tolong-menolong dalam kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Loading...

Kita diharuskan saling menolong kepada sesama kita dalam perbuatan baik dan ketaqwaan, sebaliknya hindari saling menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Misalnya, ada teman kita yang mengajak membolos, hendaknya dihindari atau ditolak karena membolos perbuatan tidak baik. Tetapi, jika ada teman kita yang mengajak ke masjid untuk mendengarkan ceramah agama atau şalat berjamaah, kita harus mendukungnya.

Kandungan Surat al-Maidah ayat 3

Dalam Q.S. Surat al-Maidah ayat 3 ini Allah Swt. mengingatkan umat-Nya agar tidak takut kepada orang-orang kafir, tetapi takutlah hanya kepada Allah Swt.

Segala perintah Allah Swt. harus kita laksanakan, dan segala larangan Allah Swt. harus kita hindari. Jadi, ajaran Islam yang disampaikan Nabi Muhammad saw. harus kita yakini dan amalkan. Karena Allah Swt. telah menyempurnakan sekaligus rida.

Kandungan Surat al-Hujurat ayat 12

Dalam Al-Qur’an al-Hujurat ayat 12 ini dinayatkan bahawa jika kita beriman kepada Allah Swt., janganlah berprasangka (buruk) terhadap orang lain karena berprasangka itu dosa besar. Di samping itu, kita tidak boleh mencari-cari kesalahan orang lain atau bergunjing karena orang yang suka bergunjing diibaratkan seperti orang yang memakan daging saudaranya.

Allah Swt. menyamakan orang yang suka bergunjing seperti orang yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati. Jika kita telah berbuat salah dan dosa karena telah melanggar larangan Allah Swt., segeralah bertobat dan bertakwa kepada Allah Swt, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat, lagi Maha Penyayang.

Kandungan Surat al-Hujurat ayat 13

Allah Swt. menyatakan bahwa orang yang paling mulia di sisi Allah Swt. adalah orang yang taqwa. Oleh sebab itu, tidak ada artinya kita menyombongkan diri tanpa beribadah kepada Allah Swt.

Pada Q.S. al-Hujurat ayat 13, Allah Swt. menciptakan manusia terdiri atas laki-laki dan perempuan. Manusia itu suka berkumpul dan berkelompok, sehingga mereka membentuk suatu suku atau bangsa.

Marilah kita saling mengenal sesama teman, kita akan terhindar salah paham atau prasangka negatif atau saling bergunjing yang tidak benar. Dengan demikian, tidak ada di antara kita saling menganggap diri paling benar.

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 6, Indahnya Saling Membantu dan Hidup Rukun

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Soal Indahnya Saling Membantu
Loading...

Latihan Soal PAI Kelas 6 Pelajaran 6

Untuk latihan soal PAI kelas 6 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 6

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Buku Digital PAI Kelas 6

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 6

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan