cara menghemat penggunaan paket data

Tips Menghemat Penggunaan Kuota Paket Data Internet Agar Lebih Irit

Paket data atau kuota internet sudah seperti kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang sekarang ini. Bahkan sehari saja tanpa paket data seperti halnya kelaparan. Tentu saja ini dampak dari kebiasaan menggunakan internet sebagai konsumsi harian, mulai dari mencari informasi, blogging, dan bahkan sekedar say hello menggunakan media sosial. Semuanya itu akan menggunakan kuota intenet.

Lalu bagaimana cara menghemat penggunaan paket data atau kuota internet? Mungkin bagi sobat yang biasa menggunakan layanan unlimited ini tidak akan jadi masalah namun bagi pengguna paketan kecil, mungkin informasi ini akan cukup bermanfaat. Apalagi dengan adanya sistem pembelajaran via online di masa pandemi ini penggunaan paket data internet meningkat sangat drastis.

Loading...

Tidak sedikit yang mengeluhkan mengenai membengkaknya pengeluaran karena harus mengkonsumsi paket data yang lebih besar. Mengelola penggunaan data dan sedikit pengaturan pada handphone bisa berdampak nyata pada pengurangan penggunaan kuota internet.

Baiklah sobat, langsung saj pada langkah-langkah cara menghemat paket data antara lain sebagai berikut :

1. Setting Pembatasan Paket Data

Yang pertama sobat bisa melakukan pembatasan penggunaan. Biasanya ada pada menu “pengatuan” kemudian “jaringan” atau “data”. Disitu silahkan sobat atur sesuai dengan batas yang sobat tentukan agar tidak kebablasan dalam penggunaan paket data. Selain itu ini juga bisa menjadi sebuah pengingat bagi sobat untuk istirahat sejenak dari yang namanya handphone atau gawai lainnya guna menjaga kesehatan mata.

2. Nonaktifkan Data Latar Belakang

Menonaktifkan data latar belakang juga bisa mengurangi jumlah paket data yang terpakai. Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi yang tidak kita buka tidak akan menarik data sama sekali. Dan yang akan menggunakan data hanya aplikasi yang kita buka saja. Atau bisa juga dengan memblokir ijin beberapa aplikasi yang tidak terpakai untuk mengakses paket data. BIasanya ada pada menu pengaturan lalu pilih perizinan. Dengan begitu penggunaan paket data terbatas untuk satu aplikasi yang sedang kita buka saja.

3. Nonaktifkan Sinkronisasi dan GPS

Menonaktifkan sonkronisasi juga akan mencegah beberapa pop up atau pesan dari akun yang sedang beaktifitas. Hal ini tentu juga akan menambah penggunaan paket data yang ada pada handphone kita. Nonaktifkan saja jika memang tidak perlu. Selain itu fungsi GPS juga memakan paket data yang lumayan. Kadang gps ini sering memberikan update kepada maps dalam hanphone mengenai info lalu lintas cuaca dan juga yang lainnya. Kalau kita nontaktifkan tentu saja akan mengehemat atau mengurangi lalu lintas penggunaan data internet pada handphone kita.

4. Jangan Biarkan Melakukan Update Otomatis

Loading...

Langkah selanjutnya bisa juga dengan melakukan nonaktif untuk update otomatis, ini juga bisa kita gunakan untuk mencegah yang namanya penggunaan data berlebih tanpa sepengetahuan kita. Kalau kita menonaktifkannya, perangkat akan meminta izin terlebih dahulu dan tidak akan langsung memakan kuaota internet yang ada.

5. Belilah Paket Data Size Besar Sekalian

Tips yang kelima untuk menhemat kuota internet adalah melakukan pembelian paket yang berukuran besar sekalian. Ini biasanya juga lebih murah dibandingkan membeli paket data dengan size kecil berkali-kali. Saya akan berikan contoh bahwa kuota 30gb dijual seharga 60 ribu, sedangkan kuota 50gb hanya dijual selisih dikit sekitar 85rb rupiah. Dari sini sebenarnya akan lebih hemat dari sisi uang dan tahan lebih lama jika digunakan.

6. Menggunakan Wifi Rame-rame

Solusi lain yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan wifi bersama-sama. Ini berlaku mungkin pada saat dirumah, di kost atau dikantor. Misalkan iuran pun jatuhnya pasti akan lebih murah. Apalagi jika mengambil paket yang unlimited dan digunakan satu keluarga besar atau satu lingkup kos ini jelas lumayan hemat dan ekonomis dalam menggunakan paket data.

7. Biasakan Menggunakan Sumber yang Hemat Kuota

Seperti artikel yang sedang Anda baca ini, bila saat ini Anda sedang menggunakan gawai mobile alias handphone maka Anda sedang berada pada mode hemat kuota karena sudah disetting dengan AMP (Accelerated Mobile Pages) sehingga selain sangat cepat tampil juga tidak banyak makan kuota Anda. Namun jika sekarang Anda sedang membaca menggunakan laptop atau smart TV maka kuota yang digunakan adalah kuota normal.

Menggunakan kuota internet dengan skala besar sebenarnya sah-sah saja asalkan untuk sesuatu yang bermanfaat seperti layaknya berbisnis dan keperluan penting lainnya.  Namun, jika keuangan menipis dan tidak ada keperluan penting mending menggunakan beberapa cara di atas untuk menghemat paket data atau kuora internet.

Semoga tips ini bermanfaat dan terima kasih. Jangan lupa kunjungi juga : Info Gagdet Dan Teknologi Internet.

Tinggalkan Balasan