menjaga kesehatan mental dimasa Pandemi

Menjaga Kesehatan Mental Dimasa Pandemi

Disaat kondisi Pandemi seperti ini memang kita dipaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Biasanya kita bisa berkomunikasi secara langsung dengan kerabat tapi kita harus membatasi hal tersebut untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

Pandemi ini memang kedatangannya tidak terprediksi. Membuat kita terkejut dan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Loading...

Hal ini bisa saja mengganggu kesehatan mental. Mental terganggu juga akan berpengaruh pada melemahnya sistem imun. Ini tentu akan membuat resiko terkena virus Corona meningkat.

Oleh karena itu disini akan dibahas tentang cara menjaga kesehatan mental dimasa Pandemi.

Lakukan Hal Positif Ketika di Rumah

Walau sedang rumah saja bukan berarti kita bermalas-malasan. Kita bisa melakukan kegiatan produktif bersama keluarga. Seperti membersihkan rumah, berkebun, mempraktikkan hobi.

Intinya kita harus tetap beraktivitas dan melakukan variasi agar jiwa kita tidak merasa bosan.

Rajin Berolahraga

Dimasa Pandemi ini kesehatan menjadi hal penting untuk diperhatikan. Kita harus dalam kondisi fit agar tubuh kita tidak gampang penyakit.

Kuncinya dengan rajin berolahraga. Olahraga membuat kesehatan fisik dan mental kita terjaga. Dari sisi fisik tentu proses pembentukan sistem imun semakin kuat dan dari sisi mental, olahraga bisa mencegah terjadinya stress.

Kita bisa melakukan hal simple seperti jogging, bersepeda, senam dan sebagainya. Intinya jangan membuat Pandemi ini alasan untuk takut melakukan apapun. Ini malah membuat kita mudah stress.

Lawan Rasa Khawatir

Wajar bila dimasa Pandemi ini kita merasa khawatir. Dengan banyaknya jumlah orang yang terinfeksi kita memang harus waspada. Tapi jangan berlebihan karena ini malah membuat kita takut.

Loading...

Rasa takut ini perlu dikontrol. Karena jika terus dibiarkan ini akan mengganggu kesehatan jiwa kita. Lakukanlah hal-hal yang membuat kita senang. Seperti bermain game, menonton film dan hal menyenangkan lain.

Kunci keberhasilan kita menghadapi Pandemi ini juga ditentukan oleh ketenangan jiwa. Kita yang bahagia, kita yang tidak stress. Ini akan berdampak pada kekebalan tubuh.

Membatasi Membaca Berita Negatif

Salah satu penyebab kecemasan dimasa Pandemi ini adalah berita yang berseliweran bahkan sering kali memuat isi yang menimbulkan keresahan.

Tentu kita harus bijak dalam membaca berita. Sekiranya jika membuat resah tidak usah untuk dibaca lagi. Ganti berita-berita lain yang sekiranya membuat kita tenang.

Kita  harus meneliti isi berita, jangan sampai isinya hoax. Maka dari itu bacalah sumber-sumber berita yang sudah terjamin kebenarannya. Karena banyak pihak memanfaatkan ketakutan terhadap Pandemi ini sebagai lumbung penghasilan mereka.

Tetap Berkomunikasi Dengan Kerabat Terdekat

Meski pertemuan langsung dibatasi dimasa Pandemi. Kita masih bisa melakukan komunikasi dengan orang terdekat via internet. Bisa dengan chatting atau video call.

Komunikasi jangan terputus tetap memberi kabar, nasehat dan dukungan kepada kerabat membuat kita tidak merasa sendiri dalam menghadapi Pandemi virus Corona ini.

Demikianllah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dimasa pandemi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan