Tentang SCImago Journal Rank (SJR)

Indikator SCImago Journal Rank (SJR) adalah ukuran pengaruh ilmiah dari jurnal ilmiah yang diukur melalui jumlah sitasi yang diterima oleh jurnal dan pentingnya atau prestise jurnal di mana sitasi tersebut berasal. SJR jurnal adalah nilai numerik yang menunjukkan jumlah rata-rata sitasi tertimbang yang diterima selama tahun tertentu per dokumen yang diterbitkan oleh jurnal itu selama tiga tahun sebelumnya. Nilai SJR yang lebih tinggi menunjukkan prestise jurnal yang lebih besar. Indikator ini dikembangkan oleh Félix de Moya-Anegon dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas dan Vicente Guerrero-Bote dari University of Extremadura dan kemudian diperbarui dan dijalankan oleh kelompok penelitian SCImago di Universitas dari Granada.

Seperti halnya Skor Eigenfactor, peringkat jurnal ini menggunakan sentralitas vektor eigen Bonacich untuk menghitung prestise jurnal. Namun, dibandingkan dengan Skor Eigenfactor, SCImago menimbang tautan sesuai dengan kedekatan jurnal, ditentukan oleh hubungan co-citation. Asumsinya adalah bahwa dua jurnal yang terkait erat (dengan potensi transfer yang lebih besar) lebih mungkin terkait secara topikal.

Oleh karena itu, algoritma SCImago meningkatkan bobot berdasarkan kedekatan dan mengurangi berat sitasi yang berasal dari jurnal periferal. Pembenaran yang disajikan untuk pilihan ini adalah bahwa jurnal di pinggiran kurang mampu berbicara dengan otoritas tentang topik yang diwakili dalam jurnal yang disitasi (pernyataan yang diperdebatkan dan potensi pembatasan indikator). Self citation jurnal juga dihapus, begitu mencapai ambang sepertiga dari semua sitasi yang diterima oleh jurnal. Langkah-langkah tersebut menetapkan pentingnya sebuah node dalam jaringan berdasarkan pada prinsip bahwa koneksi ke node yang memiliki skor tinggi berkontribusi lebih pada skor node tersebut. Indikator SJR telah dikembangkan untuk digunakan dalam jaringan kutipan jurnal yang sangat besar dan heterogen.

Loading...

Jika dampak ilmiah dianggap terkait dengan jumlah dukungan, dalam bentuk sitasi jurnal terima, maka prestise dapat dipahami sebagai kombinasi dari jumlah dukungan dan prestise atau pentingnya jurnal yang menerbitkannya. Indikator SJR memberikan nilai yang berbeda untuk sitasi tergantung pada pentingnya jurnal dari mana mereka berasal. Dengan cara ini, sitasi yang berasal dari jurnal yang sangat penting akan lebih berharga dan karenanya akan memberikan lebih banyak prestise bagi jurnal yang menerimanya.

Loading...

SCImago memungkinkan pengguna untuk memeriksa jajaran semua jurnal Scopus menggunakan portal web yang dapat diakses publik. Pada 2012, perangkat tambahan baru dibuat untuk SJR asli. SJR2 menggunakan jendela 3 tahun, prestise dinormalisasi sesuai dengan proporsi dokumen citable, dan menetapkan ambang batas pada transfer prestige dari satu jurnal ke jurnal lain untuk meminimalkan distorsi yang disebabkan oleh permainan dan jurnal khusus yang berisi beberapa referensi.

Perhitungan SJR dilakukan dengan menggunakan algoritma iteratif yang mendistribusikan nilai prestise di antara jurnal-jurnal sampai solusi kondisi-mapan tercapai. Algoritma SJR dimulai dengan menetapkan jumlah prestise yang identik untuk setiap jurnal, kemudian menggunakan prosedur berulang, prestise ini didistribusikan kembali dalam proses di mana jurnal mentransfer prestise yang mereka capai satu sama lain melalui sitasi. Proses berakhir ketika perbedaan antara nilai prestise jurnal dalam iterasi berurutan tidak mencapai nilai ambang minimum lagi. Proses ini dikembangkan dalam dua fase, (a) perhitungan Prestige SJR (PSJR) untuk setiap jurnal: ukuran tergantung ukuran yang mencerminkan prestise jurnal keseluruhan, dan (b) normalisasi ukuran ini untuk mencapai ukuran independen, ukuran prestise, dan indikator SJR.

Tinggalkan Balasan