Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”

Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”

Halo jumpa lagi dengan modul BDR online dari maglearning.id. Kali ini kita akan mempelajari materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 dengan kajian Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku. Pada pembelajaran online ini akan dibahas tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya.

Hewan yang hidup di sekitar kita memang sangat banyak jenisnya. Salah satu cara menggolongkan hewan adalah berdasarkan jenis makanannya. Untuk lebih jelasnya marilah kita pelajari pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Makanan Hewan

Hewan memiliki makanan yang bermacam-macam. Pada umumnya hewan memakan tumbuhan atau hewan lain, tetapi ada beberapa hewan yang memakan tumbuhan sekaligus hewan lain.

Di sekitar kita banyak sekali hewan pemakan tumbuhan. Tumbuhan yang dimakan ada yang berupa rumput, daun, biji, buah, dan nektar. Sapi, kambing, dan kuda adalah contoh hewan pemakan rumput. Contoh hewan yang memakan biji-bijian adalah merpati, sedangkan hewan yang memakan nektar adalah burung kolibri.

Banyak juga hewan di sekitar kita yang memakan hewan lain, berupa serangga, daging, dan telur. Hewan pemakan hewan lain umumnya termasuk hewan buas, contohnya singa dan ular.

Selain memakan tumbuhan atau hewan saja, ada juga hewan yang makan keduanya. Hewan tersebut dapat makan tumbuhan maupun hewan lain, contohnya ayam. Ayam makan tumbuh-tumbuhan yang berupa biji-bijian dan makan hewan lain misalnya cacing.

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Berdasarkan jenis makanannnya, hewan dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.

1. Herbivora

Herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Hewan yang termasuk herbivora antara lain:

  1. Bangsa burung, misalnya burung nuri, kakatua, burung beo, merpati, betet, dan sebagainya.
  2. Bangsa mamalia (hewan menyusui), misalnya kuda, sapi, kerbau, kambing, kelinci, kijang, dan sebagainya.
  3. Bangsa serangga misalnya walang sangit, belalang, capung, kutu daun, dan sebagainya.

Hewan mamalia yang makan tumbuhan memiliki gigi seri tajam, tidak bertaring, dan gigi gerahamnya bergelombang. Paruh burung pemakan biji mempunyai ujung yang runcing tetapi tidak terlalu panjang.

Sedangkan burung pemakan madu mempunyai paruh yang sangat panjang untuk menembus bunga dan mengisap madu. Hewan herbivora yang memakan buah-buahan disebut frutivora.

2. Karnivora

Karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging atau pemakan hewan lain. Mamalia pemakan daging memiliki gigi taring yang tajam untuk mengunyah atau merobek makanan.

Hewan yang termasuk karnivora adalah:

  1. Bangsa burung, misalnya burung elang, burung rajawali, burung hantu, dan sebagainya.
  2. Bangsa serangga, misalnya nyamuk, laba-laba, dan sebagainya.
  3. Bangsa mamalia, misalnya harimau, singa, serigala, dan sebagainya.
  4. Bangsa reptil, misalnya ular, komodo, bunglon, cecak, dan tokek.
  5. Bangsa ikan, misalnya hiu, arwana, dan lohan.

Burung pemangsa memiliki paruh kuat, runcing, serta cakar yang kuat untuk mencengkeram mangsa. Sedangkan burung bangau memiliki paruh dengan bagian bawah berongga untuk menjaring makanannya yang berupa ikan.

Hewan karnivora yang hanya memakan serangga disebut insektivora.

3. Omnivora

Omnivora adalah hewan yang memakan tumbuhan dan juga memakan hewan lain. Hewan yang termasuk omnivora antara lain beruang, musang, ayam, babi, itik, burung jalak, dan kutilang.

Selain pengelompokan tersebut di atas, ada juga hewan yang memakan bangkai, misalnya biawak dan burung nasar.

Video Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”

  

Video pembelajaran tematik muatan Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di atas bisa kamu manfaatkan untuk memperjelas pemahaman kamu tentang materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Jadi silakan pilih gaya belajar kamu ya….

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”

Setelah mempelajari materi modul BDR Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku di atas silakan uji hasil belajar kamu menggunakan kuis online interaktif dengan link di bawah ini:

https://quizizz.com/join/quiz/5da58f654c8f62001e3916b7/start

Latihan Soal Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”

Demikianlah sajian kami Materi IPA Kelas 4 Tema 3 Subtema 2 “Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku”. Semoga bisa menambah pemahaman tentang Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya, selamat belajar dengan menyenangkan (maglearning.id).

Loading...