Materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 7 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia

Materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia

Loading...

Materi IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia kali ini membahas tentang Oogenesis. Oogenesis adalah proses pembentukan sel kelamin perempuan, yaitu sel telur atau ovum dan terjadi di dalam organ yang disebut ovarium.

Berbeda dengan spermatogenesis yang dimulai ketika anak laki-laki mulai masuk masa pubertas, oogenesis dimulai sebelum anak perempuan lahir. Pada saat baru lahir, anak perempuan sudah memiliki bakal sel ovum (sel primordial) sebanyak 200.000 hingga 2.000.000.

Namun, hanya sekitar 40.000 yang tersisa saat anak perempuan masuk masa pubertas dan hanya 400 yang akan matang atau berkembang sempurna. Satu sel telur yang matang diovulasikan (dikeluarkan dari ovarium) selama siklus reproduksi (siklus menstruasi) perempuan.

Materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 7

Di dalam ovarium terdapat folikel yang berukuran kecil dengan calon bakal sel telur di dalamnya (folikel primordial). Folikel dan bakal sel telur tersebut berkembang semakin besar menjadi folikel primer, kemudian berkembang menjadi folikel sekunder, dan pada akhirnya menjadi folikel matang.

Selama folikel berkembang, sel primordial akan membelah secara mitosis membentuk oogonium atau sel induk telur yang bersifat diploid (2n). Oogonium kemudian akan mengalami pembelahan mitosis membentuk oosit primer yang bersifat diploid (2n).

Oosit primer kemudian mengalami pembelahan meiosis tahap I (meiosis I) membentuk satu oosit sekunder (n) dan satu polosit (n).

Polosit (n) kemudian mengalami pembelahan meiosis tahap II (meiosis II) menghasilkan dua polosit (n). Oosit sekunder selanjutnya juga mengalami pembelahan meiosis tahap II (meiosis II) membentuk satu ootid (n) dan satu polosit (n).

Ootid kemudian mengalami diferensiasi membentuk ovum. Pada akhir peristiwa oogenesis, dari satu sel induk telur (oogonium) akan dihasilkan satu sel telur (ovum) yang bersifat haploid (n) dan tiga polosit (badan polar) yang bersifat haploid (n).

Namun, yang dapat berfungsi hanya satu sel telur (ovum).

Berikut ini adalah gambar skema peristiwa oogenesis

gambar skema peristiwa oogenesis

Video Pembelajaran Materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia

Berikut ini adalah Video Pembelajaran Materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia yang bisa kalian simak bersama-sama.

Video lainnya bisa disimak di bawah ini, untuk semakin memperkaya pengetahuan.

Asesmen Online materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia

Setelah mempelajari Materi Oogenesis dan materi IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia lainnya, silakan uji hasil belajar kalian menggunakan asesmen penilaian harian berikut ini.

https://quizizz.com/join/quiz/5da5dc9f56bdca001a453717/start

Asesmen Online materi Oogenesis

Demikianlah bahasan materi Oogenesis, IPA SMP Kelas 9 BAB Sistem Reproduksi pada Manusia yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Selamat belajar dengan cara yang menyenangkan dari mana saja kapan saja (maglearning.id).

Loading...

2 comments

Tinggalkan Balasan