Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Loading...

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1) – Benua adalah massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Bagi ahli geografi, benua tidak hanya sekadar istilah fisik tetapi juga menyangkut aspek budaya. Karena itulah Asia dan Eropa dianggap sebagai dua benua yang berbeda walaupun masih dalam satu masa daratan yang menyatu.

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia dan terdiri atas banyak negara termasuk Indonesia. Setiap negara yang berada pada benua tersebut memiliki potensi alam dan sosial budaya yang berbeda-beda, sehingga telah lama terjadi interaksi antara negara-negara di Asia.

Negara-negara di Benua Asia juga menjalin interaksi dengan negara-negara di benua lainnya. Interaksi tersebut bahkan telah berlangsung lama sejak kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke sejumlah negara di Asia atau Sebaliknya.

Berapakah jumlah benua yang ada di dunia? Sejumlah ahli geografi berbeda pendapat. Sebagian ahli geografi menyebutkan ada tujuh benua di dunia, sedangkan sebagian lainnya menyatakan ada enam dan lima benua.

  • Mereka yang menyebut ada tujuh benua membaginya atas Benua Asia, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika.
  • Mereka yang menyebut enam benua membaginya atas Benua Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Australia, dan Antartika.
  • Mereka yang menyebut lima benua membaginya atas Eurasia (gabungan Eropa dan Asia), Amerika, Afrika, Australia, dan Antartika. Ada pula yang membagi menjadi lima benua tetapi tidak mengikutsertakan Antartika, sehingga benua di dunia terdiri atas Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia (ini yang paling umum digunakan).

Mari kita pelajari lebih lanjut Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1) dengan membahas masing-masing benua.

Letak dan Luas Benua Asia

Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil pulau yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia.

Batas Benua Asia adalah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

Benua Asia merupakan benua terluas. Luasnya mencapai 44.000.000 km2 atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua juga Asia meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan negara lainnya di Asia, maka Rusia adalah negara terluas di Benua Asia.

Benua Asia terbagi menjadi beberapa wilayah atau region yaitu Asia Barat atau Asia Barat Daya (Asia Timur Tengah), Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Rusia. Masing-masing wilayah memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dengan wilayah lainnya. Pembagian tersebut lebih didasari oleh perbedaan budaya dibandingkan aspek fisik wilayah.

Pembagian Benua Asia menjadi sejumlah wilayah atau region dapat dilihat pada materi berikut ini.

1. Asia Barat
Kawasan Asia Barat dikenal juga dengan sebutan Timur Tengah. Negara-negara di kawasan Asia Barat adalah:

NoNama NegaraIbu Kota
1Arab SaudiRiyadh
2IrakBaghdad
3IranTeheran
4YamanSana
5TurkiAnkara
6OmanMuscat
7SuriahDamaskus
8YordaniaAmman
9IsraelTelAviv
10PalestinaJerusalem
11KuwaitKuwait City
12QatarDoha
13SiprusNicosia
14LebanonBeirut
15BahrainManamah
16Uni Emirat ArabAbu Dhabi


2. Asia Tengah
Negara-negara di kawasan Asia Tengah adalah:

NoNama NegaraIbu Kota
1ArmeniaJerevan
2KazakhstanAlma Ata
3AzerbaijanBaku
4TurkmenistanAskhabad
5UzbekistanTascken
6KyrgistanBishkek
7TajikistanDushanb
8AfganistanKabul

3. Asia Selatan
Negara-negara di kawasan Asia Selatan adalah:

NoNama NegaraIbu Kota
1IndiaNew Delhi
2BhutanThimphu
3SrilankaKolombo
4Maladewa/MaldivesMale
5NepalKathamand
6BangladeshDakka
7PakistanIslamabad


4. Asia Timur
Negara-negara di kawasan Asia Timur adalah:

NoNama NegaraIbu Kota
1JepangTokyo
2ChinaBeijing
3TaiwanTaipeh
4Korea UtaraPyongyang
5Korea SelatanSeul
6MongoliaUlan Bator


5. Asia Tenggara
Negara-negara di kawasan Asia Tenggara adalah :

NoNama NegaraIbu Kota
1IndonesiaJakarta
2MalaysiaKuala Lumpur
3FilipinaManila
4ThailandBangkok
5SingapuraSingapura
6Brunei DarussalamBandar Sri Begawan
7VietnamHanoi
8KambojaPhnom Penh
9MyanmarYangoon
10LaosVientiane
11Timor LesteDili

Benua Amerika

Benua Amerika sering juga disebut sebagai Benua Merah. Sebutan itu didapat karena benua tersebut terdapat Suku Bangsa Indian. Suku Indian tidak berkulit merah sebenarnya kulit mereka terlihat merah karena suku indian suka melumuri kulit dengan cat berwarna merah.

Benua Amerika terletak pada 1700 BT–350 BB dan 830 LU–550 LS. Batas Benua Amerika ialah Samudra Arktik di utara, Laut Weddel, Samudra Atlantik, dan Samudra Pasifik di selatan, Samudra Atlantik di timur, serta Samudra Pasifik di barat.

Benua Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia. Luas Benua Amerika mencapai 42.057.100 km2.

Secara geografis, Amerika terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Amerika Selatan, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia yang terletak di sekitar Amerika bagian tengah. Sejumlah ahli geografi berpendapat bahwa Meksiko masuk ke dalam wilayah Amerika Tengah.

Pembagian wilayah di benua Amerika menjadi empat bagian yaitu:

  • Amerika Utara, terdiri dari negara Kanada, Amerika Serikat.
  • Amerika Tengah, terdiri dari negara Meksiko, Guatemala, Nikaragua, Honuras, El Salvador, Kosta Rika, Belize dan Panama.
  • Amerika Selatan, terdiri dari negara Kolombia, Venezuela, Ekuador, Chile, Peru, Paraguay, Uruguay, Argentina, Brazil, Guyana, Suriname, dan Guyana Perancis
  • Kepulauan Karibia, terdiri dari negara Kuba, Haiti, Republik Dominika, Jamaika, Puerto Riko, Bahama, Trinidad Tobago dan negara kecil lain seperti St Kitt dan Nevis, Antigua, Barbados dan Aruba

Halaman Selanjutnya ….. Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Loading...
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Lanjut »

2 comments

Tinggalkan Balasan