Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Benua Eropa

Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, Sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).

Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural. Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua. Alasannya, kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.

Benua Eropa terletak pada 90 BB–600 BT dan 350 LU–800 LU. Jika dilihat letaknya, Benua Eropa berada di luar wilayah tropis. Artinya, iklim di wilayah Benua Eropa adalah subtropis dan sedang. Karena posisinya, Benua Eropa mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Luas Benua Eropa mencapai 10.355.000 km2. Secara geografis, Benua Eropa berbatasan dengan Samudra Arktik di utara, Laut Tengah di selatan, Samudra Atlantik di barat, serta Asia di timur.

Batas Benua Eropa dengan Benua Asia adalah Pegunungan Ural, Selat Dardanella, dan Laut Kaspia.

Eropa terbagi atas empat kawasan atau region yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara. Pada saat ini perwilayahan semacam ini sudah mulai pudar dengan adanya ikatan secara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa (European Union).

Empat kawasan eropa itu adalah:

  • Eropa Barat. Inggris (ibukota: London), Prancis (ibukota: Paris), Jerman (ibukota: Berlin), Belanda (ibukota: Amsterdam), dll.
  • Eropa Timur. Rusia (ibukota: Moskow), Ukraina (ibukota: Kiev), Polandia (ibukota: Warsawa), Kroasia (ibukota: Zagreb), dll.
  • Eropa Selatan. Spanyol (ibukota: Madrid), Portugal (ibukota: Lisbon), Italia (ibukota: Roma), Yunani (ibukota: Athena), dll.
  • Eropa Utara. Denmark (ibukota: Kopenhagen), Swedia (ibukota: Stockholm), Norwegia (ibukota: Oslo), Islandia (ibukota: Reykyavik), dll.

Benua Afrika

Benua Afrika sering disebut “Benua Hitam” karena mayoritas penduduknya mempunyai kulit berwarna hitam. Sebutan ini awal mulanya digunakan oleh masyarakat Perancis yang dahulu banyak menjajah Benua Afrika.

Afrika terletak pada 170 BB–520 BT dan 350 LU–340 LS. Ini berarti Benua Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisinya lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato.

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat. Benua Afrika merupakan benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Luas wilayah Afrika mencapai 30.290.000 km2.

Secara geografis, Benua Afrika terbagi atas lima kawasan yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

  1. Afrika Utara. Wilayah Afrika Utara terdiri dari negara-negara di utara Gurun Sahara, yaitu Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, dan Maroko. Semua negara ini mayoritas penduduknya beragama Islam dan menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa resmi. Semua negara ini memiliki pesisir di Laut Mediteran, dan beriklim padang pasir sebagai akibat dari lokasinya di daerah Sahara.  Adanya Gurun Sahara sebagai batas alam menjadikan negara-negara di wilayah ini memiliki ikatan suku bangsa, sejarah, budaya dan ekonomi lebih erat dengan negara-negara Timur Tengah daripada negara Afrika lain.
  2. Afrika Barat. Wilayah Afrika Barat meliputi daerah di selatan Gurun Sahara, hingga ke pesisir Samudera Atlantik dan Teluk Biafra. Di wilayah ini mengalir Sungai Niger, sungai terpanjang kedua di Afrika setelah sungai Nil. Negara di wilayah ini adalah Benin, Burkina Faso, Cape Verde, Ivory Coast (Pantai Gading),  Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Mauritania,  Niger,  Nigeria, Senegal, Sierra Leone dan Togo. Wilayah ini beriklim Tropis kering di wilayah Sahel, yaitu wilayah di perbatasan dengan gurun Sahara, dan beriklim Tropis basah di pesisir Atlantik.
  3. Afrika Timur. Wilayah Afrika Timur meliputi daerah di selatan Gurun Sahara, hingga ke pesisir Samudera Hindia, dan meliputi negara-negara di daerah Tanduk Afrika (Horn of Afrika). Selain itu, negara-negara kepulauan di Samudera Hindia juga masuk wilayah ini. Negara di wilayah ini adalah Burundi, Komoro, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Madagascar, Malawi, Mauritius,  Rwanda, Seychelles, Somalia, South Sudan, Tanzania dan Uganda. Iklim wilayah ini sangat beragam mulai dari iklim padang pasir di Sudan dan Somalia, iklim Sedang di dataran tinggi Ethiopia, iklim Tropis di Tanzania, Uganda, Kenya dan Burun di hingga iklim Maritim di negara kepulauan seperti di Mauritius, Seychelles dan Komoro. 
  4. Afrika Tengah. Wilayah ini terdiri dari wilayah hutan hujan tropis Kongo dan sekitarnya. Di wilayah ini mengalir Sungai Kongo, sungai terpanjang  ketiga di Afrika. Wilayah Afrika Tengah meliputi negara Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Demokratik Kongo (Kongo-Kinshasha), Guinea Khatulistiwa, Gabon, Republik Kongo (Kongo-Brazzaville), dan negara kepulauan São Tomé and Príncipe. Iklim Tropis mendominasi di wilayah ini, dengan hutan hujan lebat dan keanekaragaman hayati tinggi dapat ditemui di sini.
  5. Afrika Selatan. Wilayah ini berada di ujung selatan Afrika, meliputi daerah di sekitar gurun Kalahari. Negara di wilayah ini adalah Botswana,  Lesotho, Namibia, Republik Afrika Selatan, Swaziland, Zambia dan Zimbabwe. Wilayah ini beriklim gurun di sekitar Kalahari, dan Subtropis di daerah dataran tinggi. Di pesisir lautan, seperti di kota Cape Town, iklimnya adalah iklim Mediteran yang dingin namun terik.

Benua Australia

Benua Australia merupakan benua yang unik karena walaupun terletak di sebelah selatan Asia tetapi penduduknya sebagian besar adalah penduduk ras kaukasoid yang banyak berasal atau sama dengan penduduk Eropa.

Australia terletak pada 1130 BT–1550 BT dan 100 LS–430 LS. Ini berarti ada bagian Australia yang memiliki iklim tropis, yaitu Australia bagian utara yang berdekatan dengan Indonesia. Sebagian wilayah lainnya beriklim subtropis dan sedang.

Berikut ini batas-batas geografis wilayah Australia.

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
  2. Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Tasman, dan Laut Coral.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

Luas wilayah Benua Australia adalah 8.945.000 km2 dengan lebar sekitar 3.200 km dan panjang 3.700 km. Hanya satu negara dalam satu benua merupakan keunikan lainnya dari Benua Australia, sehingga negara Australia memiliki luas wilayah yang sangat besar. Meski demikian sekitar dua pertiga wilayahnya berupa gurun.

Australia terdiri atas delapan negara bagian yaitu Australia Utara, Australia Selatan, Australia Barat, Victoria, New South Wales, dan Queensland, Tasmania dan Daerah Khusus Ibukota. New South Wales merupakan negara bagian paling tua dan paling banyak penduduknya. Negara bagian terluas adalah Australia Barat. Victoria merupakan negara bagian terkecil dan terpadat kedua.

Video Pembelajaran Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Berikut ini adalah Video Pembelajaran Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya mapel IPS BAB 1 untuk siswa Kelas 9.

Asesmen Online Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1)

Berikut ini adalah asesmen (penilaian harian) online Pembelajaran Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya mapel IPS BAB 1 untuk siswa Kelas 9.

https://quizizz.com/join/quiz/5b91509cc1349a0019ffe792/start

Asesmen Online Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya

Demikianlah materi pembelajaran online BAB Letak dan Luas Benua Asia dan Benua Lainnya (IPS Kelas 9 BAB 1) yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat (maglearning.id).

Loading...

Pages ( 2 of 2 ): « Balik1 2