Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial

Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial

Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial – Di kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Materi KN atau Bisa juga masuk ke materi IPS, yang mana juga artikel kali ini yang kami angkat adalah Zona Tambahan dan Laut Teritorial. Saya rasa artikel kali ini cukup bermanfaat ya untuk sobat semuanya yang ingin belajar tentang batas-batas Negara terutama untuk sobat yang tinggal di wilayah perbatasan. Nah untuk lebih jelasnya alangkah lebih baiknya jika kita membaca langsung artikelnya di bawah ini.

Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan pasti akan dibahas mengenai Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial yang memang wajib diketahui oleh setiap penduduk Indonesia sehingga kita tahu bagaimana dan apa saja yang boleh dilakukan sebagai masyarakat Indonesia mengenai perbatasan ini.

Ketiga hal tersebut penting dipelajari karena bisa menjadi referensi dan perluasan wawasan kita sebagai penduduk Indonesia agar lebih tahu mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan perbatasan, alam laut dan hal yang memiliki kaitan dengan hal tersebut. Mari kita simak bahasan yang berisi pengertian ZEE, Zona Tambahan dan Laut Teritorial .

ilustrasi Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial

Pengertian ZEE

ZEE atau yang biasa dikenal dengan Zona Ekonomi Eksklusif adalah sebuah zona yang lebarnya tidak lebih dari 200 mil laut dari garis pangkal yang sudah ditetapkan. Di Zona Ekonomi Eksklusif negara yang memiliki zona ini berhak untuk mengambil kekayaan laut, mengeksplorasi apa yang ada di dalam laut dan bebas memanfaatkan laut dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sehingga dalam batas Zona Ekonomi Eksklusif kita penduduk Indonesia diizinkan untuk membuat penelitian atau riset, membuat sebuah percobaan atau bangunan serta melindungi kehidupan bawah air laut. Kita bisa memanfaatkan sumber daya alam bawah laut menjadi mata pencaharian dan kita harus tetap menjaganya.

Pengertian Zona Tambahan

Sedangkan untuk Zona Tambahan adalah letak laut dari sisi terluar dari garis pangkal laut yang sudah ditetapkan dan tidak melebihi 24 mil laut. Manfaat dari Zona Tambahan bagi suatu negara adalah untuk mencegah beberapa pelanggaran seperti pelanggaran bea cukai, fiskal, imigrasi dan perikanan. Berikut adalah isi dari pasal 24 angka (1) UNCLOS III yang berkaitan dengan Zona Tambahan.

1. Mencegah pelanggaran perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah bea cukai, perpajakan, keimigrasian dan kesehatan.
2. Kewenangan untuk menghukum pelanggaran-pelanggaran atau peraturan-peraturan perundang-undangannya tersebut di atas.

Pengertian Laut Teritorial

Dan yang terakhir adalah pengertian mengenai laut teritorial. Laut teritorial adalah laut yang berada di luar garis pangkal yang tidak melebihi dari 12 mil laut. Bagi negara yang memiliki wilayah laut teritorial berhak untuk melintasinya baik melalui kapal ataupun pesawat jalur udara. Sehingga bila ada pesawat atau kapal asing yang masuk batas laut teritorial bisa segera diwaspadai, karena laut teritorial masih milik negara yang berdaulat atas itu.

Ada banyak aturan yang berkaitan dengan laut teritorial sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan dalam lingkungan laut teritorial. Biasanya batas laut teritorial dijaga ketat oleh para TNI Laut sehingga bila terjadi pelanggaran terhadap wilayah laut teritorial Indonesia bisa segera ditangani.

Nah sobat, kami rasa artikel kali ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, jika ada pertanyaan seputar artikel Pengertian ZEE, Zona Tambahan, dan Laut Teritorial ini, seperti biasa sobat bisa berkomentar di kotak komentar yang letaknya ada di bawah postingan artikel ini.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar dari mana pun kapan pun (maglearning.id)

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan