Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi

Macam-macam Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi

Loading...

Macam-macam Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi – Pasar sering diartikan sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk mengadakan transaksi usaha. Dalam hal ini pasar ditunjukkan sebagai suatu tempat tertentu atau yang menyangkut proses pertukaran secara fisik sehingga terikat oleh waktu dan tempat. Sedangkan menurut ilmu ekonomi, pasar diartikan sebagai suatu organisasi di mana pembeli dan penjual dapat saling berhubungan.

Dalam era globalisasi dan perdagangan bebas perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia dalam mengadakan transaksi tidak lagi terikat pada waktu dan tempat fisik. Melainkan mereka mulai memanfaatkan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk memasarkan produknya dan mengadakan transaksi. Salah satunya dengan memanfaatkan internet. Kendatipun antara pembeli dan penjual tidak lagi bertemu secara fisik, kegiatan yang mereka lakukan diartikan sebagai pasar.

Dengan demikian suatu pasar bukanlah menunjukkan pada suatu tempat tertentu atau yang menyangkut proses pertukaran secara fisik layaknya pasar yang selama ini Anda kunjungi. Melainkan adanya pasar tergantung pada ada atau tidaknya sekelompok pembeli potensial dan penjual potensial yang mengadakan transaksi tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Tegasnya setiap konsep tentang pasar harus mengandung empat unsur yaitu harga, pembeli, penjual, dan persaingan.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai macam-macam bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi. Marilah kita mulai dengan melihat terlebih dahulu apa itu fungsi pasar.

Fungsi Pasar

Pasar sebagai tempat untuk melakukan jual beli barang dan jasa mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Fungsi Pembentuk Harga. Di pasar terjadi proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli. Transaksi diawali oleh penjual yang menawarkan barang dengan harga tinggi dan pembeli menawar dengan harga lebih rendah. Jika terjadi kesepakatan, terbentuklah harga pasar atau harga keseimbangan.
  2. Fungsi Distribusi. Pasar berperan dalam memperlancar pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen. Melalui pasar, seorang produsen dapat berhubungan dengan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menyalurkan barangnya.
  3. Fungsi Promosi. Setiap produsen pasti menginginkan barang/jasa yang diproduksi dikenal oleh konsumen. Kegiatan memperkenalkan hasil produksi oleh produsen kepada konsumen disebut promosi. Pasar termasuk salah satu dari beberapa fasilitas promosi yang dapat digunakan oleh produsen.
  4. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja. Pasar juga dapat berfungsi sebagai penyerapan tenaga kerja di pasar. Pedagang di pasar umumnya memperkerjakan pegawai baik sebagai tenaga kasir, karyawan toko, bahkan sebagai kuli angkut dan sebagainya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pasar juga berfungsi sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.

Macam-macam Pasar

Pengklasifikasian macam-macam bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat dapat dibedakan menurut kriteria-kriteria sebagai berikut:

  • Menurut wujud atau sifatnya
    • pasar kongkret, yaitu suatu organisasi di mana pembeli dan penjual melakukan transaksi usaha beserta barang yang diperjualbelikan.
    • pasar abstrak, yaitu suatu organisasi di mana pembeli dan penjual melakukan transaksi usaha, namun barang dan jasa yang diperjualbelikan tidak tersedia yang ada hanyalah contoh atau posternya saja.
  • Menurut ukuran luas secara geografis
    1. pasar internasional, yaitu pasar yang melibatkan pembeli dan penjual dari seluruh penjuru dunia.
    2. pasar regional, yaitu pasar yang melibatkan pembeli dan penjual dari sebuah kawasan atau regional. Contoh: kawasan negara Asia tenggara.
    3. pasar lokal, yaitu pasar yang melibatkan pembeli dan penjual yang berasal dari masyarakat setempat.
  • Menurut jenis barang dan jasa yang diperjualbelikan
    1. pasar barang dan jasa, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang dan jasa.
    2. pasar faktor produksi, yaitu pasar yang memperjualbelikan faktor-faktor produksi.
  • Menurut ukuran batas negara
    1. pasar dalam negeri
    2. pasar luar negeri
  • Menurut waktu
    1. daily market, yaitu pasar di mana setiap terjadi pertambahan permintaan di pasar dapat dipenuhi dengan mengeluarkan persediaan.
    2. short run market, yaitu pasar di mana setiap terjadi pertambahan permintaan di pasar dipenuhi dengan produksi baru. Namun kegiatan produksi tersebut tanpa menggunakan penambahan peralatan modal.
    3. Long run market, yaitu pasar di mana setiap terjadi pertambahan permintaan di pasar dipenuhi dengan produksi baru dengan menggunakan penambahan peralatan modal
  • Menurut struktur pasar

Pengklasifikasian bentuk-bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi menurut struktur pasar pada dasarnya menunjukkan bagaimana suatu pasar terbentuk dengan berdasar pada:

  1. Banyaknya perusahaan yang terdapat dalam pasar.
  2. Jenis barang dan jasa yang diproduksi.
  3. Tingkat keketatan persaingan antar perusahaan dalam pasar.
  4. Besarnya kekuasaan perusahaan dalam mempengaruhi harga.
  5. Tingkat keuntungan yang diperoleh perusahaan.
  6. Perilaku perusahaan, seperti strategi dalam menentukan harga dan persaingan di luar harga.
  7. Mudah tidaknya perusahaan baru untuk memasuki pasar.

Berdasar ketujuh kriteria tersebut di atas maka terdapat empat bentuk struktur pasar dalam perekonomian, yaitu:

  1. Pasar persaingan sempurna
  2. Pasar monopoli
  3. Pasar persaingan monopolistis
  4. Pasar oligopoli.

Halaman selanjutnya …….. (Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi)

Loading...
Pages ( 1 of 2 ): 1 2Lanjut ยป

5 comments

Tinggalkan Balasan