Peluang Usaha di Desa

Peluang Usaha di Desa Yang masih Menjanjikan Saat Ini

Loading...

Peluang Usaha di Desa yang Masih Menjanjikan – Pedesaan sering di kira sebagai daerah pelosok dan terpencil. Namun realitas yang ada bahwa tidak semua desa seperti itu. Bahkan sebagian besar desa ada yang memiliki lokasi yang strategis untuk di jadikan peluang usaha di desa yang menjanjikan. Ide-ide usaha di desa yang dapat Anda temukan pada pembahasan di bawah ini.

1. Usaha jualan pulsa dan paket data

Pulsa dan paket data kini marak di jadikan sebagai kebutuhan penunjang penyalur informasi dan komunikasi. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha menjual pulsa ataupun paket data di desa. Usaha ini bisa menghasilkan profit yang lumayan besar. Selain itu, bisnis pulsa dan paket data tersebut bisa di jalankan jangka panjang.

2. Usaha jual token listrik

Untuk memenuhi kebutuhan penerangan, rumah-rumah di desa harus di salurkan dengan aliran listrik. Aliran listrik akan berfungsi apabila seseorang telah membayar tagihan prabayar ataupun pasca bayar. Tentu saja, hal ini bisa di jadikan ide peluang usaha di desa. Andabisa menjual token listrik prabayar ataupun menerima pembayaran tagihan listrik pasca bayar.

3. Usaha isi ulang air galon

Ide usaha selanjutnya yang dapat Anda buka di daerah pedesaan yakni bisnis isi ulang air galon. Membuka usaha isi ulang air galon ini sangat menjanjikan. Mengingat air bersih yang siap minum lebih praktis dan banyak di butuhkan oleh masyarakat desa. Orang-orang tidak perlu bersusah payah merebus air terlebih dahulu.

4. Usaha peternakan ayam

Masyarakat desa sebagian besar penduduknya ada yang menjadi peternak, terutama peternak ayam. Usaha peternakan ayam bisa Anda kembangkan di daerah pedesaan di mana lahan di desa masih luas. Jenis ayam yang dapat Anda ternakkan seperti ayam pedaging, ayam horn atau jenis ayam konsumsi yang lainnya.

5. Usaha ternak ikan lele

Lele menjadi salah satu ikan konsumsi yang banyak peminatnya. Membuka usaha ternak lele cocok untuk di kembangkan di pedesaan. Keuntungan yang di dapatkan sangat menjanjikan. Jika tidak memiliki lahan yang memadai, Anda bisa memulainya dengan budidaya ikan lele dalam kolam terpal, atau yang kini sedang tren adalah budikdamber (budidaya ikan dalam ember).

6. Usaha menerima jasa jahit

Peluang usaha di desaselanjutnya adalah membuka jasa jahit pakaian. Anda yang memiliki skill di bidang tata busana cocok untuk membuka usaha ini. Banyak orang yang membutuhkan jasa jahit untuk membuat pakaian baru seperti seragam kerja, seragam sekolah ataupun baju-baju lainnya. Tidak perlu bingung mencari tempat atau kios untuk membuka usaha ini. Anda bisa menerima jahitan pakaian cukup dari rumah.

7. Usaha potong rambut

Jasa potong rambut kebanyakan hanya di temukan di perkotaan. Sehingga masyarakat desa pun harus pergi ke kota dulu untuk memangkas rambutnya. Untuk membantu efisiensi, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang usaha. Dalam memotong rambut tidak asal-asalan. Anda harus berlatih teknik memangkas rambut yang baik dan benar.

8. Usaha warung makan

Membuka usaha warung makan di desa cukup menjanjikan. Banyak orang yang mencari varian menu makanan untuk di jadikan lauk saat makan sehari hari. Jam buka dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan berjualan Anda. Misalnya jam-jam sarapan, makan siang ataupun jam makan malam.

Itulah pembahasan mengenai ide peluang usaha di desa. usaha-usaha di atas sudah banyak yang mempraktikkannya, dan hasilnya sebagian besar bisa bertahan dalam jangka panjang. Hal tersebut karena adanya pengelolaan usaha yang mumpuni sehingga profit yang di hasilkan seperti gaji masyarakat perkotaan.

Nah, untungnya lagi biaya hidup di pedesaan pasti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan di perkotaan. Ditambah lagi saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah membuat desa bisa diakses dari mana saja. Anda bisa menjual barang dan jasa Anda ke mana pun menggunakan platform online. Bisa menggunakan media sosial maupun marketplace online seperti shoope, tokopedia, bukalapak dan sebagainya.

Jadi peluang usaha di desa ini tak akan kalah dengan peluang usaha di perkotaan. Hanya saja kuantitas permintaan yang mungkin jauh lebih kecil, namun itu bukan lagi menjadi masalah besar ketika dunia digital semakin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Tinggal bagaimana kita bisa mengakses para konsumen potensial kita.

Akhir kata, selamat berwirausaha semoga sukses. Salam belajar menyenangkan kapan saja dan di mana saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan