Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Tiga Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Loading...

Tiga Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri – Meski dinamakan ponsel pintar, namun ponsel tetaplah sebuah benda yang bisa saja mengalami masalah. Saat ini, ponsel mulai dihadirkan dalam bentuk yang terus dikembangkan. Perkembangan bentuk dan kecanggihan ponsel tetap tidak menutup kemungkinan bahwa ponsel akan terus dalam kondisi baik-baik saja ya.

Nah, salah satu bagian ponsel yang sering bermasalah adalah bagian layar. Yap, bagian layar hp bergerak sendiri, kadang tiba-tiba bergeser ke atas, bawah, kiri, kanan sendiri padahal tidak disentuh sama sekali. Bahkan parahnya lagi, layar hp bergerak sendiri ini juga dapat memencet berbagai tombol secara acak yang membuat ponsel tidak beraturan.

Permasalahan layar hp bergerak sendiri tentu menjadi sebuah permasalahan yang sangat serius ya, apalagi jika saat itu kamu tengah menyiapkan sebuah hal yang penting, bagaimana jadinya jika semua tombol terpencet, tentu akan merepotkan dan membuat kacau segalanya, misalnya, ada file penting yang terhapus. Penyebab masalah ini biasanya karena adanya kerusakan baterai, terlalu panas, rusaknya LCd, screen protector kotor dan berdebu, hingga bug pada firmware.

Nah, bagi kalian yang tengah menghadapi permasalahan tersebut atau ingin mengantisipasi bila hal tersebut terjadi pada HP kalian, berikut ini cara mengatasi layar HP bergerak sendiri. Sebagian besar dari kamu tentu pernah merasakan masalah yang tidak mengenakkan ini kan?

Bagaimana rasanya? Tentu sangat menjengkelkan. Karena itulah, kali ini kami akan memberikan solusi untuk masalah layar hp bergerak sendiri yang tengah kamu alami, ataupun jika suatu saat nanti kamu alami, karena memang, yang namanya masalah pada berbagai benda tentu tidak dapat diprediksi ya.

Sebenarnya yang paling penting untuk kita ketahui adalah mengapa layar hp kita gerak sendiri. Bila kita sudah mengetahui penyebab layar hp gerak sendiri maka langkah perbaikan akan lebih mudah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar hp gerak sendiri.

Mengganti baterai

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa salah satu penyebab layar hp bergerak sendiri adalah baterainya. Nah, baterai yang sudah gembung atau bengkak juga dapat menyebabkan layar LCD tertekan, hingga dapat membuat layar ponsel bergerak dengan sendirinya. Atau malah tidak bisa berfungsi sama sekali.

Maka, cara mengatasi layar yang bergerak tadi adalah dengan mengganti baterai. Dengan mengganti baterai, tentu performa ponsel menjadi lebih baik dan dapat berfungsi normal. Kenapa demikian? ya karena baterai yang sudah tidak normal biasanya tegangannya juga sudah tidak normal, sedangkan hal itu sangat penting untuk mendukung kinerja sistem hp.

Mematikan Ponsel Sejenak

Penyebab lainnya layar hp bergerak sendiri adalah karena terlalu lelah, terlalu panas, atau biasa disebut overheating. Hal ini bisa saja karena kamu membuka aplikasi yang sangat banyak. Sehingga, aktivitas yang memang multitasking ini justru memberikan masalah bagi ponsel kamu, seperti baterainya yang perlahan mulai boros, adanya berbagai gangguan, dan lain sebagainya, dan salah satunya ya layar yang bergerak sendiri tadi.

Karena ponsel kamu tengah kelelahan, cobalah untuk mengistirahatkannya sejenak, yakni dengan mematikannya sejenak saja. Biarkan ponsel dingin dahulu, jika sudah beberapa menit atau sudah dingin, hidupkan kembali. Cara ini terbilang sangat ampuh menangani masalah ponsel kamu.

Bersihkan screen protector

Screen protector adalah pelindung layar. Kamu tentu tahu ya. Nah, jika ketika proses pemasangan screen ini asal-asalan, maka, akan ada celah atau ruang yang bisa membuat debu ataupun kotoran masuk. Berbeda halnya jika pemasangannya dilakukan dengan benar, tentu tidak akan ada celah bagi kotoran, karena screennya tak melekat dengan sempurna ke layar.

Loading...

Maka untuk mengatasinya adalah dengan melepaskan dahulu screen protektornya, kemudian membersihkannya. Bahkan, apabila memang memungkinkan, tak adalahnya untuk menggantinya kan? Tapi ingat, jika kamu menggantinya, pastikan bahwa screennya dipasang sempurna.

Bawa ke tempat servis

Cara mengatasi layar hp bergerak sendiri yang terakhir adalah dengan membawa ponsel ke tempat jasa servis. Cara terakhir adalah jalan akhir ketika semua cara memang sudah kamu tempuh namun tak juga berhasil.

Kamu bisa membawa ponsel kamu ke tempat servis mana pun, apakah yang resmi atau biasa. Hanya saja, tentu akan lebih baik jika kamu ke tempat service yang resmi, karena jika kebetulan masih ada garansi, tentu bisa kamu gunakan, terutama jika ada kerusakan yang parah, tentu dapat menekan biaya pengeluaran kamu.

Namun ada hal penting yang harus kamu ketahui, yaitu apa penyebab kerusakannya. Kamu harus menanyakan pada jasa servicenya dan part apa yang akan diganti. Dengan demikian kamu bisa lebih berhati-hati lagi ke depan.

Demikian beberapa cara mengatasi layar hp gerak sendiri. Jika memang memungkinkan, coba dulu atasi sendiri ya, jika memang tidak memungkinkan, baru tempuh jalur service. Semoga bermanfaat. Salam belajar menyenangkan dari maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan