Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi

Cara Cek Jurnal Internasional Bereputasi

Artikel ini akan membahas bagaimana cara cek jurnal internasional bereputasi yang sudah ditetapkan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2019 kemarin. Ada beberapa cara yang akan saya bahas di sini.

Kriteria utama jurnal internasional bereputasi berdasar pada pedoman publikasi 2019 (terbaru) adalah terindeks di Scopus dan Web of Science (WoS). Untuk jurnal terindeks Scopus harus memunyai Scimago Journal Rank (SJR) dari SCImago Journal and Country Rank minimal Q3 (quartile 3). Sedangkan yang terindeks WoS cukup mempunyai faktor dampak atau impact factor.

Quartile Jurnal Terindeks Scopus

Cara cek jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus yang paling mudah adalah dengan melihat Q berapa di SJR. Quartile (Q) adalah posisi peringkat relatif sebuah jurnal dengan jurnal lainnya dalam suatu bidang tertentu.

Loading...

Namanya saja Quartile, jadi ada empat kelompok peringkat jurnal internasional di SCImago ini, yaitu: Q1, Q2, Q3, dan Q4. Tingkat paling tinggi adalah Q1 dan terendah adalah Q4.

Pemeringkatan utamanya ditentukan oleh banyak-sedikitnya penulis lain yang sama-sama terindeks Scopus yang melakukan sitasi dari artikel-artikel di jurnal ini. Kita bisa melihat dasar pemeringkatan ini di SJR.

SJR jurnal adalah jumlah rata-rata sitasi tertimbang yang diterima selama tahun tertentu per dokumen yang diterbitkan oleh jurnal itu selama tiga tahun sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silakan baca artikel saya di sini.

Cara Cek Q Jurnal di Scimago

Berikut ini akan saya contohkan bagaimana cara cek Q jurnal internasional bereputasi di Scimagojr.

cek jurnal scimago
  • Masukkan nama jurnal yang akan di cek. Lanjutkan dengan tekan “Enter” atau klik tombol/tanda pencarian.
pencarian jurnal di scimago
  • Bila muncul nama jurnal yang sama persis seperti yang diketikkan berarti jurnal tersebut sudah terindeks di Scopus dan terekam di SCImago. Namun, apabila nama jurnal tersebut belum muncul maka ada dua kemungkinan. Pertama, jurnal tersebut belum/tidak terindeks oleh scopus. Kedua, jurnal tersebut sudah terindeks oleh Scopus namun belum masuk dalam database Scimago. Biasanya jurnal yang baru terindeks scopus yang mengalami kasus seperti ini.
  • Bila nama yang dicari sudah muncul, maka klik nama jurnal internasional bereputasi tersebut.
hasil pencarian jurnal bereputasi
  • Kita akan dibawa pada laman detail jurnal internasional tersebut.
detail pencarian jurnal internasioanl bereputasi
  • Untuk melihat status Q jurnal ilmiah tersebut, arahkan tampilan layar ke bawah sampai menemukan blok “Quartiles”. Seperti gambar di bawah ini.
Status Q Jurnal Internasional bereputasi

Pada tampilan di atas jurnal tersebut berada pada Q yang berbeda untuk bidang yang berbeda pula. Perbedaan warna di atas menunjukkan perbedaan Q:

  • Warna hijau menunjukkan bahwa jurnal berada di dalam Quartile 1
  • Warna kuning menunjukkan bahwa jurnal berada di dalam Quartile 2
  • Warna orange menunjukkan bahwa jurnal berada di dalam Quartile 3
  • Warna merah menunjukkan bahwa jurnal berada di dalam Quartile 4

Ketika kursor mouse diarahkan ke warna tersebut maka akan muncul posisi Q-nya.

Loading...

Nah, demikianlah cara cek Q Jurnal Bereputasi di Scimago. Lalu bila ada perbedaan Q maka mana yang dipakai?. Jawabannya bisa bermacam-macam, namun yang paling rasional adalah sesuai dengan artikel atau bidang keilmuan Anda.

Biasanya ini terkait dengan penilaian kepangkatan atau insentif. Jadi yang menentukan biasanya adalah para reviewer. Namun, Scimago menyediakan ringkasan posisi Q terbaik jurnal beserta SJR nya di bagian bawah layar deskripsi jurnal tersebut. Seperti gambar berikut ini.

SCImago Journal & Country Rank

Cara Cek Ranking Jurnal di Scopus

Ada cara lain untuk melihat posisi relatif jurnal internasional bereputasi terhadap jurnal bereputasi lainnya. Salah satunya adalah dengan cek langsung di laman Scopus. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cek jurnal di Scopus
  • Masukkan nama jurnal di bagian “Enter title” kemudian klik “Find sources”.
Pencarian Jurnal Internasional bereputasi di Scopus
  • Akan muncul hasil pencarian seperti di bawah ini. Bila tidak muncul, ada kemungkinan jurnal tersebut sudah discontinued dari Scopus.
Hasil pencarian jurnal di scopus
  • Klik pada judul jurnal dari hasil pencarian di atas untuk mendapat keterangan lebih detail.
Detail jurnal bereputasi scopus
  • Untuk melihat posisi relatif jurnal internasional di Scopus berdasarkan CiteScore, silakan arahkan tampilan ke bagian bawah layar. Seperti gambar berikut ini.
Raking jurnal scopus
  • Berdasarkan luaran di atas, posisi jurnal masih mempunyai posisi relatif yang rendah dibanding jurnal-jurnal lain berdasarkan pada masing-masing bidang keilmuan.

Cara Cek Jurnal di WoS

Seperti yang telah disinggung di awal tadi bahwa kriteria jurnal internasional bereputasi adalah terindeks di WoS. Nah, sekarang kita cek apakah jurnal yang kita gunakan untuk mencoba tadi juga terindeks di WoS?. Bila tidak pun sebenarnya tidak masalah karena tidak harus terindeks di keduanya.

Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah cek jurnal bereputasi di WoS.

cek jurnal di wos
  • Silakan login atau buat akun bila belum punya. Daftarnya mudah dan gratis kok, Anda bisa menggunakan email Google untuk mendaftar atau login.
  • Setelah berhasil login silakan ketik nama jurnal yang akan dicari, kemudian klik “Search Journals”.
Pencarian Jurnal Bereputasi di wos
  • Bila tidak muncul di hasil pencarian maka jurnal tersebut memang belum terindeks di WoS.
  • Sebagai gantinya kita akan cek jurnal yang muncul paling atas dari pencarian kita tadi sebperti gambar di bawah ini. Silakan kli “View profile page” untuk melihat impact factor-nya.
Hasil pencarian jurnal internasional di wos
  • Keterangan detail jurnal tersebut adalah seperti gambar di bawah ini. Untuk melihat faktor dampaknya silakan arahkan tampilan ke bagian bawah layar.
Detail informasi jurnal bereputasi terindeks wos
  • Hasilnya seperti di bawah ini. Ternyata jurnal ini belum masuk dalam kriteria jurnal internasional bereputasi. Karena walaupun sudah terindeks WoS namun belum nilal faktor dampaknya masih 0,000.
journal impact factor di wos
  • Yang masuk sebagai jurnal internasional bereputasi terindeks WoS adalah yang sudah mempunyai impact factor di atas 0,000 seperti contoh berikut ini.
impact factor memenuhi kriteria jurnal bereputasi

Begitulah beberapa metode atau cara cek jurnal internasional bereputasi baik yang terindeks di Scopus maupun WoS. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan