Cara Simpel Merawat Handphone Android Agar Tidak Lemot

Bicara mengenai bagaimana cara merawat handphone Android agar tidak lemot sebenarnya di sesuaikan dengan pemakaian. Apalagi untuk handphone yang memiliki RAM juga penyimpanan yang terbatas, masalah ini pasti sering dijumpai. Lagi asik-asiknya main handphone apalagi pas lagi urgent tiba-tiba handphone nge-lag, pasti bikin emosi.

Sebenarnya kinerja handphone sama dengan manusia, kadang butuh istirahat, kadang butuh dirawat dengan baik agar tidak mudah sakit. Namun karena ngeyel, kadang seseorang memaksa handphone-nya untuk terus bekerja dan akhirnya pun cepat rusak.

6 Tips Simpel Agar HP Tidak Lemot

Loading...

Oke sobat, pada kesempatan yang bagus ini saya akan coba share beberapa tips mengatasi permasalahan di atas.

1. Lakukan Update Aplikasi Sesuai Permintaan

Langkah pertama adalah dengan cara melakukan update aplikasi apabila diminta pembaharuan. Ini biasanya kalau tidak dituruti aplikasi tidak akan berfugsi secara maksimal dan memberikan pengaruh pada software lainnya. Kejadian seperti ini sering terulang pada handphone yang tidak resmi, biasanya banyak sekali update dan bahkan memunculkan iklan sendiri yang tidak perlu.

2. Gunakan Aplikasi Resmi

Kemudian bicara masalah iklan, sobat sebenarnya bisa menggunakan beberapa browser atau aplikasi premium yang tanpa iklan. Dengan begitu aplikasi tersebut biasanya akan jauh lebih ringan dan tidak menyebabkan handphone android menjadi lemot.

3. Bersihkan Chace, Cookies Dan Riwayat Penelusuran

Saking sibuknya menggunakan handphone setiap hari, biasanya akan ada tumpukan besar berupa chace aplikasi, cookies dan juga history. Gak tanggung-tanggung kalau lama gak dibersihkan bisa sampai di atas 1Gb, dan ini juga akan memakan kapasitas memory menjadi lebih penuh.

Ini biasanya ada pada browser yang sering digunakan dan juga ada pada penyimpanan. Sobat bisa cari menu tersebut lalu hapus atau kosongkan. Melakukan penghapusan seperti ini cukup efektif untuk mengurangi beban kerja ram dan juga processor dalam menjalankan tugas.

4. Kurangi Multitasking Pada Handphone Android

Loading...

Menggunakan atau membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu jelas akan menjadikan handphone android lemot. Maka dari itu hindari multitasking. Caranya adalah tutup dan akhiri satu aplikasi jika ingin berpindah ke aplikasi lainnya. Awal-awal multitasking tidak akan menjadi masalah, namun kalau untuk hp dengan spek pas-pasan makin lama akan makin rusak karena dipaksa untuk bekerja terlalu keras.

Selain itu jika handphone sudah dirasa terlalu panas karena sudah lumayan lama digunakan, sobat bisa memberikan istirahat terlebih dahulu kepada handphone. Kalau panas dan digunakan terus menerus sudah pasti gawai apapun akan cepat rusak.

5. Nonaktifkan GPS dan Data Latar Belakang

Selanjutnya jika handphone sobat memiliki kapasitas yang pas-pasan, menggunakan GPS jelas akan menjadikan handphone lebih lemot. Contohnya adalah aplikasi order makanan online atau ojek online itu akan sangat lemot jika dipakai di handphone RAM 2 Gb kebawah, karena memang aplikasinya menggunakan GPS. Maka dari itu nontaktifkan saja aplikasi ini jika memang tidak sedang dipakai.

Selain itu nonaktifkan juga data latar belakang untuk menghindari beberapa aplikasi online sekaligus. Saya pernah menggunakan cara ini dulu ketika handphone dengan ram kecil agar bisa lancar menggunakan 1 aplikasi yang sedang penting untuk digunakan.

6. Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Loading...

Yang perlu kita ketahui yang pertama kali bahwa handphone lemot biasanya disebabkan karena kemampuan RAM dan Processor yang sudah mencapai batas. Artinya ya segitu saja kemampuannya dan tidak bisa dipaksa lebih.

Solusinya adalah meringankan kinerja RAM dan Processor agar lebih ringan dengan menonaktifkan sebagian aplikasi yang tidak terpakkai atau melakukan unistall aplikasi yang kurang penting. Karena biasanya handphone android akan ada banyak sekali aplikasi namun yang dipakai hanya beberapa saja. Untuk menonaktifkan fitur, sobat bisa simak materi fitur android yang wajib dinonaktifkan. Selain beberapa tips di atas usahakan juga agar handphone tetap awet dari segi hardware untuk sering-sering dibersihkan, jangan menggunakan handphone saat dicas dan juga matikan handphone minimal 1 minggu 1 kali selama 1 jam. Ini juga bisa membantu merawat handphone kita agar menjadi lebih awet.

Tinggalkan Balasan