Macam Emosi Negatif

Kenali 5 Macam Emosi Negatif Yang Menganggu

Roda Kehidupan ini memang selalu berputar dan kompleks. Mengetahui macam emosi negatif bisa dapat membantu keluar dari masalah yang dihadapi. Pada suatu waktu kamu merasakan bahagia, tenteram dan banyak orang mendukungmu namun di waktu kamu juga merasakan sedih, tak nyaman dan kesepian.

Emosi negatif memang akan dialami setiap manusia. Bukan karena Tuhan tak sayang melainkan sebagai bentuk ujian apakah kita sebagai hamba bisa menghadapinya atau tidak.

Emosi negatif itu banyak macamnya. Kita harus belajar mengenai hal ini. Supaya kita bisa tahu cara menanganinya.

Di artikel ini akan dibahas tuntas tentang beberapa macam emosi negatif.

Merasa Kesepian

Loading...

Ini salah satu bentuk emosi negatif yang banyak dialami. Merasa kesepian, tidak ada orang yang bisa diajak berbagi. Merasa hidup sendiri atau merasa kehilangan seseorang yang berarti.

Kesepian bisa menyerang siapa saja. Tidak mengenal strata sosial, umur, atau kelamin. Kesepian Cuma bisa diobati dengan bertemu orang yang kita sayang.

Manusia makhluk sosial yang butuh untuk bertemu, yang butuh untuk bicara, yang butuh untuk diperhatikan. Ini yang harus dipenuhi saat merasa kesepian.

Merasa Tertekan

Emosi negatif ini muncul saat kita dihadapkan dengan besarnya masalah, banyaknya tuntunan pekerjaan, deadline tugas yang sempit dan sebagainya.

Kita tidak bisa mengelak bahwa hidup itu penuh tantangan. Jika merasa tertekan coba ceritakan kepada orang lain supaya mereka bisa menenangkan dan memberi solusi.

Ambil nafas panjang dan coba berpikir jernih. Siapa tahu dengan perasaan yang tenang. Kita mengambil keputusan dengan bijaksana.

Cepat Marah

Semua orang pernah marah dan itu wajar. Marah adalah bentuk ekspresi manusia karena batas toleransinya dilanggar. Namun kadar kemarahan itu harus dikontrol. Marah berlebihan hanya akan merugikan diri sendiri.

Cobalah untuk meneliti kenapa alasanmu marah ? Apa kamu pernah salah yang sama kepada orang lain ? Apa kamu bisa berbesar hati memaafkan orang ?

Loading...

Introspeksi diri akan membuat kita sadar bahwa menyimpan marah itu tidak baik. Kita harus berlatih sabar dan akan lebih baik lagi kalau kita bisa memaafkan orang menyakiti kita.

Terlalu Cemas

Cemas itu wajar dan terjadi pada setiap orang. Cemas adalah wujud kepedulian dan perhatian kita terhadap sesuatu.

Namun terlalu Cemas juga tidak baik dan ini termasuk emosi negatif yang perlu dihilangkan. Coba tarik nafas sesantai mungkin, bayangkan hal-hal yang menenangkan.

Coba lawan prasangka buruk yang membuat kita cemas berlebihan. Katakan dengan yakin dalam hatimu bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Dihantui Rasa Bersalah

Berbuat kesalahan itu wajar, selama kamu menyadari kesalahan, meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat.

Mungkin dimasa lalu kita pernah mengecewakan orang, membuat orang sakit hati atau kesalahan lain yang membuat kita terhantui.

Tapi manusia selalu punya kesempatan untuk memperbaiki diri. Tuhan membuka pintu maaf lebar-lebar untuk hamba-Nya yang mau melangkah lebih baik. Dengan demikian kita tidak perlu dihantui rasa bersalah.

Demikianlah lima macam emosi negatif yang harus kita hindari dan bila menerpa kita, maka harus segera kita kendalikan. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan