Software Statistik Gratis Mirip SPSS

PSPP: Software Statistik Gratis Mirip SPSS

PSPP adalah salah satu software statistik mirip SPSS. Software analisis statistik ini dikembangkan sebagai alternatif SPSS yang harganya sangat mahal untuk peneliti pemula, apalagi mahasiswa. Sepertinya pengembangnya terobsesi ingin menghadirkan aplikasi analisis statistik sehandal SPSS namun tak perlu menguras kantong mahasiswa yang cekak.

Mereka tahu betul bagaimana menghadirkan alat analisis yang powerfull namun sangat mudah digunakan. Tampilan yang user friendly serta intuitif. Tidak jauh berbeda dengan SPSS. Kita akan langsung mengenali berbagai fitur-fiturnya ketika kali pertama menggunakannya. Sangat recommended deh, pokoknya ajib banget.

Loading...

Perangkat ini disediakan gratis bagi siapapun sebagai pengganti perengkat lunak SPSS yang berlisensi dan berbayar. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan jutaan rupiah tiap tahun.

Masa berlaku PSPP ini tidak akan kedaluwarsa seperti perangkat lunak berbayar. Juga tidak ada batasan pada jumlah kasus atau variabel yang dapat Anda gunakan seperti versi free atau trial. Tidak ada paket tambahan yang harus dibeli untuk mendapatkan fungsi “lanjutan”; semua fungsi yang saat ini mendukung PSPP ada dalam paket inti sekaligus paket lengkap.

Fitur-fitur PSPP

Perangkat lunak ini dibuat sangat mirip dengan SPSS, tentunya dengan beberapa keterbatasan fitur yang tidak signifikan. Namun, jangan khawatir bagi anda yang berstatus sebagai mahasiswa, peneliti maupun akademisi PSPP sudah cukup handal dalam menangani analisis data anda. Hanya beberapa fitur yang sangat jarang digunakan oleh peneliti pada umumnya yang tidak tersedia. Untuk tugas akhir, skripsi, tesis bahkan disertasi PSPP bisa diandalkan.

PSPP adalah software yang sangat mirip dengan SPSS. Software ini dapat diandalkan untuk melakukan statistik deskriptif, T-tes, anova, linear dan regresi logistik, langkah-langkah asosiasi, analisis cluster, reliabilitas dan analisis faktor, tes non-parametrik dan banyak lagi. Perangkat ini dirancang untuk melakukan analisis secepat mungkin, terlepas dari berapapun ukuran data input yang Anda analisis. Berapapun jumlah data yang Anda inputkan akan dilahap habis.

Berikut fitur-fitur yang disediakan PSPP :

  • Mendukung lebih dari 1 miliar data
  • Mendukung lebih dari 1 miliar variabel
  • File sintaks dan data yang kompatibel dengan SPSS
  • Pilihan format teks, postscript, pdf, opendocument atau html.
  • Inter-operabilitas dengan Gnumeric, LibreOffice, OpenOffice.Org dan perangkat lunak bebas lisensi lainnya.
  • Impor data yang mudah dari spreadsheet, file teks dan sumber basis data.
  • Kemampuan untuk membuka, menganalisis, dan mengedit dua atau lebih kumpulan data secara bersamaan.
  • Prosedur statistik yang cepat, bahkan pada set data yang sangat besar.
  • Tidak ada biaya lisensi.
  • Tidak ada masa kedaluwarsa.
  • Tidak ada “perjanjian lisensi pengguna akhir” yang tidak etis.
  • User manual yang terindeks.
  • Kebebasannya terjamin, dilisensikan di bawah GPLv3 atau yang terbaru.
  • Dapat dijalankan pada banyak komputer yang berbeda dan banyak sistem operasi yang berbeda.
  • PSPP secara khusus ditujukan untuk ahli statistik, ilmuwan sosial, dan mahasiswa yang membutuhkan analisis data sampel yang cepat dan mudah.

So, sudah tidak jamannya lagi kita menggunakan perangkat lunak ilegal. Kalau ada yang gratis mengapa pilih yang berbayar?. Kalau ada yang legal mengapa pilih yang ilegal?. Sebagai mahasiswa, dosen, atau peneliti mari kita berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan properti legal dalam berkarya dan belajar.

Loading...

Oh ya, saya hampir lupa. PSPP ini masih terus dikembangkan lho. Jadi, jangan khawatir ketinggalan jaman. Untuk versi 2020 sudah saya sediakan download installernya di bawah artikel ini. Untuk update selanjutnya silakan pantau di laman websitenya langsung.

Bila Anda adalah seorang pemula yang belum terbiasa menggunakan SPSS sebelumnya maka sebaiknya ketika menggunakan PSPP ini Anda meminta bantuan teman atau guru Anda yang sudah mahir. Hal ini semata-mata untuk mempercepat proses belajar Anda.

Bila Anda ingin belajar mandiri maka silakan baca tutorial di laman ini. Laman web ini dikembangkan untuk pembelajaran siswa/mahasiswa pemula tentang bagaimana melakukan analisis statistik dasar dengan perangkat lunak PSPP.

Loading...

Tutorial ini berupa teks dan bisa diakses online yang ditulis untuk kebutuhan siapapun yang tidak memiliki pengalaman dalam menggunakan perangkat lunak statistik sebelumnya. Materinya mencakup analisis fundamental yang kemungkinan besar akan dilakukan di kelas statistik tingkat pemula.

Demikianlah ulasan singkat saya tentang PSPP, software statistik yang sangat mirip SPSS tapi gratis juga powerfull. Sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan analisis statistik Anda. Be Positive…..

Download:

Tinggalkan Balasan