Heading bola adalah

Heading Bola, Skill Penting Pemain Sepak Bola

Loading...

Heading bola atau juga sering disebut dengan sundulan merupakan salah satu skill dasar dalam bermain sepak bola. Tidak hanya penting bagi striker, namun pemain tengah dan belakang pun perlu menguasai teknik heading yang baik.

Terutama adalah pemain belakang dan pemain depan. Itulah mengapa pemain belakang dan depan kebanyakan lebih tinggi dari pemain tengah. Salah satu pemain dengan skill heading bola yang hebat favorit saya adalah David Trezeguet yang sebagian besar karirnya bermain untuk Juventus dan di klub ini saat ini juga ada Cristiano Ronaldo yang juga punya skill heading yang luar biasa.

Heading Bola pada dasarnya adalah memantulkan bola dari kepala yaitu idealnya dengan bagian atas dahi. Jenis-jenis sundulan ini dicirikan oleh cara perpindahan momentum antara bola dan kepala.

Ketika seorang bek menyundul bola panjang, lehernya ditahan dan pantulan bola dari kepalanya mentransfer momentum ke tubuhnya. Situasi yang lain di mana momentum diambil oleh tubuh adalah pada sundulan diving (menyundul bola dengan gerakan tubuh seperti menyelam). Dalam hal ini seluruh tubuh diluncurkan pada bola dan kecepatan tubuh yang menentukan gerakan bola yang dihasilkan.

Dalam sundulan yang lebih kuat atau pemain berkeinginan untuk menambah kecepatan dan kekuatan laju bola, otot digunakan untuk mendorong kepala ke arah bola. Jenis sundulan ini biasanya digunakan oleh striker untuk mendorong umpan silang dari sisi lapangan ke arah gawang.

Saat kepala memukul bola, momentum ditransfer ke bola dan kepala diperlambat. Karena kepala beratnya beberapa kali lipat dibanding bola dan karena berlabuh di leher, perubahan kecepatan kepala melalui tumbukan biasanya kurang dari 10% dari kecepatan yang diberikan pada bola.

Dalam menyundul bola, gerakan kepala dibatasi hingga beberapa inci, dan kecepatan yang diberikan pada bola jauh lebih sedikit daripada yang mungkin bisa dilakukan dengan tendangan.

Namun ada kelebihan tersendiri dari sebuah sundulan bagi para pemain depan. Karena pergerakan kepala dalam menyundul bola hanya beberapa cm saja maka akan sering mengakibatkan kesulitan penjaga gawang dalam mengantisipasi arahnya.

Terkadang, kepala dipukul oleh bola yang tidak terlihat, atau sebelum pemain dapat mempersiapkan diri. Hal ini kemudian memungkinkan untuk kehilangan momentum bola untuk dipindahkan ke kepala.

Misalnya dalam kasus kecepatan bola 60 km per jam, sedangkan kepala hanya dapat digerakkan satu inci dalam seperseratus detik, gaya di kepala sesuai dengan percepatan 50g. Akselerasi yang lebih besar dari ini dapat menyebabkan ketidaksadaran.

Nah, sangat perlu bagi seorang pemain sepak bola, terutama pemain depan dan belakang untuk melatih otot-otot leher secara rutin. Karena otot-otot inilah yang akan menentukan kekuatan dan keakuratan sundulan (heading bola).

Melatih otot kaki juga amat penting. Kita mungkin sudah tahu sebuah gol fenomenal Cristiano Ronaldo melalui sebuah sundulan dengan lompatan yang amat tinggi. Nah, kelenturan dan kekuatan otot kaki ini akan membantu pemain dalam menjangkau bola sebelum jatuh di kepala lawan.

Bambang Pamungkas adalah pemain nasional yang mempunyai skill sundulan dan lompatan yang tinggi. Nah, bila ingin punya skill heading bola yang aduhai maka jangan malas berlatih ya…. (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan