Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan Bumi

Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan Bumi

Dampak Pemanasan Global Bagi Kehidupan BumiMeskipun kita menyadari berbagai dampak pemanasan global di Bumi, kita tidak benar-benar tahu kapan kita akan dihadapkan karenanya. Salah satunya termasuk gletser yang mencair, perubahan iklim, kepunahan massal, dan sebagainya.

Bahkan, United States Geological Survey telah mengungkapkan bahwa pada tahun 2030 yang terkenal Glacier National Park di Amerika Serikat akan ditinggalkan tanpa adanya gletser!

Ancaman pemanasan global telah berlipat ganda selama bertahun-tahun dan sayangnya, hal itu terus memperbanyak masalah, sebagai pergumulan antara negara maju dan berkembang untuk menerapkan pemotongan emisi berlanjut.

Pemanasan global adalah masalah yang sangat serius, karena dampaknya pada satu komponen tertentu dari bumi memicu serangkaian dampak buruk pada komponen terkait lainnya. Misalnya, es di kutub mencair akan menaikkan level air, yang pada gilirannya akan menenggelamkan daerah dataran rendah di seluruh dunia.

Pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi, disebabkan terutama karena meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Gas rumah kaca ini sebagian besar diproduksi sebagai hasil dari aktivitas manusia. Hal ini akhir-akhir ini menjadi masalah serius, yang mengancam untuk mengganggu keseimbangan dasar lingkungan dan menyebabkan kerusakan besar-besaran.

Siapa yang Terkena Pemanasan Global?

Manusia, hewan, tumbuhan, iklim, tanah, dan banyak lagi yang akan dipengaruhi oleh pemanasan global. Bahkan, beberapa spesies tanaman dan hewan yang sudah di ambang kepunahan.

Studi menunjukkan bahwa sekitar 15-37 persen spesies tanaman dan hewan akan hilang dari planet bumi ini pada tahun 2050. Perubahan pola iklim sudah mulai menunjukkan gejala yang negatif, permukaan laut meningkat, dan seterusnya. Bila kita tidak melakukan apa-apa, itu berarti kita hanya menuju kehancuran.

Dampak Pemanasan Global tentang Lingkungan

Suhu rata-rata planet untuk setiap tahun, selama dekade terakhir, telah menampilkan di atas 25 suhu yang tinggi sepanjang masa. Bahkan, tahun 1998 dan 2005 adalah tahun-tahun terpanas dalam sejarah Bumi.

Planet ini semakin panas dari hari ke hari, dan hanya karena perubahan yang terjadi secara bertahap kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa kita rentan terhadap ancaman pemanasan global. Bahkan, ungkapan tepat akan – ‘seluruh planet terancam oleh bahayanya.

Dampak pada Hewan

Dampak pemanasan global bagi kehidupan bumi juga terjadi pada hewan. Sejumlah besar spesies hewan akan hilang dari planet ini, karena hilangnya habitat dipicu oleh pemanasan global. Tidak ada keraguan bahwa banyak hewan akan menanggung beban perubahan iklim dikaitkan dengan itu. Bahkan, itu dikhawatirkan bahwa cepat atau lambat akan memicu kepunahan massal, dan sepertiga dari spesies hewan akan punah pada tahun 2050.
Beruang Kutub: Beruang kutub tergantung pada es terbentuk di laut ketika berburu. Jika es mencair, kisaran beruang kutub akan berkurang untuk sebagian besar, dan ini kehilangan habitat pada gilirannya akan menyebabkan penurunan populasi beruang kutub.
Penguins: es laut lebur juga akan mengakibatkan penurunan pertumbuhan alga, yang pada gilirannya akan mengakibatkan penurunan organisme kecil, seperti udang krill, yang merupakan bagian yang sangat penting dari makanan penguin. Dan dengan demikian, kelangkaan pangan dan hilangnya habitat akhirnya akan mendorong penguin menuju kepunahan.
Serigala Arktik: suhu hangat telah mendorong rubah Arktik lebih jauh ke utara untuk mencari habitat dingin, tapi tingkat di mana kita kehilangan daerah dingin, rubah Arktik terikat untuk kehilangan pertempuran untuk bertahan hidup dalam waktu dekat.
Ini adalah hanya beberapa dari hewan yang terancam oleh pemanasan global. Daftar panjang meliputi karibu, kupu-kupu, hewan hibernate, burung migran dan berbagai jenis ikan juga.

Dampak pada Tanaman

Karena perubahan drastis dalam tingkat suhu, berbagai jenis tanaman telah mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan daerah dimana ketika mereka berkembang. Musim pertumbuhan beberapa spesies tanaman juga telah diubah, yang pada gilirannya telah mengganggu siklus reproduksi spesies, sehingga memberikan pukulan drastis pada populasi tanaman.

Bahkan perubahan pola curah hujan dapat menyebabkan dampak berbahaya pada berbagai jenis tanaman. Dampak pemanasan global pada pertanian adalah contoh terbaik dari ini. Sering hujan akan menyebabkan banjir, sedangkan kurang hujan akan mengakibatkan kekeringan, keduanya hanya akan menyebabkan kerusakan lahan pertanian.

Bencana alam lainnya, seperti badai, yang juga disebabkan karena pemanasan global, dapat memiliki dampak buruk pada kehidupan tanaman. Selanjutnya kepunahan hewan juga akan menyebabkan dampak negatif terhadap kehidupan tanaman, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Misalnya, kepunahan harimau akan mengakibatkan peningkatan jumlah herbivora dan makan berlebihan oleh herbivora akan mengakibatkan menipisnya cakupan hutan. Kepunahan burung akan mempengaruhi proses penyerbukan dan menghambat reproduksi pada tumbuhan. Karena semua faktor ini, berbagai spesies tanaman juga diharapkan menjadi punah pada akhir abad ini.

Dampak pada Cuaca

Peningkatan suhu sebagai dampak pemanasan global bagi kehidupan bumi menyebabkan dampak yang merugikan pada cuaca juga. Bahkan perubahan kecil dalam suhu global akan memicu serangkaian ekstremitas cuaca, dan mengubah pola iklim di planet ini. Jumlah bencana alam telah meningkat selama jangka waktu tertentu. Tiga dekade terakhir telah menyaksikan peningkatan jumlah kategori badai 4 dan kategori 5. Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengakui fakta bahwa frekuensi hujan lebat telah meningkat selama 50 tahun terakhir.

Di satu sisi, pemanasan laut akibat pemanasan global menimbulkan badai ganas, sementara lebih dari suhu normal di darat menimbulkan gelombang panas yang hebat. Suhu yang lebih tinggi menyebabkan penguapan lebih cepat dari air dan menyebabkan kekeringan di satu bagian, dan membawa hujan deras dan menyebabkan banjir di bagian lain dunia. Meskipun kita tidak dapat menyimpulkan dampak serius dari pemanasan global terhadap cuaca dengan mempertimbangkan satu tahun kekeringan tunggal atau badai menghancurkan tunggal, tren ini kejadian alam berbicara dalam volume untuk diri mereka sendiri.

Dampak pada Gletser

Salah satu dampak yang lebih parah dari pemanasan global di Bumi adalah mencairnya es abadi dan permanen menutupi di muka bumi. Ada beberapa ribu gletser tersebar di seluruh dunia yang merupakan sumber penting air tawar. Pemantauan dari gletser ini, oleh proyek-proyek seperti Global Ice Pengukuran Tanah dari angkasa (GLIMS), telah mengungkapkan bahwa gletser ini menghilang pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Hal ini dipandang sebagai salah satu faktor yang paling menonjol untuk naiknya permukaan air laut. Gletser di bidang es Patagonia Argentina telah surut 1,5 kilometer lebih dua dekade terakhir. Jumlah gletser di Taman Nasional Gletser di Montana telah turun dari angka perkiraan dari 150-50 dalam kurun waktu 150 tahun, dan diperkirakan akan turun lebih jauh, akhirnya mengarah pada hilangnya semua gletser pada 2030.

Mencairnya gletser dapat memicu bencana alam yang parah, seperti banjir bandang, di daerah sekitarnya. Lebih penting lagi, air meleleh mengalir ke lautan sehingga menyebabkan permukaan laut naik, yang akhirnya mengarah pada merendam daerah dataran rendah seperti Bangladesh dan Maladewa.

Dampak pada Tingkat Laut

Salah satu yang paling menyedihkan di antara berbagai dampak pemanasan global di bumi adalah naiknya permukaan air laut, yang mengancam untuk mengganggu sampai di darat. Jika permukaan air laut naik maka akan menghasilkan kuburan air ke beberapa daerah dataran rendah, pulau-pulau kecil dan bagian reklamasi lahan.

Jadi bagaimana sebenarnya hal itu mempengaruhi permukaan air laut? Dasar-dasar studi geografis menunjukkan bahwa air mengembang ketika dipanaskan. Dalam kasus ini, suhu global meningkat yang menyebabkan badan air panas, memperluas dan dengan demikian melanggar batas di darat.

Alasan lain yang menonjol untuk kenaikan permukaan laut yang mencair es dari gletser dan lapisan es kutub – yang sekali lagi dipercepat oleh pemanasan global. Toko-toko es jauh besar daripada yang kita bayangkan. Bahkan, mencairnya Barat Ice Sheet Antartika saja mungkin dapat menyebabkan laut naik kekalahan 10 meter.

Menurut Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) permukaan air laut telah melihat peningkatan dari 6,7 inci pada abad lalu, dan jika tingkat mengkhawatirkan pemanasan global terus berlanjut, tingkat air laut akan naik hingga 22 inci pada tahun 2100. Ini akan berarti bahwa pulau seperti Maladewa dan Tuvalu dan daerah dataran rendah seperti Bangladesh akan pergi di bawah air, dan kota-kota penting seperti Mumbai, Shanghai dan Florida akan menjadi rentan terhadap kuburan air seperti kota legendaris Atlantis. Bahkan, Maladewa pulau tenggelam adalah contoh terbaik dari kehancuran karena kenaikan permukaan air laut.

Dampak pada Terumbu Karang

Dampak pemanasan global bagi kehidupan bumi juga terjadi dalam kehidupan di laut. Dampak dari pemanasan global terhadap terumbu karang yang menghancurkan ke mana-mana, bahwa ekosistem besar terumbu ini akan pertama yang dihapus dari planet dalam waktu dekat. Ketika air laut menjadi hangat, ganggang di lautan cenderung menghasilkan senyawa oksigen beracun yang disebut superoksida yang merusak bagi karang.

Sebagai mekanisme pertahanan, karang sebagai tumpangan kehidupan alga, akan meninggalkan terumbu karena kelaparan untuk nutrisi dan warna berubah menjadi putih. Proses ini disebut sebagai pemutihan.

Pemanasan global mengancam sebagian besar terumbu karang, dan faktanya adalah bahwa jika terumbu karang hilang dari planet ini, itu akan mempengaruhi sepertiga dari keanekaragaman hayati laut di planet ini, serta ekosistem lainnya yang terkait dengan terumbu karang secara langsung maupun tidak langsung.

Dampak pada Manusia

Ketika seluruh lingkungan akan mengalami dampak pemanasan global, secara alami manusia tidak akan menjadi pengecualian. Bahkan, kita akan menjadi makhluk yang terkena dampak terburuk di planet karena langsung atau tidak langsung kita tergantung pada semua komponen lingkungan yang dibahas di atas. Hewan dan tanaman terkait satu sama lain, kepunahan akan memberikan tekanan besar pada lainnya, akhirnya menyebabkan kepunahan.

Manusia, pada gilirannya, tergantung dari keduanya untuk berbagai tujuan, sehingga punahnya hewan atau tanaman juga akan mempengaruhi manusia untuk sebagian besar. Cuaca yang tidak teratur akan memiliki dampak yang parah pada beberapa aktivitas manusia. Musim panas yang hangat akan berarti lebih banyak alergi dan bahkan lebih penyebaran penyakit serangga. Curah hujan tidak alami akan menyebabkan kehancuran tanaman dan menghambat pertanian. Meningkatnya suhu akan menyebabkan pemanasan tubuh laut, yang pada gilirannya akan meningkatkan frekuensi badai.

Penghancuran terumbu karang akan menyebabkan hilangnya kehidupan laut termasuk ikan yang merupakan konstituen penting dari makanan manusia. Daerah pesisir di seluruh dunia yang sangat padat, sehingga setiap kenaikan permukaan air laut akan mengakibatkan dampak yang berat pada orang-orang yang tinggal di daerah pesisir.

Perkiraan Ahli glasier bahwa jika mencairnya gletser pada tingkat sekarang terus berlanjut, sekitar 20 persen dari wilayah Bangladesh akan mendapatkan terendam dalam laut pada tahun 2020. Negara-negara seperti Maladewa, dengan titik tertinggi dari 2,4 meter di atas permukaan laut rata-rata, akan mendapatkan terendam jika tingkat air laut naik 3 meter. Hilangnya gletser akan menghambat pasokan air bagi jutaan orang.

Kenaikan permukaan laut akan mengubah garis pantai sehingga mempengaruhi sektor pariwisata. di garam air dari lautan akan mengalir ke dasar sungai sehingga air sungai tidak dapat digunakan.

Dampak Ekonomi

Dampak dari dampak pemanasan global bagi kehidupan di bumi juga akan terasa pada perekonomian berbagai negara. Yang paling terkena dampak adalah negara dengan pertanian sebagai sumber utama perekonomiannya. Fenomena ini akan memicu serangkaian perubahan kondisi cuaca yang akan berpengaruh langsung pada kegiatan pertanian dan bercocok tanam lainnya. Karena pola curah hujan yang tidak wajar, gagal panen akan menjadi fenomena yang sangat umum.

Ekonomi yang tergantung pada pariwisata, seperti Maladewa, juga akan menanggung beban pemanasan global. Ketika tingkat air naik semua daerah pesisir akan menjadi terendam sehingga dunia menjadi tanpa pantai-pantai yang indah. Menimbang bahwa dunia telah menjadi desa global, dampak domino juga akan terlihat pada negara-negara lain dan yang lebih penting pada perekonomian dunia.

Tidak segala sesuatu tentang pemanasan global akan berakibat buruk. Iklim hangat akan berarti musim tumbuh lebih lama dan karenanya mengakibatkan peningkatan produksi. Di Amerika Serikat, itu akan mencairkan kutub sepanjang Barat Laut Bagian yang akan menurunkan biaya pengiriman.

Masalahnya adalah bahwa dampak negatif yang jauh melebihi dampak positif, dan dengan demikian seluruh dunia prihatin tentang masa depan – dan mencoba untuk menemukan beberapa solusi untuk masalah ini.

Penyebab alami pemanasan global yang meliputi uap air dan gunung berapi berada di luar jangkauan kita, tapi kita dapat memastikan bahwa penyebab buatan manusia bisa dikurangi. Jika kita tidak melakukan langkah yang diperlukan segera kita akan menghadapi akibat buruknya dalam beberapa tahun mendatang.

Beberapa hal harus dipertimbangkan sebelum kita benar-benar menentukan dampak pemanasan global di planet kita. Kaumu skeptis berpendapat bahwa sebagian besar masalah ini dibesar-besarkan. Menutup mata terhadap tanda-tanda kehancuran, mereka merasa bahwa dampak perubahan iklim tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Tapi kemudian, jika setetes 5 derajat selama periode yang cukup lama dapat memicu zaman es, tidak akan naik sebesar 5 derajat memiliki dampak yang menghancurkan di muka bumi?

 

Demikianlah bahasan kami mengenai dampak pemanasan global bagi kehidupan di bumi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan