Cara Menghadapi Atasan yang Selalu Mencari Kesalahan

Cara Menghadapi Atasan yang Selalu Mencari Kesalahan

Cara Menghadapi Atasan yang Selalu Mencari Kesalahan – Bos cepat sekali marah! Juga sering mencari kesalahan kita? Pada saat atasan marah rasanya tidak berguna juga jika hendak memberikan penjelasan  pada saat itu kepadanya, karena justru hal itu hanya menambah amarahnya semakin meluap, sebab emosi yang labil membuatnya kurang punya pertimbangan baik.

Padahal, produktivitas karyawan sangat terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga menyangkut psikis. Siapa yang bisa bekerja maksimal bila setiap hari harus menghadapi omelan bos?

Memiliki atasan yang temperamental tak hanya menyebalkan, tapi juga menyiksa, atasan yang demikian membuat bersungut-sungut.  Para pekerja yang berada dalam situasi ini merasa tertekan karena terpaksa bertahan dengan bos galak, mengingat sulitnya mencari pekerjaan saat ini. Atasan yang temperamental ini tidak punya bertoleransi, membuat banyak pekerja pada  akhirnya akan memutuskan berhenti dan pindah kantor lain.

Memang kebanyakan para pekerja tidak mau ambil pusing menghadapi atasan yang demikian, para karyawan tersebut hanya mengenal ada 2 peraturan yang berlaku di dunia kerja yang sudah menjadi rahasia umum yaitu :

  1. Bos tidak pernah salah
  2. Kalau Bos salah, kembali ke peraturan pertama

Tips Jitu Cara Menghadapi Atasan

Berikut beberapa tips yang mungkin berguna sebagai cara menghadapi atasan yang selalu mencari kesalahan atau suka marah-marah:

Terus Meng-update
Cara terbaik untuk menghadapi bos yang sangat teliti dan kerap mencari kesalahan adalah dengan memberikan update terkini dari pekerjaan Anda secara berkala. Kirimkan email atau laporan daftar proyek yang sedang Anda lakukan beserta data-data yang mendukung, demikian juga bila Anda telah menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Konfrontasi
Membalas teriakan dengan teriakan memang bukan cara yang tepat. Namun, pikirkan lagi apakah kondisi yang Anda hadapi memengaruhi kinerja dan produktivitas Anda dalam pekerjaan.

Bila bos marah dan berteriak, jangan hanya berdiam diri, katakan dengan tenang bahwa Anda membutuhkan diskusi dengan kepala dingin untuk menyelesaikan pekerjaan. Bila cara ini tak berhasil, mintalah bantuan bagian HRD untuk menyelesaikan masalah ini.

Berinisiatif
Memiliki bos yang kerap marah terkadang ada untungnya juga. Untuk menghindari kemarahannya tentu Anda akan berusaha maksimal memberikan hasil yang terbaik, sehingga Anda tergerak untuk melakukan berbagai insiatif demi menghasilkan prestasi yang memuaskan. Bila Anda terbiasa bersikap proaktif, kelak ini akan menjadi nilai plus Anda di masa depan.

Biarkan saja
Anda tak perlu menuruti setiap kemarahan dan omelan bos bila Anda yakin telah melakukan hal yang benar dan telah berkonsultasi dengan orang lain. Jadi, biarkan saja bos marah-marah, tak perlu diambil hati karena sifat buruknya itu menandakan bos Anda bukanlah orang yang dewasa. Biarkan saja ia dengan kemarahannya, sementara Anda tetap produktif dan menunjukkan kinerja terbaik.

Demikianlah beberapa tips cara menghadapi atasan yang selalu mencari kesalahan dan suka marah-marah. Semoga tips ini ada manfaatnya dan salam sukses selalu (maglearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan