Cara Mencadangkan WhatsApp GB Ke Google Drive di Android

Cara Mencadangkan WhatsApp GB Ke Google Drive di Android

Cara Mencadangkan WhatsApp GB Jika mencadangkan pesan WhatsApp original ke google Drive mungkin sudah menjadi hal biasa dan gampang. Namun, jika memakai versi mod seperti WA GB mungkin pengguna masih bingung. Hal itu sudah wajar dan cara mencadangkan whatsapp gb ke google drive bisa dipelajari pada artikel berikut.

Jadi meski menggunakan WhatsApp mod, pengguna masih bisa mencadangkan file di dalamnya ke layanan Google Drive. Sehingga ketika file terhapus masih memiliki file cadangan yang tersimpan di google Drive.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mencadangkan WhatsApp GB ke Google Drive, maka langsung simak penjelasannya berikut.

Cara Mencadangkan WhatsApp GB Ke Dalam Google Drive

Pada pembahasan pertama kali ini adalah bagaimana cara mencadangkan WhatsApp GB agar datanya tersimpan di google Drive. Metode ini mungkin masih sedikit asing bagi beberapa orang, hingga perlu ketelitian dalam mempraktekkan. Jadi simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, pengguna bisa buka aplikasi GB WhatsApp yang dimiliki, lalu klik menu lainnya.
  • Bila tidak ada, maka pengguna bisa klik ikon garis tiga bertumpuk atau hamburger pada bagian kanan atas lalu masuk pada menu setting.
  • Jika sudah, pengguna bisa pilih menu chat untuk dicadangkan, perlu diingat juga bahwa mencadangkan chat dan media di dalamnya memiliki langkah yang berbeda.
  • Bila sudah, pengguna bisa klik opsi menu cadangan chat, selanjutnya pengguna hanya tinggal menunggu proses pencadangan atau backup berhasil 100%.
  • Karena pencadangan tidak bisa dilakukan dengan otomatis, maka pengguna harus mencadangkan secara manual dan buka file manager atau berkas.
  • Selanjutnya, pengguna bisa pilih pada opsi penyimpanan internal dan cari data pencadangan tersebut, biasanya menggunakan nama GBWhatsApp.
  • Jika sudah ditemukan, maka pengguna bisa tekan file atau folder tersebut dan sedikit ditahan agar muncul beberapa opsi pilihan.
  • Apabila sudah muncul maka klik lainnya dan dilanjutkan dengan memilih opsi kompres lalu klik oke.
  • Proses ini nantinya akan langsung berjalan dan mengubahnya file atau folder tersebut menjadi file berformat Zip.
  • Jika sudah berhasil, maka pengguna bisa keluar dari file manager dan masuk pada google drive, pastikan bahwa Google sudah terhubung dengan akun google.
  • Pada halaman utama pengguna bisa pilih menu cari atau klik ikon + atau tambah.
  • Pada halaman tersebut, pengguna hanya tinggal mencari file yang sebelumnya sudah dikompres dan tinggal upload.
  • Tunggu hingga proses upload benar-benar selesai, jika sudah maka proses pencadangan di google drive berhasil.

Mengapa Tidak Bisa Mencadangkan Wa GB Secara Otomatis?

Jika pengguna pernah mencadangkan pesan WhatsApp original dan bisa langsung secara otomatis tersimpan di google Drive, maka sedikit berbeda dengan cara mencadangkan whatsapp gb ke google drive yang harus dilakukan secara manual. Hal tersebut karena didasari beberapa alasan seperti uraian berikut:

1. Bukan Aplikasi Legal

Meski memodifikasi WhatsApp sudah banyak dilakukan oleh sebagian developer namun aplikasi tersebut masih dianggap ilegal. Sebab itu, aplikasi GB WhatsApp tidak tersedia di Google Play store. Jadi mengharuskan pengguna untuk mengunduh melalui situs penyedia lain.

Karena hal tersebut juga membuat GB WhatsApp tidak bisa terhubung langsung dengan google Drive. Karena itu, jika mencadangkan data dan pesan yang ada di dalamnya harus menggunakan cara manual seperti yang sudah dijelaskan.

2. Belum Login Ke Akun Google

Masalah selanjutnya yang mungkin terjadi adalah karena pengguna belum login ke akun google. Sehingga WhatsApp tidak bisa mengakses dan terhubung dengan google Drive. Namun penyebab paling rawan adalah karena aplikasi yang dianggap ponsel sebagai hal ilegal.

Demikian adalah pembahasan mengenai bagaimana cara mencadangkan whatsapp gb ke google drive yang bisa pengguna coba. Cara manual ini juga menjadi salah satu cara paling sering digunakan. Karena belum ada metode lain untuk mencadangkan secara otomatis. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di tips & trik lainnya. Salam bahagia selalu (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan