APA ITU HYBRID/BLENDED LEARNING?

Jay Caulfield (2011) mendefinisikan blended learning sebagai program yang mengurangi ‘waktu tatap muka’ yang digantikan oleh waktu yang dihabiskan di luar ruang kelas tradisional. Sedangkan menurut Garrison & Vaughan (2008) blended learning adalah perpaduan yang baik antara pengalaman pembelajaran online dan tatap muka. Prinsip dasarnya adalah bahwa komunikasi lisan tatap muka dan komunikasi “tertulis” online terintegrasi secara optimal sehingga kekuatan masing-masing dicampur ke dalam pengalaman belajar yang unik sesuai dengan konteks dan tujuan pendidikan yang dimaksudkan. Bonk & Graham (2006) Mendifinisikan blended learning sebagai kombinasi pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran yang dimediasi dengan komputer. Definisi lebih simpel dan cukup opersional. Dalam desain pembelajaran ini kelas-kelas pembelajaran tatap muka tradisional dikombinasikan dengan pembelajaran online berbasis web dan atau pembelajaran yang dimediasi komputer atau gawai cerdas lainnya.

Blended learning ini sering pula disebut dengan Hybrid Learning yang pada prinsipnya adalah memanfaatkan kekuatan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online sekaligus menutupi kelemahan-kelemahan dalam masing-masing pembelajaran. Pembelajaran tatap muka mempunyai kelebihan dan tidak dapat digantikan dengan pembelajaran jarak jauh, begitu pula sebaliknya.

KELEBIHAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Pembelajaran tatap muka mempunyai beberapa kelebihan sekaligus kelemahan. Kelebihan pembelajaran tatap muka diantaranya adalah:

Mendorong Siswa Giat Belajar

Pendidikan tradisional adalah mode pembelajaran aktif. Siswa belajar dengan cepat di kelas. Interaksi guru siswa mendorong siswa untuk secara aktif mempelajari pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ini adalah fitur paling menonjol dari pendidikan tradisional.

Partisipasi Aktif Siswa dan Guru

Siswa secara aktif terlibat dalam kegiatan kelas. Mereka membantu siswa lain dalam mempelajari hal-hal terkait. Mereka mengajukan pertanyaan dari guru jika mereka memiliki masalah dalam studi. Partisipasi aktif sangat penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang teori-teori yang dibahas di kelas.

Komunikasi

Ada komunikasi yang baik antara siswa dan guru maupun antar siswa itu sendir. Ini sangat penting untuk meningkatkan tingkat kepercayaan siswa. Komunikasi yang baik membuat siswa menjadi komunikator dan guru yang baik juga merasa kompeten setelah mendapat umpan balik dari siswa.

Terjadwal Dengan Baik

Bagian terbaik dari pendidikan tradisional adalah dijadwalkan dan dilaksanakan dengan baik. Jadwal dan durasi kuliah semua dijadwalkan. Ini membantu dalam membuat siswa berdisiplin dan beradab.

KELEMAHAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, tentunya pembelajaran tradisional memiliki kelemahan-kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut diantaranya adalah:

Seperti Disuapi

Siswa selalu tergantung pada guru mereka dalam setiap hal terkait pembelajaran. Ini membuat mereka tergantung pada guru. Sifat ini menekan sisi kreatif kepribadian mereka dan mereka tidak akan pernah mengetahui kekuatan mereka.

Favoritisme

Guru menunjukkan favoritisme pada sebagian kecil siswa, yang menghancurkan kepribadian siswa yang ditinggalkan. Mereka merasa tidak kompeten dan kurang berharga. Sikap ini memicu perasaan inferior pada siswa lain. Padahal para guru harus memperlakukan semua siswa secara setara.

Kegiatan ekstrakurikuler mendistorsi siswa

Ketika ada lebih banyak kegiatan ekstrakurikuler, maka siswa merasa kesulitan dalam berkonsentrasi pada pembelajaran mereka. Mereka asyik dengan hal-hal yang mempengaruhi kinerja pendidikan mereka. Sulit bagi siswa untuk menjaga keseimbangan antara studi dan kegiatan ekstrakurikuler.

Ruang dan Waktu yang terbatas

Fasilitas yang tidak merata membuat pembelajaran berjalan tidak seimbang antara desa dan kota. Kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh, pada cuaca yang panas atau ruang belajar dengan banyak siswa tidak akan optimal dalam belajar. Selain itu ada waktu-waktu tertentu yang tidak kondusif untuk belajar namun masih tetap dipaksakan.

KELEBIHAN PEMBELAJARAN ONLINE

Pembelajaran online juga memiliki kelebihan sekaligus juga mempunyai kelemahan. Pembelajaran online berpotensi untuk memberikan peluang bagi orang-orang yang sebelumnya memiliki akses terbatas pada pendidikan, serta paradigma baru bagi para pendidik di mana ada pembelajaran dinamis dengan kualitas terbaik dapat dikembangkan. Berikut adalah daftar beberapa kelebihan pembelajaran online:

Di mana saja

Keuntungan utama dari pembelajaran online adalah memungkinkan siswa untuk berpartisipasi dalam situasi pembelajaran yang berkualitas tinggi ketika jarak dan jadwal membuat pembelajaran di kelas menjadi sulit-mustahil. Siswa dapat berpartisipasi dalam kelas-kelas dari mana saja di dunia asalkan mereka memiliki gawai dan koneksi internet. Selain itu, format online memungkinkan siswa (dan guru) yang memiliki hambatan fisik mempunyai lebih banyak kebebasan untuk berpartisipasi dalam kelas.

Kapan Saja

Kelas Virtual dapat diakses 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Efisiensi waktu adalah kekuatan lain yang dibawa oleh format pembelajaran online. Siswa dapat mengakses kursus mereka setiap saat, siang atau malam hari. Selanjutnya, mereka memiliki akses terus menerus ke kuliah, materi pelajaran, dan diskusi kelas.

Sinergi

Format online memungkinkan interaksi dinamis antara instruktur dan siswa dan di antara siswa itu sendiri. Sumber daya dan gagasan dibagikan, dan sinergi berkelanjutan akan dihasilkan melalui proses pembelajaran. Setiap individu dapat berkontribusi pada diskusi dan komentar kursus tentang pekerjaan orang lain. Sinergi yang ada di Kelas Virtual yang berpusat pada siswa adalah salah satu sifat paling unik dan vital yang dimiliki oleh format pembelajaran online.

Dialog Berkualitas Tinggi

Dalam struktur diskusi online, pelajar dapat merenungkan komentar dari orang lain sebelum menanggapi atau pindah ke item berikutnya. Struktur ini memberikan siswa waktu untuk mengartikulasikan tanggapan dengan lebih mendalam dan pemikiran daripada dalam situasi diskusi tatap muka tradisional di mana peserta harus menganalisis komentar orang lain di tempat dan merumuskan tanggapan atau kehilangan kesempatan untuk berkontribusi pada diskusi.

Berpusat pada Siswa

Loading...

Dalam diskusi online, masing-masing siswa merespons materi pelajaran dan komentar dari siswa lain. Siswa biasanya menanggapi topik-topik tersebut dalam percakapan yang lebih luas yang paling jelas berbicara tentang masalah pribadi mereka. Situasi ini menghasilkan percakapan yang lebih kecil yang terjadi secara bersamaan di dalam grup. Sementara siswa harus membaca semua kontribusi teman sekelas mereka, mereka secara aktif terlibat hanya dalam bagian dialog yang paling relevan dengan kebutuhan mereka. Dengan cara ini, siswa mengendalikan pengalaman belajar mereka sendiri dan menyesuaikan diskusi kelas untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka sendiri.

Akses ke Sumber Daya

Sangat mudah untuk memasukkan para pakar tamu atau mahasiswa terkemuka dari lembaga lain dalam kelas online. Selanjutnya, siswa hari ini memiliki akses ke sumber daya dan materi yang mungkin secara fisik terletak di mana saja di dunia. Seorang instruktur dapat menyusun bagian sumber daya online dengan tautan ke artikel ilmiah, lembaga, dan materi lain yang relevan dengan topik kursus bagi siswa untuk mengakses untuk penelitian, ekstensi, atau analisis mendalam tentang konten pembelajaran.

Pengajaran Kreatif

Literatur pendidikan orang dewasa mendukung penggunaan lingkungan belajar interaktif sebagai kontribusi untuk pengarahan diri sendiri dan pemikiran kritis. Beberapa pendidik telah membuat langkah besar dalam menerapkan konsep-konsep ini pada pengajaran di lapangan mereka. Dalam lingkungan online, fasilitator dan siswa berkolaborasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis. Realisasi perubahan teknologi menciptakan harapan bahwa mereka yang pindah ke teknologi baru juga akan meninggalkan kebiasaan buruk ketika mereka mengadopsi paradigma baru pengajaran ini.

KELEMAHAN PEMBELAJARAN ONLINE

Ketika program online memiliki kekuatan signifikan dan menawarkan aksesibilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya ke pendidikan berkualitas, ada kelemahan yang melekat dalam penggunaan media ini yang dapat menimbulkan potensi ancaman terhadap keberhasilan program online. Masalah-masalah ini diantaranya adalah:

Kesetaraan dan Aksesibilitas ke Teknologi

Siswa harus dapat dapat mengakses lingkungan pembelajaran online. Kurangnya akses karena karena alasan ekonomi atau logistik akan mengecualikan siswa yang memenuhi syarat dari pembelajaran ini.

Literasi Komputer

Baik siswa dan fasilitator harus memiliki tingkat pengetahuan komputer tertentu agar dapat berpartisipasi dengan baik di lingkungan online. Misalnya, mereka harus dapat menggunakan berbagai mesin pencari dan nyaman bernavigasi di World Wide Web, serta terbiasa dengan Newsgroup, Media Sosial dan email.

Keterbatasan Teknologi

Teknologi ramah pengguna dan dapat diandalkan sangat penting untuk program online yang sukses. Namun, bahkan teknologi yang paling canggih pun tidak dapat diandalkan 100%. Sayangnya, ini bukan masalah apakah peralatan yang digunakan dalam program online akan gagal, tetapi kapan. Kerusakan dapat terjadi pada titik mana saja di sepanjang sistem, misalnya, server crash dan memotong semua peserta dari kelas; seorang peserta dapat mengakses kelas melalui komputer jaringan yang bisa turun.

Kedisiplinan Siswa

Pembelajaran online sangat efektif bagi siswa yang dewasa dan berdisiplin. Pendidikan online memberikan siswa kendali atas pengalaman belajar mereka, dan tanggung jawab yang lebih besar pada siswa. Siswa harus mengorganisir kegiatannya dengan baik, memotivasi diri sendiri, dan memiliki keterampilan manajemen waktu tingkat tinggi agar dapat mengikuti kecepatan pembelajran.

Kualitas Fasilitator

Seorang instruktur harus dapat berkomunikasi dengan baik secara tertulis dan dalam bahasa di mana pembelajaran dilaksanakan. Program online tidak akan berguna jika fasilitatornya tidak siap. Seorang intruktur tatap muka yang baik belum tentu bisa bekerja dengan baik di kelas online. Instruktur harus dapat mengimbangi kurangnya kehadiran fisik dengan menciptakan lingkungan yang mendukung di Kelas Virtual di mana semua siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi dan terutama di mana siswa tahu bahwa instruktur mereka dapat diakses.

Administrasi dan Sekolah

Beberapa lingkungan mengganggu keberhasilan implementasi program online. Administrator dan / atau pegawai sekolah yang tidak nyaman dengan perubahan dan bekerja dengan teknologi atau merasa bahwa program online tidak dapat menawarkan pendidikan yang berkualitas sering menghambat proses implementasi. Orang-orang ini dapat menghambat keberhasilan pembelajaran.

Loading...

Kurikulum

Kurikulum program online apa pun harus dipertimbangkan dan dikembangkan dengan hati-hati. Sering kali, lembaga tergesa-gesa untuk mengembangkan program pendidikan jarak jauh. Kurikulum dan metodologi pengajaran yang berhasil dalam pengajaran tatap muka tidak akan selalu dapat diterjemahkan menjadi program online yang sukses di mana paradigma pembelajaran dan pengajaran sangat berbeda. Pendidikan dengan kualitas terbaik dapat dan akan terjadi dalam program online asalkan kurikulum telah dikembangkan atau dikonversi untuk memenuhi kebutuhan media online.

PEMBELAJARAN BLENDED/HYBRID

Saat ini adalah waktu yang sangat baik untuk mengembangkan teknologi dan pendidikan. Program online menawarkan lingkungan pengajaran berbasis teknologi yang memperluas kesempatan belajar dan dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi melalui berbagai format dan modalitas. Program online menawarkan solusi yang nyaman dalam keterbatasan waktu dan ruang, apalagi dihadapkan pada tuntutan capain pembelajaran yang semakin meningkat.

Pembelajaran dengan pendekatan hybrid/blended mempunyai banyak keuntungan, diantaranya adalah efisiensi waktu proses pembelajaran di kelas, meningkatkkan partisipasi siswa, membawa siswa lebih aktif dalam pembelajarannya sendiri serta memperbesar kemungkinan siswa mengeksplorasi sumber-sumber belajar lain.

Meskipun konsep blended learning terlihat jelas dan sederhana, namun dalam aplikasinya akan lebih kompleks. Blended learning merupakan restrukturisasi jam pebelajaran tatap muka di kelas dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan untuk memperluas akses ke sumber-sumber pembelajaran yang lebih kaya dan mendalam.

Asumsi utama dari desain pembelajaran blended learning adalah:

  • Mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dan online secara bijaksana.
  • Secara mendasar memikirkan kembali desain pembelajaran untuk mengoptimalkan keterlibatan siswa.
  • Merestrukturisasi dan mengganti jam tatap muka di kelas.

Blended learning membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melampaui pembelajaran tatap muka atau online saja. Pembelajaran ini dilakukan dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pengalaman pembelajaran online yang sesuai, seperti laboratorium, simulasi, tutorial, dan lainnya.

Blended learning bukan tentang bagaimana pembelajaran online lebih dapat diterima oleh banyak pihak, melainkan tentang meningkatkan level pembelajaran ruang kelas. Pembelajaran ini menggabungkan hal-hal positif dalam kedua metode pembelajaran (online dan tatap muka) dan kemungkinan melampaui kemampuan masing-masing. Desain dan strategi mengintegrasikan komunikasi verbal dan berbasis teks, audio, maupun visual dan menciptakan perpaduan unik mode komunikasi, langsung dan dimediasi di mana proporsi kegiatan pembelajaran tatap muka dan online dapat bervariasi.

Blended learning mengharuskan para pendidik menentukan apa yang penting dalam capaian pembelajaran dan mempertimbangkan berapa banyak waktu yang harus dihabiskan di kelas. Blended learning sangat cocok pembelajaran kelas-kelas besar. Proporsi kegiatan tatap muka dan pembelajaran online mungkin sangat bervariasi, tetapi pembelajaran blended dapat dibedakan dengan cara integrasi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online yang multiplikatif.

Pembahasan tentang variasi blended learning akan ditulis pada artikel lain.

Bonk, C. J., & Graham, C. R. (2006). The handbook of blended learning : global perspectives, local designs. Pfeiffer.

Caulfield, J. (2011). How to design and teach a hybrid course : achieving student-centered learning through blended classroom, online, and experiential activities. Stylus Pub.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2008). Blended learning in higher education : framework, principles, and guidelines. Jossey-Bass.

One comment

Tinggalkan Balasan