KONSEP DASAR Analisis REGRESI

Loading...

Konsep Dasar Analisis Regresi – Regresi merupakan sebuah metode statistik yang menggunakan hubungan garis lurus untuk memprediksi variabel dependen numerik Y melalui satu atau lebih variabel independen numerik X. Analisis regresi digunakan untuk memprediksi/mengestimasi perubahan variabel Y melalui perubahan variabel X.

Melalui analisis regresi, kita bisa mengembangkan model yang dapat digunakan untuk memprediksi nilai-nilai variabel dependen atau responnya berdasarkan nilai-nilai satu atau lebih variabel independen atau penjelas. Regresi linier sederhana berusaha untuk menemukan apakah nilai-nilai Y yang bergantung (seperti penjualan toko) dan variabel X independen (seperti jumlah sales).

Bila digambarkan grafik menggunakan sccater plot kita bisa melihat berbagai pola hubungan X dan Y. Gambar berikut ini menunjukkan berbagai jenis pola yang akan kita temukan saat memplot nilai variabel X dan Y.

Pola-pola yang ditunjukkan pada gambar ini dapat dijelaskan sebagai sebagai berikut:

  • Grafik A, menunjukkan hubungan garis lurus atau linier positif antara X dan Y.
  • Grafik B, menunjukkan hubungan garis lurus atau linier negatif antara X dan Y.
  • Grafik C, menunjukkan hubungan lengkung (parabolik) positif antara X dan Y. Nilai Y akan meningkat seiring meningkatnya nilai X, tetapi peningkatan ini berangsur-angsur melampaui nilai-nilai tertentu dari X.
  • Grafik D, menunjukkan hubungan berbentuk-U antara X dan Y. Saat X meningkat, pada awalnya Y menurun. Namun, karena X terus meningkat, Y tidak hanya berhenti menurun tetapi juga meningkat di atas nilai minimumnya.
  • Grafik E, menunjukkan hubungan eksponensial antara X dan Y. Dalam hal ini, Y menurun sangat cepat ketika X pertama meningkat, namun kemudian berangsur-angsur melambat ketika X semakin meningkat.
  • Grafik F, menunjukkan tidak ada (sedikit) hubungan antara X dan Y. Nilai Y bisa turun atau naik pada setiap nilai X.

Grafik Scatter Plot hanya membantu kita mengidentifikasi hubungan antara variabel dependen Y dan variabel independen X dalam regresi sederhana secara informal. Untuk menentukan hubungan numerik antara variabel, kita perlu mengembangkan persamaan regresi dan serangkaian pengujian statistik yang mengikutinya termasuk pengujian pada asumsi-asumsi.

Nah, demikian salah satu uraian singkat dari konsep dasar analisis regresi sebagai bekal kalian untuk mengikuti pembelajaran mata kuliah Ekonometrika maupun Statistika. Terimakasih telah berkunjung ke blog in sampai jumpa lagi di lain kesempatan yang lebih berbahagia (maglearning.id).

Loading...

3 comments

Tinggalkan Balasan