Download Artikel Mudah dan Gratis Melalui Aplikasi Android “Free Full Text“

Bagi Anda yang sedang menulis skripsi atau laporan akhir, pasti dihadapkan pada persoalan referensi. Sebenarnya masalah referensi tidak hanya dihadapi oleh para mahasiswa semester akhir saja. Setiap kita mendapatkan tugas kuliah biasanya akan berhadapan dengan referensi.

Guru dan dosen pun tak jauh beda, mereka akan berhadapan pada persoalan referensi ketika akan mengajar, menyusun bahan ajar, membangun sebuah penelitian, dan banyak hal lain. Jadi, sebagian besar insan akademis akan selalu berhadapan dengan referensi.

Acuan referensi yang disarankan sebagian besar berupa referensi primer, yaitu referensi atau naskah yang dipublikasikan maupun belum dipublikasikan. Referensi primer ini merupakan naskah (manuscript) yang masih asli dapat berupa naskah atau rekaman informasi. Naskah referensi primer biasanya merupakan sebuah dokumen yang disebarluaskan seperti naskah kuno, data atau hasil penelitian, rekaman sejarah, karya kreatif, memoar, biografi dan sebagainya.

Selain referensi primer, masih ada referensi skunder atau yang biasa disebut dengan informasi kedua. Referensi skunder ini biasanya merupakan sumber informasi yang merupakan penafsiran, analisis, atau penjelasan tentang suatu hal atau peristiwa. Referensi skunder ini pada umumnya berupa buku teks, ensiklopedia, artikel jurnal, editorial, tesis, dan sejenisnya.

Loading...

Referensi primer dan skunder ini saat ini sudah banyak tersedia secara online, hanya saja mungkin sebagian besar dari kita jarang mengaksesnya. Namun, bagi seorang akademisi sebenarnya mengakses referensi ini adalah kebutuhan pokok untuk menambah wawasan tentang bidang yang kita pelajari.

Karena sebagian besar referensi ini disajikan oleh lembaga non komersial, sehingga penyebarannya tidak optimal sampai ke tangan kita. Faktanya ada jutaan bahkan puluhan juta referensi yang sudah tersedia secara lengkap (full text) yang bisa kita akses dengan mudah dan gratis.

Untuk memudahkan Anda semua dalam mengakses semua referensi itu, saya telah membuat aplikasi sederhana yang saya beri nama “Free Full Text”. Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah di Android Play Store dengan link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.omkikikmedia.fftjad. Sengaja saya buat sangat sederhana agar mudah dan cepat digunakan. Ukurannya pun tidak sampai 1MB, tepatnya sekitar 900kb saja.

Loading...

Walaupun ukurannya sangat kecil, Anda bisa mengakses puluhan juta artikel secara mudah dan gratis dari berbagai sumber, seperti : Oxford Academic, Emerald Publishing, Elsevier, Microsoft Academic, dan 20 sumber terkenal lainnya. Hampir semua referensi bisa diunduh sepenuhnya secara gratis. Dianjurkan untuk mencentang pilihan “full text” atau “full text available” pada pilihan pencarian, seperti contoh di bawah ini.

Aplikasi ini memang masih sangat sederhana dan akan saya kembangkan lebih lanjut sesuai dengan masukan dari Anda semua. Semoga bisa membantu Anda dalam memudahkan membuat artikel, makalah, tugas, skripsi, tesis, disertasi dan lain-lain. Jangan lupa kasih bintang di Play Store dan share ke teman ya, siapa tahu langkah sederhana ini menjadi pintu keluar bagi masalah yang besar.

Tinggalkan Balasan