Setting Dasar Tampilan Jurnal Online OJS 3

Tampilan adalah hal penting dari laman jurnal ilmiah. Laman yang dindah dipandang serta mempunyai ciri unik yang mencerminkan karakter konten jurnal bisa menjadi daya terik tersendiri bagi pembaca maupun penulis. Kelengkapan konten dan kemudahan pencarian informasi penting bagi pengguna juga sangat tergantung pada bagaimana tampilan jurnal ditata dan dimunculkan dalam browser gawai pengguna.

Perbedaan ukuran layar gawai belakangan menjadi masalah penting yang harus dapat direspon dengan cermat. Konten yang bisa dengan mudah dibaca ketika menggunakan koputer desktop atau laptop belum tentu bisa dilihat dengan nyaman ketika pengguna mengakasesnya dengan gawai dengan ukuran layar yang lebih kecil seperti telepon seluler. Hal inilah yang memicu berkembangnya teknologi pengelola tampilan laman sehingga laman bisa tampil responsive mengikuti ukuran layar loading-nya. Nah, salah satu kelebihan OJS 3 ini adalah secara default sudah canggih dalam urusan tampilan responsive.

Pada kali ini sebenarnya saya tidak membahas tentang tampilan responsive. Saya hanya membahas komponen-komponen utama dalam tampilan utama laman jurnal ilmiah yang menggunakan OJS 3. Soal responsive hanya sabagai salah satu pertimbangan bahwa dalam mengisi konten dalam setiap bagian tampilan. Bila Anda ingin tahu apa itu responsive silakan buka salah satu jurnal ilmiah yang menggunakan OJS 3 di gawai dengan ukuran layar yang berbeda seperti gambar dibawah ini.

Tampilan di Desktop
Tampilan di Handphone

Langsung saja, kita akan membahas komponen-komponen tampilan di OJS 3. Pengaturan tampilan di OJS 3 ini sebagian besar bisa diatur di bagian Appearance. Untuk mengakses “Appearance” ini Anda harus login sebagai “Journal Manager” kemudian menuju “Website Settings”. Caranya adalah dengan mengarahkan mouse ke bagian “Setting” lalu pilih “Website” seperti gambar berikut ini.

Logo

Pada bagian ini Anda bisa mengunggah logo jurnal Anda. Anda bisa mengunggah file logo Anda yang berformat PNG dengan klik tombol “Upload”. Logo ini akan selalu tampil di halaman manapun di jurnal Anda. Pada setting OJS 2 logo ini hampir mirip dengan page header. Jadi Anda bisa memanfaatkan logo ini sebagai Page Header. Di OJS 3 ini page header bisa sangat fleksibel dan mudah diatur menggunakan CSS. Untuk masalah CSS ini akan dibahas di tingkat lanjut. Anda bisa meminta bantuan tim ahli IT Anda.

Page Footer

Pada bagian ini Anda bisa mengisi berbagai macam informasi tentang jurnal Anda yang akan tampil di bagian paling bawah laman jurnal. Bagian ini akan selalu tampil di setiap laman yang dibuka. Silakan isi teks, gambar, tabel, atau apapun yang diperlukan.

Theme

Pada bagian “Theme” ini Anda bisa mengubah tampilan laman Anda secara instan dengan theme yang tersedia. Bila theme Anda masih standar, Anda bisa menambahkan melalui plugin theme yang sudah banyak tersedia baik yang gratis maupun berbayar. Bila Anda kesulitan, silakan hubungi site administrator Anda.

Typography

Anda bisa mengatur jenis font laman jurnal Anda di sini. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan dan karakter jurnal Anda.

Colour

Silakan pilih warna latar Header laman jurnal Anda di sini. Silakan klik kotak warna ini kemudian pilih warna yang diinginkan.

Loading...

Journal style sheet

Seperti yang saya singgung di atas, bahwa tampilan laman website jurnal masih bisa diatur sedemikan rupa selain mengandalkan Theme. Anda bisa mengunggah file CSS disini untuk menjadikan laman jurnal terlihat lebih profesional dan kece.

Sidebar management

Sidebar management adalah pengaturan tampilan sisi laman jurnal Anda. Di OJS 3 ini secara default mengatur sisi kanan laman. Anda bisa mengatur apa saja yang dimunculkan dan apa saja yang tidak ditampilkan. Anda bisa dengan mudah memindahkan dari unselected ke bagian selected atau sebaliknya dengan mudah.

Homepage Image

Gambar yang Anda unggah di Homepage Image ini akan muncul di laman beranda paling atas. Namun tidak seperti Header, gambar ini hanya akan muncul di laman utama (beranda) saja. Silakan klik “Upload” untuk mengunggah gambar.

Journal Favicon

Favicon adalah gambar kecil yang muncul di bagian “tab browser” sebelum identitas laman. Secara default bila Anda tidak megubahnya makan favicon jurnal Anda adalah gambar tulisan “PKP” berwarna hitam di kotak putih. Silakan upload gambar berformat PNG dengan resolusi kecil dengan rasio panjang dan lebar 1:1.

Additional Content

Loading...

Anda bisa menambahkan informasi tambahan di laman beranda jurnal. Informasi ini akan muncul secara default di bagian paling bawah sebelum page footer.

Lists

List adalah daftar item yang tampil di kotak user. Anda bisa mengatur berapa jumlah daftar item yang akan ditampilkan sehingga mudah membacanya terutama ketika dibaca di layar kecil.

Journal thumbnail

Gambar journal thumbnail adalah gambar identitas jurnal yang muncul pada daftar (list) jurnal di laman utama. Bila penerbit Anda mempunyai banyak jurnal maka jurnal Anda akan mudah ditemukan atau terlihat lewat gambar ini. Bisanya yang digunakan sebagai journal thumbnail adalah gambar cover jurnal. Silakan unggah file gambar cover Anda menggunakan tombol “upload”.

Demikianlah uraian singkat tentang setting dasar tampilan jurnal di OJS 3 ini. Jangan lupa untuk klik tombol “Save” setelah mengatur tampilan di bagian Appearance. Semoga bermanfaat, sampai jumpa……

Tinggalkan Balasan