gambar buah tin

PAI Kelas 5 Pelajaran 1: : Mari Belajar al-Qur’an Surat at-Tin

Orang Islam yang membaca al-Qur’an tergolong manusia beruntung dan istimewa. Mengapa? Karena al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar dan teristimewa di antara mu’jizat yang diterima Nabi Muhammad saw. Dari sekian banyak mukjizat yang diturunkan Allah Swt. kepada para Rasul-Nya, al-Qur’an inilah yang sampai kepada kita bahkan hingga hari kiamat nanti.

Membaca Surat at-Tin

Tata cara membaca al-Qur’an dimulai dengan isti’adzah dan basmalah. Kemudian cermati dengan baik al-Qur’an Surat at-Tin berikut ini. Bagi yang sudah lancar membaca, langsung saja membaca dengan tartil. Tartil artinya membaca sesuai dengan kata, tanda dan barisnya. Dibaca dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.

Bagi yang belum pandai membaca, perhatikan dengan baik cara guru atau teman yang sudah lancar membaca atau melafalkan Surat at-Tin.

Menghafal Surat at-Tin

Cara mudah menghafal, mulailah dari ayat pertama. Bacalah berulang-ulang sampai hafal. Lanjutkan ayat kedua dengan cara yang sama sampai hafal. Kemudian ayat ketiga dengan cara yang sama sampai hafal. Untuk memantapkan hafalan tiga ayat tersebut, ulangilah seraya meminta kepada ayah atau ibu untuk menyimak hafalanmu ayat satu, dua, dan tiga sekaligus sampai mahir.

Setelah tiga ayat di atas hafal dan lancar, maka hafalan dilanjutkan ke ayat keempat sampai lancar. Setelah itu dilanjutkan ayat kelima, dibaca secara berulang-ulang sampai hafal dan lancar. Untuk memantapkan hafalan ayat pertama sampai dengan ayat kelima, ulangilah hafalan tersebut mulai dari ayat pertama sampai dengan ayat kelima dengan meminta bantuan kepada ayah/ibu, atau teman untuk menyimaknya.

Setelah kelima ayat sebelumnya hafal dengan mahir dan lancar, maka hafalan boleh dilanjutkan ke ayat keenam saja karena ayatnya panjang. Caranya seperti menghafal ayat pertama, yaitu diulang-ulang sampai hafalan mahir dan lancar.

Untuk memantapkan hafalan ke enam ayat sebelumnya, maka bersabarlah mengulangi kembali hafalan ayat pertama sampai dengan ayat keenam. Setelah itu baru boleh melanjutkan hafalan ayat ketujuh dan kedelapan.

Menulis Surat at-Tin

Aku harus dapat menulis huruf al-Qur’an dengan baik. Karena menulis huruf al-Qur’an akan memperoleh ilmu dan keterampilan serta pahala dari Allah Swt. Menulis huruf al-Qur’an tidaklah sulit, asalkan rajin dan teliti, serta penuh kesabaran.

Dalam menulis huruf-huruf al-Qur’an sebaiknya memperhatikan letak huruf-hurufnya. Ada huruf yang ditulis letaknya di atas garis buku, ada pula huruf yang ditulis memotong garis buku.

Makna Kandungan Surat at-Tin

Surat ini dinamakan at-Tin diambil dari kata at-Tin yang terdapat pada ayat pertama yang artinya buah Tin. Surat at-Tin adalah surat ke-95 dalam al-Qur’an yang berjumlah 8 ayat dan termasuk golongan surat yang turun di Mekah atau disebut juga surat Makkiyyah.

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 1

Kamu bisa mengasah pemahaman dan kemampuanmu menggunakan latihan soal versi online ini. Silakan klik tautan atau gambar di bawah ini!

Latihan Soal PAI Kelas 5 Pelajaran 1

Loading...

Untuk latihan soal PAI kelas 5 Seluruh Pelajaran silakan klik tautan di bawah ini

Latihan Soal PAI Kelas 5

Latihan Soal PAI Kelas 5 Versi Android

AkbarHana Education

Bila kamu ingin belajar menggunakan latihan soal secara offline, silakan gunakan aplikasi latihan soal yang telah kami terbitkan di Android PlayStore. Untuk download aplikasi latihan soal PAI kelas 5 SD/MI versi Android silakan klik tautan di bawah ini:

Latihan SOAL PAI SD Kelas 5

NB:

Media pembelajaran online ini kami kembangkan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara online hasil para guru-guru kreatif Indonesia. Adanya media ini juga untuk mendukung kreatifitas mereka, video pembelajaran yang kami gunakan kami ambil langsung dari channel YouTube mereka. Video-video tersebut kami embedd di media ini, sehingga tidak mengurangi viewer mereka, justru akan menambah viewer mereka serta meningkatkan rating pencariannya.

Loading...

Mohon maaf, karena ribuan soal yang kami input jadi ada beberapa soal yang kunci jawabannya salah, mohon jangan kecewa karena itu semata-mata adalah kesalahan kami sebagai manusia. Bila menemukan kesalahan tersebut silakan kirim tangkapan layar (screenshot) kesalahan tersebut kepada kami di email ghofurach@gmail.com atau melalui Whatsapp di 085648017971. Bisa juga melalui komentar di laman ini disertai dengan keterangan subtema berapa. Terimakasih….

Buku Digital PAI Kelas 5

Buku PAI versi digital (FlipBook) yang bisa kamu baca secara online pada tautan di bawah ini. Ukuran file buku digital ini sengaja dibuat lebih kecil sehingga bisa diakses dengan cepat. Bila membutuhkan membaca secara offline bisa diunduh di tautan yang telah disediakan. Ukuran file buku pdf juga sudah disesuaikan (lebih kecil) sehingga tidak makan banyak kuota internet, cepat dalam pengunduhan, serta tidak banyak mengurangi ruang penyimpanan.

Silakan baca bukunya di sini:

FlipBook PAI Kelas 5

Bila ingin mengunduhnya silakan klik DI SINI.

Tinggalkan Balasan