Jenis-Jenis Belanja Negara

Jenis-Jenis Belanja Negara, Rangkuman Materi

Belanja negara merupakan sebuah kewajiban pemerintah pusat yang akan mengurangi nilai kekayaan bersih. Jenis-jenis belanja negara terdiri dari belanja pemerintah pusat serta transfer daerah dan dana desa.

Belanja Pemerintah Pusat

Belanja pegawai. Belanja gaji, tunjangan, belanja honorarium/lembur/tunjangan khusus dan belanja pegawai transito serta belanja konstribusi sosial.

Belanja barang dan jasa. Belanja atas barang, belanja atas jasa, belanja untuk pemeliharaan, belanja untuk perjalanan dinas, belanja BLU, belanja barang yang akan diberikan kepada masyarakat atau pemda, dan belanja barang yang akan diberikan kepada mantan presiden dan mantan wapres.

Loading...

Belanja modal. Belanja modal dalam bentuk tanah, belanja modal dalam bentuk peralatan dan mesin, belanja modal dalam bentuk gedung dan bangunan, belanja modal dalam bentuk jalan, irigasi dan jaringan, belanja modal dalam bentuk lainnya serta belanja modal BLU.

Belanja pembayaran kewajiban utang. Belanja untuk pembayaran bunga atas utang, belanja untuk pembayaran diskon atas surat utang negara, belanja untuk pembayaran loss on bond redemption, belanja untuk pembayaran diskon surat berharga syariah negara, dan belanja untuk pembayaran denda.

Belanja subsidi. Belanja penyaluran subsidi baik untuk perusahaan negara maupun swasta.

Belanja hibah. Belanja untuk pembayaran hibah untuk pemerintah luar negeri, belanja untuk pembayaran hibah untuk organisasi skala internasional, belanja untuk pembayaran hibah kepada pemda dan belanja untuk pembayaran hibah lainnya.

Belanja bantuan sosial. Belanja bantuan sosial untuk rehabilitas sosial, belanja bantuan sosial untuk jaminan sosial, belanja untuk pemberdayaan sosial, belanja dalam bentuk bantuan sosial untuk perlindungan sosial, untuk mengurangi kemiskinan, dan untuk penanggulangan bencana.

Belanja lain-lain

merupakan belanja lain-lain dana cadangan, non-kementerian, jasa pelayanan BUN, dan tanggap darurat.

Transfer Daerah dan Dana Desa

Belanja daerah atau transfer daerah adalah salah satu dari belanja negara untuk melaksanakan desentralisasi fiskal. Salah satu peranan transfer daerah yaitu adanya suatu kewajiban untuk mencapai standar pelayanan pada setiap daerah.

Loading...

Transfer daerah sendiri terdiri atas:

Dana Bagi Hasil (DBH). merupakan dana yang dialokasikan berdasarkan persentase tertentu untuk mendanai keperluan daerah untuk melaksanakan desentralisasi. Dana bagi hasil terdiri dari:

  • Dana bagi hasil dari pajak
  • Dana bagi hasil dari sumber daya alam
  • Dana bagi hasil dari cukai

Dana Alokasi Umum (DAU). merupakan dana yang dialokasikan untuk memeratakan kemampuan finansial antar daerah sekaligus untuk melaksanakan desentralisasi.

Dana Alokasi Khusus (DAK). merupakan dana yang dialokasikan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang dilaksanakan oleh suatu daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK terdiri dari:

  • Dana alokasi khusus regular
  • Dana alokasi khusus insfrastruktur publik daerah dan penugasan
  • Dana alokasi khusus afirmasi

Dana otonomi khusus, dana keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dana Intensif. merupakan dana yang dialokasikan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang dilaksanakan oleh suatu daerah dan sesuai dengan prioritas nasional. DAK terdiri dari:

  • Dana alokasi khusus regular
  • Dana alokasi khusus insfrastruktur publik daerah dan penugasan
  • Dana alokasi khusus afirmasi
Loading...

Dana Desa. merupakandana yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Media Pembelajaran Ekonomi Berbasis Android

Demikianlah rangkuman materi tentang jenis-jenis belanja negara. Pelajari materi-materi ekonomi kelas 11 SMA Semester 2 lainnya di aplikasi buku saku berbasis Android yang telah kami sediakan di bawah ini.

Media belajar SMA Android. jenis-jenis belanja negara

Semoga belajar anda semakin menyenangkan. Pantau terus maglearning.id agar bisa belajar kapanpun dan dimanapun, untuk siapa saja.

Tinggalkan Balasan