Sharing file Antar Komputer

Tutorial Sharing File Antar Komputer

Loading...

Sharing file Antar Komputer ini sangat berguna bagi orang yang bekerja di kantor. Karena tentunya ada banyak tugas atau pekerjaan yang harus mereka selesaikan. Di sinilah terkadang atau sering kita akan Sharing atau Sharing file dengan rekan kerja atau sebaliknya meminta file dari teman. Selain sharing file atau folder yang bersifat task misalnya task di microsoft word, excel, powerpoint, atau terkadang kita juga ingin share file lain seperti music, video, foto, dan fasilitas hiburan lainnya.

Tentunya Anda mengetahui file tersebut adalah kumpulan data yang disimpan dalam suatu penyimpanan di komputer, Padahal folder adalah kumpulan file yang disatukan menjadi satu, file atau folder sangat penting, karena file atau folder adalah data penting bagi yang memilikinya. Oleh karena itu kita perlu membackup data atau file atau folder tersebut. Untuk Sharing file di komputer, biasanya kita menggunakan perangkat tambahan, seperti flash drive. Perangkat tambahan ini akan diinstal dari satu komputer ke komputer lain, karena file di komputer disalin ke flashdisk.

Kemudian melalui flashdisk, file yang sudah di copy tadi akan di paste ke komputer lain. Namun terkadang flashdisk yang kita miliki tidak dapat menyimpan file yang ingin kita bagikan atau pindahkan ke komputer lain karena kapasitas flashdisk sudah penuh. Namun sebenarnya selain menggunakan flashdisk, ada cara lain untuk bisa Sharing file dari satu komputer ke komputer lainnya, yaitu dengan Sharing file dengan jaringan LAN.

Dengan cara ini kita memanfaatkan penggunaan kabel LAN yang terpasang pada kedua komputer yang akan saling Sharing. Salah satu fungsi dari pembuatan jaringan LAN adalah untuk memudahkan pengguna dalam Sharing file antar komputer yang satu dengan yang lainnya. Sharing file dengan menggunakan media kabel LAN merupakan cara yang sangat praktis untuk mengirim file atau dokumen dalam bentuk file. Selain mempercepat kerja sharing file melalui jaringan LAN, lebih hemat biaya karena tidak perlu menggunakan jaringan internet dan bandwidth internet.

Hanya saja jika kita menggunakan jaringan LAN untuk file sharing lebih dibatasi pada komputer yang terhubung dengan jaringan LAN. Untuk cara Sharing file atau folder menggunakan jaringan LAN yang harus kita lakukan pertama-tama kita harus membuat IP untuk setiap komputer yang ada di jaringan LAN yaitu:

Pengaturan alamat IP

  1. Pertama klik Start – >> lalu Control Panel – >> lalu klik Network and Internet – >> lalu Network and Sharing Center – >> lalu Ubah pengaturan adaptor
  2. Kemudian klik kanan pada Local Area Connection – >> properties
  3. Kemudian klik Internet Protocol version 4 (TCP / IPv4) >> Properties
  4. Kemudian centang “gunakan alamat ip berikut” lalu masukkan IP berikut:
  5. Alamat IP 192.168.1.1 di komputer pertama
  6. IP address 192.168.1.2 pada komputer kedua catatan: angka 1 dan 2 terakhir pada IP anda dapat merubah antara angka 1 sampai 255
  7. Masukkan subnet mask 255.255.255.0 pada semua komputer di komputer yang sama
  8. Kemudian pilih OK.

Selanjutnya, cara Sharing file atau folder, lihat langkah demi langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, buka folder atau file yang ingin Anda bagikan
  2. Kemudian pilih tab Sharing
  3. Kemudian klik tombol Bagikan
  4. Kemudian pilih semua orang – >> Pilih add – >> Share – >> Selesai

Untuk melihat file / folder bersama, pilih komputer saya >> lalu jaringan.

Nah, sekarang Anda akan lebih mudah bekerja dalam sebuah tim dengan komputer yang saling terhubung dan file yang bisa diakses bersama sama. Mudah-mudahan cara sharing file Antar Komputer ini berguna. Salam belajar kapan saja di mana saja untuk siapa saja (maglearning.id).

Loading...

One comment

Tinggalkan Balasan