Cara memperbaiki Playstore yang tak bisa dibuka

Cara memperbaiki Playstore yang tak bisa dibuka

Loading...

Cara memperbaiki Playstore yang tak bisa dibuka – Siapa yang tidak tahu aplikasi Playstore. Aplikasi bawaan wajib hp android ini, memiliki peran penting dalam menyediakan berbagai game, aplikasi dan buku resmi untuk platform android. Playstore menjadi tempat yang aman untuk mengunduh item-item tersebut.

Lalu, apa jadinya kalau Playstore di hp kita tidak bisa dibuka. Ini akan mengakibatkan kita kesusahan dalam mengunduh aplikasi resmi. Nah jika kita mengalami hal ini tenang saja. Diartikel ini akan dibahas beberapa langkah tentang cara mengatasi Playstore yang tak bisa dibuka.

On/off data internet/WiFi

Terkadang Playstore sering bermasalah karena kendala koneksi. Kita jadi kesulitan membuka aplikasinya dan susah mengunduh. Jika ini terjadi coba lakukan on/off data internet beberapa kali. Sampai jaringan internet kembali berfungsi seperti semula.

Hapus Data/Cache

Solusi untuk menormalkan kembali play store yang tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus data/cache. Dengan menghapus data-data lama. Diharapkan Playstore bisa berjalan normal. Berikut ini adalah langkah-langkahnya

1 Buka pengaturan

2 tekan menu “aplikasi dan notifikasi” lalu pilih semua aply

3 klik aplikasi google Playstore

4 klik menu penyimpanan dan hapus chace

5 Terakhir klik hapus data

Merestart Handphone

Cara ini biasanya juga ampuh untuk memperbaiki Playstore yang tak bisa dibuka. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut ini

1 Tekan dan tahan tombol power hingga hp non aktif

2 Hidupkan kembali hp, dengan menahan tombol yang sama

3 Buka Kembali Playstore

Cek Kapasitas Memori Hp

Salah satu penyebab Playstore tidak berjalan lancar adalah karena memori hp yang penuh. Rajin-rajinlab mengecek kapasitas memori, bila terdapat aplikasi/game yang jarang dipakai sebaiknya dihapus agar Playstore berjalan normal.

Copot dan unduh kembali aplikasi Playstore

Ini bisa dilakukan bila beberapa cara tadi belum bisa membuat Playstore berjalan normal. Kita bisa mencoba menghapus Playstore dan mengunduh kembali. Beginilah langkah-langkahnya.

1 Buka menu pengaturan

2 Klik aplikasi dan notifikasi lalu pilih google play

3 Cari bagian pojok kanan atas dan pilih uninstall update.

4 Jika muncul notif “kembali ke versi semula” pilih oke

5 Terakhir buka Playstore kembali

Memeriksa update sistem OS Android

Google play yang gagal dioperasikan mungkin karena hp kita masih menggunakan sistem OS yang lama, sehingga fungsi-fungsi baru dari Playstore tidak bisa dibuka. Untuk mengecek pembangunan sistem os, kita bisa melakukan cara ini:

1 Tekan menu pengaturan

2 Pilih Menu Sistem

3 Terakhir, klik update sistem

Note: sebelumnya kita memerlukan kuota yang besar untuk melakukan update sistem. Jadi pastikan kuota kita cukup atau manfaatkan layanan fasilitas WiFi yang gratis atau murah.

Demikianlah bahasan ringkas kami tentang bagaimana cara memperbaiki Playstore yang tak bisa dibuka. Semoga bermanfaat. Salam Belajar Menyenangkan bersama maglearning.id.

Loading...

Tinggalkan Balasan