Mengapa Notifikasi WA tidak muncul

Mengapa Notifikasi WA tidak muncul, Cara Mengatasinya

Loading...

Mengapa Notifikasi WA tidak muncul dan Cara Mengatasinya – Aplikasi chatting WA seakan sudah menjadi kebutuhan primer bagi para pengguna gadget saat ini. Hampir semua orang di dunia ini pasti memiliki no WA, bahkan tidak sedikit yang punya nomor WA lebih dari satu.

WA ini memiliki banyak fungsi sebagai sarana komunikasi, sarana bisnis, pengiriman file dan segala macamnya. Artinya, hampir semua kalangan menggunakannya.

Karena banyaknya aktivitas di dalamnya, WA sering sekali mengalami error. Salah satunya adalah tidak munculnya notifikasi. Error ini bisa seperti notifikasi WA tidak muncul saat layar terkunci, atau notifikasi WA baru muncul setelah aplikasi dibuka.

Sebenarnya ada banyak penyebab mengapa notifikasi pesan di whatsapp tidak muncul.  Jika sobat mengalami hal demikian tidak usah khawatir karena bisa diatasi dengan cara yang diuraikan di bawah ini:

Data internet tidak aktif

Sama seperti aplikasi chatting lainnya, wa juga memerlukan data internet untuk menjalankannya. Fitur-fitur seperti berkirim pesan, video call, berkirim file dan lainnya membutuhkan koneksi data internet yang baik termasuk fitur notifikasinya.

Loading...

Sebelum menggunakan whatsapp selalu cek apakah data internet sudah hidup atau belum. Pastikan jaringan dalam keadaan terbaik. Sebisa mungkin dalam cover sinyal 4G untuk mendapatkan pengalaman terbaik menggunakan WA.

Pengaturan Notifikasi hp dimatikan

Selain karena jaringan internet, notifikasi wa tidak berjalan juga bisa diakibatkan karena fitur notifikasinya dimatikan atau tidak sengaja dimatikan. Di model hp android zaman sekarang biasanya tersemat fitur bernama DND alias Do Not Disturb. Fitur ini biasanya digunakan untuk memblock Notifikasi yang masuk di hp kita. Dan sangat membantu saat kita bermain game atau menonton video Agar tetap fokus.

Agar notifikasi wa bisa aktif lagi, kita harus menonaktifkan fitur DND ini. Nah untuk melakukannya ikuti instruksi di bawah ini:

  1. Swipe ke bawah layar hp dan tunggu hingga deretan notifikasi muncul
  2. Cari logo bulan sabit, atau deret notifikasi bar yang bernama “ DND” . Kemudian klik nonaktifkan. Bila notifikasi wa tidak berbunyi kita juga menonaktifkan mode silent pada hp kita.

Aplikasi Wa Tidak Berjalan di background

Penting untuk memastikan aplikasi wa untuk tetap aktif di background agar notifikasi dan fungsinya berjalan normal. Aplikasi wa harus berjalan di background karena membutuhkan koneksi untuk menerima dan mengirim pesan secara real time.

Loading...

Biasanya wa tidak berjalan di latar belakang disebabkan oleh diaktifkannya fitur penghemat baterai. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita perlu melakukan konfigurasi khusus seperti di bawah ini:

  1. Cari menu pengaturan dan pilih Menu manajer aplikasi untuk melakukan konfigurasi
  2. Terdapat deretan aplikasi, kita cari aplikasi WhatsApp
  3. Pilih aplikasi WhatsApp dan klik notifications dan show notifications
  4. kembali ke menu pengaturan wa. Cari opsi “ Other Permissions” dan klik “ Start in Background” dan selesai.

WhatsApp hp masih terhubung dengan versi web

Salah satu penyebab kenapa notifikasi wa tidak muncul di hp Android bisa karena kita masih terhubung dengan wa versi web. Ketika wa mobile dan versi web berjalan bersama, maka Notifikasinya akan dialihkan kepada WhattApps versi web.

Nah untuk mengembalikan fungsi Notifikasi seperti semula, kita perlu menonaktifkan wa versi web. Untuk caranya ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Buka aplikasi wa via hp
  2. Cari simbol 3 baris dipojok kanan atas
  3. Klik Opsi “WhattApps Web”
  4. Klik opsi “ Log out from all devices”

OK Sobat, itu tadi bahasan kami tentang mengapa notifikasi WA tidak muncul sekaligus cara mengatasinya. Bila sobat mengalami masalah ini silakan cek beberapa kendala yang telah diuraikan di atas. Semoga langkah perbaikan masalah WA sobat berhasil. Salam sukses selalu (magearning.id).

Loading...

Tinggalkan Balasan